Lepisma saccharina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lepisma saccharina
Rentang fosil: 400–0 jtyl
Karbon Akhir sampai sekarang
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Subfilum:
Kelas:
Subkelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
L. saccharina
Nama binomial
Lepisma saccharina

Gegat (Lepisma saccharina) adalah serangga kecil tanpa sayap dari ordo Zygentoma. Gegat juga disebut kutu buku karena kebiasaannya memakan kertas. Nama ilmiahnya (L. saccharina) merujuk pada perilakunya yang mencari asupan karbohidrat dari gula dan amilum.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Gegat merupakan serangga nokturnal yang memiliki panjang 13–25 mm (0,5–1,0 in).[1] Gegat memiliki tubuh yang meruncing ke belakang seperti ikan.[2] Di belakang tubuhnya, terdapat sepasang cerci dan ujung filamen di antara kedua cerci. Gegat yang baru menetas berwarna putih, dan semakin bertambah umur warnanya akan semakin gelap metalik. Gegat mempunyai dua mata majemuk.[2][3]

Gegat berpindah dengan gerakan bergoyang menyerupai ikan dengan gesit,[2][4] namun hanya pada permukaan horisontal. Gegat dapat hidup antara dua hingga delapan tahun. Mereka hidup di tempat-tempat gelap untuk menghindari cahaya.

Habitat[sunting | sunting sumber]

Gegat hidup di daerah perkotaan. Mereka bisa hidup di hampir semua benua (kecuali Antartika). Gegat menyukai tempat-tempat dengan kelembapan tinggi (75-90%), terutama di loteng, kamar mandi, dapur, dan rak buku.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Day, Eric (August 1996). "Silverfish factsheet, Department of Entomology". Virginia Cooperative Extension. Virginia Polytechnic Institute and State University, Virginia State University. Diakses tanggal 2018-5-15. 
  2. ^ a b c "Thysanura - silverfish". CSIRO Entomology. Australia. Diakses tanggal 2018-5-15. 
  3. ^ "Thysanura Families". CSIRO Entomology. Australia. Diakses tanggal 2018-5-15. 
  4. ^ "Thysanura Families". CSIRO Entomology. Australia. Diakses tanggal 2009-11-20.