Lembah Po

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pemandangan Lembah Po.

Lembah Po, atau dalam Bahasa Italia Pianura Padana adalah kondisi geografis terbesar di Italia berupa daerah di sekitar Sungai Po dan perbukitan di sekelilingnya.[1] Kondisi ini membentang 650 km dari timur ke barat dan memiliki luas 46,000 kilometer persegi, termasuk perpanjangan Venetis, yang sebenarnya bukan lagi bagian dari Sungai Po. Dataran Veneto dan Friuli biasanya tidak dihitung, karena aliran airnya tidak menuju sungai PO, namun tetap menjadi daratan yang tak terpisahkan.

Ketinggian di Lembah Po bervariasi, mulai dari empat meter di bawah laut di subregion Polesine, hingga 2100 meter di atas permukaan laut di selatan Piedmontese dari Cuneo, yang dikenal sebagai Provincia granda.

Iklim dan vegetasi[sunting | sunting sumber]

Lembah Po memiliki iklim sub tropikal basah, atau temperatur benua (dingin-basah dengan kabut pada musim dingin dan hangat-lembap pada musim panas) dalam klasifikasi iklim lainnya. Dikelilingi oleh Pegunungan Alpen dan Apenina, pengaruh Laut Adriatik menyebabkan kelembaban tinggi sepanjang tahun. Semakin ke selatan dan timur, iklimnya makin hangat dan basah.

Musim dingin di sini sejuk dan agak basah, dengan bulan Januari memiliki temperatur antara 1-4 derajat Celcius. Kabut dan embun sering terjadi, walaupun panas dari pembangunan kota menyebabkan musim dingin semakin tidak berkabut dan dingin seperti dulu. Salju kadang terjadi dan keringnya musim dingin membuat kelembaban tanah tidak cukup. Musim panas panas dan lembap, dengan temperatur Juli berkisar 22-25 derajat Celcius. Badai sering terjadi menghasilkan hujan yang besar, menyebabkan kerusakan pada tanaman. Musim semi dan gugur menyenangkan.

Tumbuhan alami di dataran sekitar Po adalah campuran tanaman berdaun lebar seperti Quercus robur, Populus ssp., Carpinus betulus, Alnus ssp., Sambucus nigra, Ulmus ssp., Salix ssp., Acer ssp., Fraxinus ssp. dan tanaman Eropa tengah lainnya.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Lembah PO adalah salah satu pusat industri dan agrikultur terpenting di Eropa. Listrik tenaga air didapatkan dengan aliran Sungai Po. Sungai ini dimanfaatkan secara ekstensif untuk mengairi wilayah pertanian di sini.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Po Valley. Ensiklopedia Brittanica
  2. ^ "Po". Infoplease. Sandbox Networks, Inc., publishing as Infoplease. Diakses tanggal 3 December 2015.