Leung Siu-lung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Leung Siu-lung
Leung Siu-lung pada 2007
Nama Tionghoa梁小龍 (Tradisional)
Nama Tionghoa梁小龙 (Sederhana)
PinyinLiáng Xiǎolóng (Mandarin)
JyutpingLoeng4 Siu2lung4 (Kanton)
Nama LahirLeung Choi-sang 梁財生
LeluhurGuangdong, China
Lahir28 April 1948 (68)
Hong Kong
Nama LainBruce Leung

Leung Siu-lung, kelahiran pada 1948 di Hong Kong, adalah seorang aktor yang muncul dalam beberapa film seni bela diri Hong Kong. Ia sering tampil dengan sebutan "Bruce Leung", "Bruce Liang", "Bruce Leong", atau "Bruce Leung Siu-lung", dan umumnya dikelompokkan sebagai pemeran pengganti Bruce Lee setelah kematian Lee dalam subgenre yang dikenal sebagai Bruceploitasi. Leung belajar seni bela diri dari ayahnya di opera Kanton. Juru utamanya adalah Karate Goju ryu, ia juga merupakan praktisioner Wing Chun.

Sepanjang 1970an dan 1980an, ia muncul dalam sejumlah besar film seni bela diri. Sebagian besar penonton Barat familiar dengan The Tattoo Connection karya Jim Kelly (dimana ia tak hanya bermain peran, tetapi juga mengkoreografikan aksi-aksinya) dan Magnificent Bodyguards karya Jackie Chan, yang merupakan film Hong Kong pertama yang dibuat dalam format 3D. Ia juga dikenal karena memerankan Bruce Lee dalam film klasik Bruceploitasi terkenal, The Dragon Lives Again.

Selain itu, Leung tampil dalam kendaraan bintangnya sendiri, yang meliputi My Kung-Fu 12 Kicks, Kung Fu: The Invisible Fist, dan Black Belt Karate.

Leung pensiun dari akting setelah Ghost Hospital pada 1988. Namun, pada 2004, ia kembali ke layar lebar dengan berperan sebagai The Beast dalam film Kung Fu Hustle karya Stephen Chow (yang, secara tak sengaja, menjadi peran jahat pertamanya). Pada 2007, ia muncul sebagai diri sendiri dalam dokumenter Italia Dragonland yang disutradarai oleh Lorenzo De Luca. Sebuah wawancara dibuat pada malam hari dengan latar belakang film Shamo.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Sumber:[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]