Lembaga Pendidikan Darussalam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Lembaga Pendidikan Darussalam adalah sebuah Lembaga Pendidikan Islam yang terletak di Komplek SAS Pasar Ilir Kecamatan Muaradua, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Cikal Bakal Lembaga Pendidikan Darussalam[sunting | sunting sumber]

Cikal bakal Lembaga Pendidikan ini dirintis oleh beberapa ulama terdahulu di antaranya oleh almarhum Bapak M. Basith yang kegiatan belajar mengajarnya bermula di Musholla Taqwa Muaradua sejak pengujung tahun '70-an. Proses belajar mengajar pada waktu itu masih sangat sederhana, di mana santri dan murid duduk bersila di lantai musala, walaupun belum dilakukan di dalam gedung yang permanen.

keberadaannya sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat pada waktu itu. Sejak tahun 1985, aktivitas belajar mengajar yang telah dirintis itu berhenti, hal itu dikarenakan sang pengasuh Bapak M. Basith pada tahun itu meninggal dunia.

Barulah setelah ada tenaga muda (Saripaman), kegiatan belajar mengajar mulai dihidupkan kembali, walaupun kegiatan yang masih dalam bentuk tradisional ini pernah vakum, tetapi setelah ditemukannya metode Iqro’ oleh K.H. As’ad Human, kondisi pendidikan agama di luar sekolah manjadi marak. Maka sejak akhir 1989, setelah gedung Serbaguna dibangun, mulailah dirintis pendidikan TK Alquran dan Madrasah Diniyyah Awwaliyah.

Perkembangan Lembaga Pendidikan Darussalam[sunting | sunting sumber]

Lembaga Pendidikan Darusalam Diarsipkan 2017-10-17 di Wayback Machine. pada awal berdirinya 6 Syawal 1411 H/1 Mei 1990 M. Tenaga pendidik pada waktu itu berasal dari beberapa alumni Ponpes Gontor Ponorogo, di antaranya: Ustaz Maulana Basith, Ustaz Anwar, Ustaz Najmul Akhyar dibantu Ustaz Asril Naris dari Solok Sumatera Barat juga ustaz-ustazah dari Muaradua sendiri yaitu Ustazah Fitria Emita dan Ustazah Anis Sumarni, serta tenaga pendidik lainnya. Tokoh SAS Muaradua yang mengoordinir Lembaga Pendidikan Darussalam pada masa itu adalah Amril Bustami Diarsipkan 2017-10-17 di Wayback Machine..

Pada waktu berdiri Lembaga Pendidikan Darussalam hanya miliki dua jenjang pendidikan agama, yaitu TKA (Taman Kanak-kanak Alquran) dan MDA (Madrasah Diniyyah Awwaliyah), karena tuntutan perkembangan, Lembaga Pendidikan Darussalam merintis pula pendirian TK Islam (Raudhatul Athfal) yang mulai dibuka pada 17 Juni 1993.

Kemudian setelah Lembaga Pendidikan Darussalam berjalan selama kurang lebih empat tahun tepatnya pada tahun 1994 Lembaga Pendidikan Darusalam telah membuka Madrasah Diniyyah Al-Wustha yang merupakan jenjang pendidikan paska-MDA dengan masa pendidikan dua tahun.

Kemudian pada 16 Februari 2005 dibuka PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) guna mendidik anak-anak usia 2-4 tahun sebelum memasuki pendidikan di TK (RA).

Unit Lembaga Pendidikan Darussalam[sunting | sunting sumber]

  1. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini )
  2. RA (TK) Darussalam
  3. TPQ Darussalam
  4. TQA Darussalam