Legoland

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Pintu masuk Legoland Deutschland

Legoland (merek dagang dalam huruf besar sebagai LEGOLAND) adalah serangkaian taman hiburan bertema keluarga yang berpusat pada sistem mainan pembinaan Lego. Ini tidak sepenuhnya dimiliki The Lego Group sendiri, melainkan ini dimiliki dan dijalankan oleh perusahaan taman tema Britania Merlin Entertainments.

Legoland Billund Resort dibuka di Billund, Denmark pada tahun 1968, diikuti oleh Legoland Windsor Resort di Windsor, Inggris pada tahun 1996. Taman ini selanjutnya dibuka di Jerman, Jepang, Malaysia, Uni Emirat Arab (Dubai), dan Amerika Serikat (California, dan Florida). Taman-taman di New York, Korea Selatan, Shanghai, Sichuan, dan Taman Air Legoland di Gardaland saat ini sedang dibangun.

Daya tarik[sunting | sunting sumber]

Taman-taman tersebut dipasarkan untuk para keluarga dengan anak kecil (11 tahun ke bawah), dan walaupun daya tariknya mencakup sejumlah kereta luncur, kereta luncur tidak sebanyak dan seekstrem yang ada di taman lain, dan perhatian yang lebih besar pada wahana yang sesuai untuk anak kecil. Taman-taman Legoland dibagi menjadi kawasan, yang taat asas di antara taman-taman rantai. Misalnya, keenam taman termasuk Lego miniland, desa model yang mencakup model-model mercu tanda dan pemandangan dari seluruh dunia yang terbuat dari jutaan batu bata Lego asli.

Unsur pendidikan[sunting | sunting sumber]

Unsur pendidikan Legoland termasuk "hydraulophone", organ pipa yang dioperasikan dengan air

Aspek penting Legoland adalah pendidikan dan pembelajaran.

Taman[sunting | sunting sumber]

Eropa

Tapak Letak Dibuka Perincian
Legoland Billund Resort Billund, Denmark 1968[1] Legoland tertua dan dibangun di dekat pabrik Lego asli. Ini dibagi menjadi sepuluh dunia yang berbeda: Duplo Land, Imagination Zone, LEGOREDO Town, Adventure Land, Miniland, Pirate Land, Lego City, Knights Kingdom, Viking Land, Ninjago World, Lego Movie World, dan Polar Land. Taman ini mempunyai 1,6 juta pengunjung setiap tahun, menjadikannya objek wisata terbesar di Denmark di luar Kopenhagen.
Legoland Deutschland Resort Günzburg, Jerman 2002 Legoland kedua yang dibuka dan terkecil di luar Asia. Ada delapan kawasan di taman: Imagination Center, Miniland, LEGO X-treme, LEGO City, Knights Kingdom, Adventure Land, Ninjago World, dan Land of the Pirates.
Legoland Water Park Gardaland Castelnuovo del Garda, Italia 2020 di Gardaland Resort.[2][3][4]
Legoland Windsor Resort Windsor, Berkshire, Britania Raya 1996 Dibangun di tapak Taman Safari Windsor sebelumnya. Ada tiga belas kawasan di taman ini: The Beginning, Imagination Centre, Miniland, Duplo Land, Heartlake City, LEGO City, Land of the Vikings, Kingdom of the Pharaohs, Ninjao World, Pirates Shores, Knights Kingdom, Star Wars, dan Adventure Land. Ini merupakan taman Legoland terbesar di dunia dalam hal luas. Luas kawasan ini kira-kira lima kali lebih besar dari Legoland Billund.

Amerika Utara

Tapak Letak Dibuka Perincian
Legoland California Resort Carlsbad, California 20 Maret 1999 Taman ini dibagi menjadi sembilan bagian, yaitu: The Beginning, Explorer Island, Heartlake City, Fun Town, Castle Hill, Miniland USA, Imagination Zone, Pirate Shores, Ninjago World, dan Land of Adventure. Akuarium kehidupan laut berdekatan dengan Legoland California. Pada tahun 2010, sebuah taman air dibuka di lahannya, sebagai salah satu dari tiga taman Legoland (Diikuti Legoland Florida [Sebelumnya dikenali sebagai Splash Island], Malaysia, dan Dubai menjadi yang terbaru) yang menampilkan taman air. Pada 24 Mei 2014, pengaya dibangun untuk taman air, bertema Legenda Chima.
Legoland Florida Resort Winter Haven, Florida 15 Oktober 2011 Taman Legoland di Amerika Serikat, dan taman Legoland kedua terbesar di seluruh dunia setelah Legoland Windsor yang 5 kali lebih besar dari yang ada di Billund.[5] Taman ini dibangun di bekas tapak Cypress Gardens, taman bertema Florida yang terkenal dari segi sejarah. Taman ini dibagi menjadi 13 kawasan: The Beginning, Fun Town, Duplo Land, Miniland USA, Kingdoms, Pirates Cove, Imagination Zone, Technic, Land of Adventure, Lego City, Lego Movie World, LEGO Friends, Ninjago, dan replika yang telah dipugar dari Cypress Gardens. Legoland Florida membuka taman air menggantikan bekas taman air "Splash Island" Cypress Gardens pada 26 Mei 2012.

Asia

Tapak Letak Dibuka Perincian
Legoland Japan Resort Nagoya, Jepang 1 April 2017[6] Pada 30 Juni 2014, kota Merlin dan Nagoya secara resmi mengumumkan bahwa keduanya telah menandatangani kontrak untuk membangun Legoland Japan, yang akan dibuka di Pelabuhan Nagoya, Japan, pada Februari 2017.[7] Pembinaan secara resmi dimulai pada 15 April 2015.[8] Pembinaan taman tersebjt diperkirakan menelan biaya sekitar US$15 juta untuk tahap pertama.[9] Taman ini secara resmi dibuka pada 1 April 2017. Menurut kontrak tahap kedua, tahap kedua Legoland akan selesai pada tahun 2021.
Legoland Malaysia Resort Iskandar Puteri, Johor, Malaysia 15 September 2012 Ini merupakan Legoland pertama di Asia. Pada mulanya, kawasan bertema tontonan untuk segala umur yaitu; Miniland, The Beginning, Land of Adventure, Imagination, LEGO Kingdom, LEGO Technic, dan LEGO City. Inti dari taman ini adalah Miniland, tempat hampir semua mercu tanda Asia dibina menggunakan batu bata LEGO. LEGOLAND® Taman Air Lego dibangun pada 11 Maret 2016.
Legoland Dubai Resort Dubai, United Arab Emirates 31 Oktober 2016[10] Ini awalnya dijadwalkan untuk dibuka pada tahun 2011 di Dubailand sebagai "Legoland Dubailand",[11] tetapi kemudian ditunda hingga Oktober 2016 dan sekarang terletak di Taman dan Resor Dubai dan Taman Air sebagai "Legoland Dubai".[12] Ini mempunyai 6 kawasan: Pabrik, Kota Lego, Imajinasi, Kerajaan, Pertualangan, dan Miniland dalam ruangan pertama. Taman ini berisi lebih dari 15000 model LEGO dengan menggunakan 15 juta batu bata Lego.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Billund travel guide". World 66. Diarsipkan dari versi asli tanggal Mei 13, 2016. Diakses tanggal Mei 3, 2012. 
  2. ^ "Legoland apre a Gardaland, e cerca 50 appassionati bagnini". Corriere della Sera (dalam bahasa Italia). Brescia. 22 Januari 2020. Diakses tanggal 24 Januari 2020. 
  3. ^ "Attrazioni e aree tematizzate di LEGOLAND® Water Park Gardaland che aprirà a fine maggio 2020" (dalam bahasa Italia). 21 Januari 2020. Diakses tanggal 24 Januari 2020. 
  4. ^ "LEGOLAND® Water Park to open at Gardalans resort, Italy in 2020". 11 Juli 2019. Diakses tanggal 24 Januari 2020. 
  5. ^ "World's Largest Legoland Park 'Legoland Florida' Will Open Saturday, October 15, 2011". Net news. Mei 23, 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal Oktober 4, 2011. Diakses tanggal Agustus 4, 2011. 
  6. ^ Yoshimoto, Minako. "Long line marks opening of Legoland Japan in Nagoya". Asahi Shimbun. Diakses tanggal 4 April 2017. 
  7. ^ "Merlin Entertainments to open Legoland Japan", Blooloop, diarsipkan dari versi asli tanggal 1 Juli 2014  .
  8. ^ The Asahi Shimbun. "The Asahi Shimbun Weekly". Getty Images. 
  9. ^ "New Park to Be Built". Legoland Japan. Scream scape. Juli 8, 2014. Diakses tanggal Juli 31, 2014. 
  10. ^ "LEGOLAND® Dubai Unveils Exciting Plans" (PDF). Oktober 15, 2015. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal June 14, 2015. Diakses tanggal June 14, 2015. 
  11. ^ "New Legoland Park to open in Dubai in 2011". Lego.com. Mei 7, 2008. Diarsipkan dari versi asli tanggal Maret 17, 2012. Diakses tanggal Mei 3, 2012. 
  12. ^ McGinley, Shane (April 26, 2010). "Legoland Dubai 'will go ahead' despite delays - developer". Diakses tanggal Mei 3, 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Legoland, Real Estate Investment Firm in Da Nang, Vietnam

Templat:Merlin attractions