Lembaga Pendidikan Komputer Indonesia-Amerika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Politeknik Komputer Niaga (Poltek) LPKIA dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Ilmu Komputer (STMIK) LPKIA merupakan perkembangan dari Lembaga Pendidikan Komputer Indonesia Amerika Bandung yang berdiri sejak tahun 1984. Didirikan pada awalnya oleh Jusuf Randy (dikenal juga dengan nama Robert T.S. Nio), dan kemudian beliau tinggal di Belanda dan juga menjadi warganegara Belanda. Beliau akrab dipanggil dengan nama Mang Ucup. LPKIA kemudian dilanjutkan oleh Paulus Tamzil hingga sekarang ini. LPKIA pada Akhir Desember 2021 telah beralih bentuk yang sebelumnya STMIK dan Politeknik kini LPKIA menjadi INSTITUT DIGITAL EKONOMI LPKIA .

LPKIA menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang komputer bisnis dan sistem informasi. Materi pendidikan didasari oleh perkembangan teknologi komputer dan kualifikasi kebutuhan tenaga kerja di perusahaan-perusahaan.

Sejak awal berdiri ukuran sukses LPKIA adalah pada besarnya jumlah lulusan yang bekerja. Salah satu usaha untuk mencapai hal tersebut adalah Bursa Tenaga Kerja (BTK) LPKIA. Pada tahun 1997, 2002, 2006 dan tahun 2022 LPKIA memperoleh penghargaan sebagai "Penyelenggara Bursa Tenaga Kerja terbaik bagi alumni" dari Disnakertrans Jawa Barat.

Dalam menciptakan lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja, kualitas Proses Belajar Mengajar menjadi perhatian utama LPKIA. Hal ini tertuang dalam:

   * Kurikulum yang up-to-date sesuai kebutuhan dunia kerja,
   * Dosen praktisi yang berkualitas,
   * Metode pengajaran yang berprinsip learning by doing,
   * Suasana belajar yang disiplin, menyenangkan, efektif dan efisien,
   * Prasarana dan sarana belajar yang lengkap serta mutahir.

LPKIA melaksanakan sistem pendidikan Single Entry Multy Exit (SIMEX) yang memberikan kebebasan memilih kepada mahasiswa agar pada akhir semester 6 (tingkat tiga) dapat langsung menyelesaikan pendidikan pada jenjang D3 atau melanjutkan ke jenjang S1, sesuai dengan minat dan kondisi mahasiswa pada saat itu.

Institut Digital Ekonomi LPKIA menawarkan berbagai program pendidikan yang dapat membantu mahasiswa mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan di dunia kerja yang semakin kompetitif. Adapun program pendidikan yang dapat dipilih adalah:

Fakultas Teknologi Informasi dan Digital[sunting | sunting sumber]

yang terdiri dari 3 Program studi antara lain:

  • S1 - Sistem Informasi
  • S1 - Teknik Informatika
  • D3 - Manajemen Informatika
    • Konsentrasi Sistem Informasi
    • Konsentrasi Multimedia dan Desain Grafis
    • Konsentrasi Teknik Informatika

Fakultas Ekonomi Digital dan Bisnis[sunting | sunting sumber]

yang terdiri dari 5 Program studi antara lain: