Lemak tak jenuh ganda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Lemak tak jenuh ganda adalah lemak di mana rantai hidrokarbon penyusun memiliki dua atau lebih ikatan ganda karbon-karbon.[1][2] Lemak tak jenuh ganda kebanyakan ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, minyak biji, dan tiram. "Tidak jenuh" mengacu pada fakta bahwa molekul mengandung kurang dari jumlah maksimum hidrogen (jika tidak ada ikatan rangkap). Bahan-bahan ini ada sebagai isomer cis atau trans tergantung pada geometri ikatan rangkap.

Lemak jenuh memiliki rantai hidrokarbon yang paling mudah disejajarkan. Rantai hidrokarbon dalam lemak trans lebih mudah disejajarkan dibandingkan dengan lemak cis, tetapi kurang baik dibandingkan dengan lemak jenuh. Secara umum, ini berarti bahwa titik leleh lemak meningkat dari cis menjadi trans tak jenuh dan kemudian menjadi jenuh. Lihat bagian tentang struktur kimia lemak untuk informasi lebih lanjut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Essential Fatty Acids". Micronutrient Information Center, Oregon State University, Corvallis, OR. May 2014. Diakses tanggal 24 May 2017. 
  2. ^ "Omega-3 fatty acids, fish oil, alpha-linolenic acid". Mayo Clinic. 2017. Diakses tanggal 24 May 2017.