Li Cheng (pelukis)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Li Cheng
Sebuah Kuil yang berkilau (晴峦萧寺). Tinta dan warna lembut di atas sutra. 111.76 × 55.88 cm. Museum Seni Nelson-Atkins
Lahir919
Meninggal967
KebangsaanTiongkok
Dikenal atasPelukis lanskap

Li Cheng (Hanzi: 李成; Pinyin: Lǐ Chéng; Wade–Giles: Li Ch'eng; 919–967), Nama kehormatan Xiánxī (咸熙), adalah pelukis lanskap yang berasal dari Qingzhou (sekarang masuk wilayah Weifang, Shandong) di masa Lima Dinasti dan Sepuluh Kerajaan dan awal Dinasti Song. Silsilah keluarga leluhurnya bermarga Li (李) sama dengan keluarga kekaisaran Dinasti Tang, yang jatuh dari kekuasaan pada 907 seiring dengan runtuhnya Kekaisaran Tang.

Hutan yang subur di antara Puncak Gunung, Museum Provinsi Liaoning.

Awalnya Li Cheng belajar gaya melukis dari Jing Hao dan Guan Tong, tetapi kemudian beralih mengembangkan gayanya sendiri dan fokus pada lukisan pemandangan alam.[1] Dia juga pandai puisi dan artikel, namun dia tidak terlalu berkonsentrasi ke sana. Dia tidak tertarik bekerja kepada pemerintah. Banyak bangsawan menginginkan Li Cheng bekerja untuk mereka, tetapi Li Cheng tidak pernah menerimanya. Suatu ketika ada orang bernama Sun, ia selalu ingin mendapatkan lukisan dari Li Cheng. Dia mencoba menawarkan pekerjaan kepada Li Cheng sebagai ganti lukisannya, tetapi Li Cheng menolak untuk melakukannya. Sun kemudian membayar orang yang mengenal Li Cheng untuk mencuri lukisannya. Setelah beberapa saat, Li Cheng melihat karyanya tergantung di dinding Sun, dia sangat marah dan tidak pernah menghubungi orang yang mencuri lukisannya.[2] Selama tahun-tahun terakhirnya, ia berkeliling dan akhirnya meninggal di county Huaiyang.

Li Cheng, Fan Kuan dan Guan Tong, mereka dikenal sebagai "tiga seniman besar yang saling bersaing". Dia banyak melukis pemandangan alam menggunakan tinta encer, yang dikenal sebagai "memperlakukan tinta seperti emas", karya lukisannya memberikan kesan sedang berada dalam mimpi berkabut. Pada saat itu, ia dianggap sebagai pelukis lanskap terbaik sepanjang masa. Dia diketahui telah melakukan dialog artistik dengan Wu Daoxuan melalui lukisan masing-masing. Li Cheng terutama melukis lanskap yang ada di daerah Shandong sebagai objek lukisannya. Seniman dari generasi selanjutnya, seperti Guo Xi, menggunakan gaya melukis Li Cheng sebagai model dalam pengajaran mereka.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Chinese painting - Five Dynasties (907-960) and Ten Kingdoms (902-978)". Encyclopedia Britannica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-05-25. 
  2. ^ Sturgeon, Donald. "宣和画谱 - Chinese Text Project". ctext.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-05-25. 
  • Sullivan, Michael. The Arts of China. Berkeley: University of California Press, 2008
  • Chinese painting - Five Dynasties (907-960) and Ten Kingdoms (902-978)
  • 宣和画谱 - Chinese Text Project

Pranala luar[sunting | sunting sumber]