Leonor Teles de Meneses

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Leonor Teles de Meneses
Leonore Teles de Menezes.jpg
Leonor, Ratu Portugal
Permaisuri Portugal
Periode5 Mei 1372 – 22 Oktober 1383
Lahir1350
Tras-os-Montes, Portugal
Wafat27 April 1386 (berusia 35–36)
Tordesillas, Spanyol
Pemakaman
Biara Kerajaan Santa Clara, Tordesillas, Spanyol
WangsaMeneses
AyahMartim Afonso Telo de Meneses
IbuAldonça Anes de Vasconcelos
PasanganFernando I dari Portugal
AnakBeatriz dari Portugal
AgamaKatolik Roma

Leonor Teles de Meneses (1350 – 27 April 1386) merupakan seorang permaisuri Portugal, dan wali dari tahun 1383–1385. Ia adalah istri seorang bangsawan Portugis yang terpaksa diceraikannya oleh Raja Fernando I, yang setelah itu menikahinya. Ia dipanggil berbahaya (Portuguese: a Aleivosa) oleh orang Portugis, yang tidak suka pada perzinahannya dan pengkhianatannya pada kampung halamannya.[1]

Awal Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Seorang wanita cantik berambut merah, Dona Leonor Telles (atau Teles) merupakan putri Martim Afonso Telo de Meneses, seorang bangsawan di Trás-os-Montes. Ia adalah keturunan dari Teresa Sanches, putri tidak sah Raja Sancho I dari Portugal dan gundiknya Maria Pais Ribeira. Ia menikah pada usia muda dengan Dom João Lourenço da Cunha, Maharaja Kedua Pombeiro, dengan siapa ia memiliki seorang putra, Dom Álvaro da Cunha, Maharaja Ketiga Pombeiro yang lahir mati.

Saudari Leonor, Dona Maria Telles de Meneses, merupakan dayang Infanta Beatriz, putri Pedro I dari Portugal dan Inês de Castro. Ketika mengunjungi saudarinya di istana, Leonor memiliki hak istimewa menghadiri pernikahan Beatriz dengan Sancho, Pangeran Alburquerque. Disana, Leonor bertemu kakanda tiri Beatriz, Infante Fernando, pewaris tahta Portugal, yang jatuh cinta dengannya dan ingin memilikinya, meskipun ia berjanji untuk menikahi Leonor, putri Enrique II dari Kastilia. Leonor tidak berbuat apa-apa untuk menahan kemajuan Fernando, dan mengecam adiknya Maria karena berupaya untuk mencegah perselingkuhan mendalam.

Ratu Portugal[sunting | sunting sumber]

Infante Fernando berhasil membatalkan pernikahan pertama Leonor dengan João Lourenço da Cunha dengan alasan pertalian darah dan pada tanggal 5 Mei 1372 mereka menikah secara diam-diam.

Setelah kematian Fernando (1383), Leonor ditunjuk sebagai wali untuk putrinya Beatriz. Dari tahun 1383 selanjutnya, Leonor memerintah dengan kekasihnya, João Fernandes Andeiro, Pangeran Ourém Kedua, yang juga disebut Conde Andeiro, yang menimbulkan amarah kaum bangsawan dan kelas bawah. Pernikahan Beatriz dengan Raja Kastilia Juan I menyebabkan pengusiran ibu dan anak tersebut.

Hilangnya kemerdekaan telah terpikirkan bagi mayoritas bangsawan Portugis. Suatu pemberontakan yang dipimpin oleh Guru Ordo Avis, calon João I dari Portugal, mulai pada tahun itu, yang menimbulkan terjadinya Krisis 1383–1385.

Ia meninggal dipengasingan di dalam sebuah biara di Tordesillas.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Catatan dan Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Stephens, 101.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Stephens, Henry Morse. "The Reign of Ferdinand". Portugal. Putnam, 1903.
Didahului oleh:
Beatriz dari Kastilia
Permaisuri Portugal
5 Mei 1372 – 22 Oktober 1383
Diteruskan oleh:
Philippa dari Lancaster