Lenin adalah sebuah jamur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Lenin adalah sebuah jamur (bahasa Rusia: Ленин — гриб) adalah sebuah kebohongan berpengaruh yang banyak disiarkan oleh musisi Soviet Sergey Kuryokhin dan wartawan Sergey Sholokhov. Kebohongan tersebut pertama kali disiarkan pada 17 Mei 1991 di Leningrad Television.[1][2]

Kebohongan tersebut mengambil bentuk wawancara pada program televisi Pyatoe Koleso (Roda Kelima). Dalam wawancara tersebut, Kuryokhin, yang menyaru sebagai sejarawan, menarasikan temuan-temuannya bahwa Vladimir Lenin menyantap jamur sihir dalam jumlah besar dan kemudian membuat dirinya sendiri menjadi sebuah jamur. Kuryokhin memajukan pernyataannya melalui serangkaian panjang kesesatan logika dan menunjuk otoritas berbagai "sumber" (seperti Carlos Castaneda, Massachusetts Institute of Technology, dan Konstantin Tsiolkovsky).

Masa penyebaran kebohongan tersebut berhasil memainkan peran besar, terjadi saat kebohongan tersebut dibuat pada masa Glasnost saat pemberlakuan penyensoran di Uni Soviet berujung pada banyak ilham soal sejarah negara tersebut, seringkali dihadirkan dalam bentuk sensasional.[3] Selain itu, siaran televisi Soviet pada masa itu dianggap oleh para pemirsa bersifat konservatif. Akibatnya, sejumlah besar warga Soviet (satu perkiraan[4] menyebut angka 11,250,000 pemirsa) meyakini "wawancara" tersebut, meskipun berisi klaim-klaim yang rancu.

Sholokhov berkata bahwa hasil terkenal dari acara tersebut mungkin adalah gugatan dari sekelompok anggota partai Komite Regional Leningrad Partai Komunis Uni Soviet untuk mengecam klaim Kuryokhin. Menurut Sholokhov, salah satu fungsioner regional papan atas menyatakan bahwa "Lenin tak dapat menjadi sebuah jamur" karena "seekor mamalia tak dapat menjadi sebuah tumbuhan."[3][5] Taksonomi modern mengklarifikasi jamur sebagai fungi, sebuah kerajaan terpisah dari tumbuhan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Yurchak, Alexei (Summer 2011). "A Parasite from Outer Space: How Sergei Kurekhin Proved That Lenin Was a Mushroom". Slavic Review. 70 (2): 307. doi:10.5612/slavicreview.70.2.0307. ISSN 0037-6779. JSTOR 10.5612/slavicreview.70.2.0307. 
  2. ^ "Десакрализация образа власти". МСК. Diakses tanggal 2018-06-20. 
  3. ^ a b Grundhauser, Eric (5 December 2017). "How Vladimir Lenin Became a Mushroom". Atlas Obscura. 
  4. ^ Иоффе Д. (2004-03-12). "Диалоги с Сергеем Жариковым на исходе лета". Topos. Diakses tanggal 2018-09-19. 
  5. ^ Mishenin, Dmitry (December 2008). "Тихий Шолохов" [Quiet flows the Sholokhov] (Interview of S. Sholokhov with Krestyanka magazine) (dalam bahasa Rusia). Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 December 2008. 

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]