Lego: The Adventures of Clutch Powers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lego: The Adventures of Clutch Powers
SutradaraHoward E. Baker
ProduserKristy Scanlan
Joshua Wexler
Ditulis olehTom Rogers
PemeranRyan McPartlin
Yvonne Strahovski
Jeff Bennett
Roger Rose
Paul Michael Glaser
Christopher Emerson
Gregg Berger
Alex Desert
Penata musikEric dan David Wurst
PenyuntingMichael D. Black
Perusahaan
produksi
DistributorUniversal Studios Home Entertainment
Tanggal rilis
  • 23 Februari 2010 (2010-02-23)
Durasi82 menit
NegaraBritania Raya, Amerika Serikat
BahasaInggris

Lego: The Adventures of Clutch Powers (juga dikenal sebagai The Adventures of Clutch Powers) adalah sebuah film komedi-petualangan animasi CGI Britania/Amerika 2010. Film tersebut berdasarkan pada serial mainan dengan nama yang sama, Lego. Film tersebut adalah film pertama dalam serial Clutch Powers.

Film tersebut dibintangi oleh Ryan McPartlin, Yvonne Strahovski, Roger Rose, Jeff Bennett, Paul Michael Glaser, Gregg Berger, Christopher Emerson dan Alex Désert.

Plot[sunting | sunting sumber]

Clutch Powers menggali terowongan bawah tanah untuk mencari kristal, tetapi Crystal King yang menjaganya bangun dan mengejar Clutch ke pangkalan bawah tanah. Clutch kemudian kembali ke markasnya di Lego City dan memberikan kristal itu kepada bosnya Kjeld Playwell yang memberinya beberapa rekan tim baru: Brick Masterson, seorang petugas pemadam kebakaran, Peg Mooring, seorang ahli biologi, dan Bernie von Beam, seorang insinyur. Playwell memberi tahu mereka tentang sebuah insiden di planet penjara Polisi Luar Angkasa.

Clutch dan timnya tiba di planet ini dan menyelidiki situasinya, terlepas dari kurangnya kerja sama mereka dan niat Clutch untuk bekerja sendiri. Setelah melihat seseorang terjebak di salah satu sel tahanan, mereka diserang oleh penyihir tak terlihat, yang kemudian menghilang bersama dua penjahat lainnya. Clutch dan teman-temannya membebaskan Komandan Penjaga, yang menghibur mereka dengan menyatakan bahwa dia melepaskan busi dari semua kapal untuk memastikan bahwa para penjahat tidak akan pernah melarikan diri dari planet ini. Sayangnya, para penjahat mengambil kapal tim dan menghancurkan kapal-kapal lain.

Sekali lagi tim menunjukkan kurangnya kerja sama mereka ketika mereka mencoba untuk membuat kapal, dan Clutch memutuskan untuk membangun kapal untuk tim sendiri setelah menyatakan bahwa tim berdebat satu sama lain saat diperintahkan untuk melakukan tugas mereka adalah satu-satunya alasan mengapa dia selalu bekerja sendirian. Selama panggilan video dalam perjalanan kembali, Clutch mengklaim bertanggung jawab atas kegagalan tim: dia terganggu oleh simbol pada pod penjara Watch Commander yang mengacu pada Omega, salah satu dari dua penjahat yang dipimpin dalam pelarian penjara oleh penyihir jahat. Playwell memberi tahu tim bahwa penyihir jahat adalah Mallock the Malign, terkenal karena meneror planet abad pertengahan bernama Ashlar. Penguasa planet, mendiang Raja Revet, mengorbankan hidupnya sendiri untuk memastikan keamanan kerajaannya dan pemenjaraan Mallock sebelumnya. Dia meninggalkan putranya Pangeran Varen dengan pedang emasnya yang kuat untuk memerintah, meskipun Pangeran Varen tidak mampu mempersiapkan diri dalam pertempuran. Playwell kemudian memerintahkan Clutch dan tim untuk pergi ke sana untuk menangkap Mallock.

Tim berhasil mencapai Ashlar, tetapi kapal mereka secara tidak sengaja menabrak Lego-Henge (spoof dari Stonehenge). Mereka turun dan berlindung di tambang abad pertengahan yang tampaknya ditinggalkan dengan bagian tambahan, tetapi tidak setelah menyaksikan sekelompok kerangka bersenjata berbaris menyusuri hutan, menyadari bahwa Mallock telah mencekik Ashlar di sekitar bentengnya dengan kerangka bersama/tentara goblin bertindak sebagai kekuatannya sendiri. Saat Peg, Brick, dan Bernie membangun kereta perang, Clutch pergi untuk meminta Pangeran Varen meyakinkannya untuk bertarung melawan Mallock. Sementara itu, di benteng, Mallock mengetahui kehadiran tim dan memerintahkan dua kroni kerangkanya Skelly dan Bones untuk mengejar Clutch sehingga mereka dapat menemukan pangeran dan pedang emas untuk menyelesaikan pengambilalihannya atas Ashlar.

Kembali di hutan, Clutch berakhir di sebuah jembatan tetapi troll bernama Hogar menolak untuk membiarkan dia menyeberang sampai Clutch menjawab tiga teka-teki. Meskipun Clutch membuat mereka baik-baik saja, Skelly dan Bones mengejarnya setelah upaya yang gagal untuk menjebaknya, menuntut Hogar untuk menyerahkan Clutch kepada mereka. Hogar mencoba untuk melawan kerangka dengan menghipnotis mereka, tetapi mereka tidak jatuh untuk itu, mendorong Hogar kesal menelan Clutch. Dia memukul kerangka dengan tongkatnya, melarikan diri ke pintu rahasia yang dilukis seperti hutan, meludahkan Clutch di sisi lain dinding dan menunjukkan kepadanya jalan ke kastil Pangeran Varen, bercerita tentang sejarah ayahnya dan pedang emas. Hogar juga memberi tahu Clutch bahwa dia adalah satu-satunya troll di tim kerajaan dan dia ditugaskan untuk melindungi Varen. Kembali di kamp abad pertengahan, Bernie terungkap jatuh cinta dengan Peg, yang pergi untuk mencari binatang yang membuat jejak misterius, tetapi malah bertemu dan berteman dengan seekor naga. Kembali di kastil, Clutch menemukan Pangeran Varen. Namun, Varen gagal dan marah pada Clutch. Clutch mengatakan kepadanya bahwa dia mencoba membantunya mengalahkan pasukan penyihir, tetapi Varen menolaknya, mengakui bahwa dia bukan tandingan Mallock. Muak, Clutch kembali ke kamp dan melihat bahwa kurcaci akan membantu mereka.

Akhirnya, Pangeran Varen, Hogar, dan ksatria mereka memutuskan untuk membantu Clutch dan timnya dalam pertempuran melawan Mallock. Varen dan Clutch menyelinap ke kastil Mallock dengan menyamarkan Peg sebagai Varen. Sayangnya, Mallock menjebak mereka dalam sangkar tulang di atas danau lava sementara pasukan kerangka memaksa para ksatria untuk mundur. Brick, Peg, Hogar, dan Bernie menabrakkan kereta mereka ke parit. Tanpa pilihan, Hogar membawa peti pedang emas ke Mallock, hanya untuk menemukan bahwa peti itu kosong. Varen dan Clutch mengirim pesan ke tim. Bernie mendapatkan harapan dan mereka membangun kembali kereta mereka yang rusak. Mereka bersatu kembali dengan para ksatria dan menyerang tentara kerangka. Kembali di kastil, Peg memanggil naga yang sama yang dia temui dan menyuruhnya untuk menghancurkan kandang, membebaskan Clutch dan Varen, yang kemudian mengambil pedang emas yang dijatuhkan Varen sebelumnya. Setelah banyak diyakinkan dari Clutch, Varen akhirnya memutuskan untuk menghadapi ketakutannya terhadap Mallock untuk memastikan keamanan kerajaannya. Sekitar waktu yang sama, Mallock mencoba untuk mengelabui Clutch agar memberikan pedang kepadanya dengan berjanji untuk membawanya ke ayahnya, tetapi Clutch menolak, mengatakan bahwa "Aku sudah menemukannya!".

Saat Clutch melihat Varen menggunakan pedang emas untuk melawan Mallock, Brick menggunakan jet pack untuk mendarat di benteng Mallock, di mana dia melawan Skelly dan Bones. Bernie membantu Brick dengan melemparkan gigi ke kerangka. Kembali ke dalam benteng, Mallock mengejek Varen karena mempertahankan gelarnya sebagai Pangeran Ashlar saat dia menggunakan tongkatnya untuk menyerang Varen. Namun, Varen mengambil kekuatan yang cukup dari staf Mallock ke pedangnya, memungkinkan pedang untuk melepaskan kekuatan penuhnya, sangat mengejutkan Mallock. Mengambil kesempatan itu, Varen menggunakan pedang untuk menjebak Mallock dengan rantai bercahaya, menyatakan Mallock ditahan dan dirinya sendiri sebagai Raja Ashlar yang baru. Setelah kekalahan Mallock, Hogar dibebaskan dari pengekangannya dan pasukan kerangka larut menjadi asap, meninggalkan tim Clutch dan para ksatria untuk merayakan kemenangan mereka. Varen kemudian secara resmi dinyatakan sebagai Raja baru, dan ketika Clutch dan timnya membawa Mallock kembali ke Lego City, Varen berterima kasih padanya karena setia dan menjadi bagian dari tim. Tim kemudian kembali ke Kota Lego, memungkinkan pihak berwenang mengirim Mallock yang dipenjara kembali ke planet penjara. Mengucapkan selamat kepada tim atas upaya mereka, Playwell memberi tahu mereka bahwa Omega masih berkeliaran. Didorong dengan keyakinan baru dalam kerja tim, tim menuju petualangan baru untuk menangkap penjahat.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Kinerja komersial[sunting | sunting sumber]

Film ini meraup $2.699.988 di seluruh dunia.

Pada akhir pekan pembukaannya, film ini meraup $38.668 di 63 bioskop, dengan rata-rata $613 per bioskop.[1]

Penerimaan kritis[sunting | sunting sumber]

Common Sense Media memberikannya 3 dari 5 bintang, dengan mengatakan itu adalah "petualangan yang cerdas dan jenaka, tetapi juga satu iklan Lego yang besar."[2]

Media lainnya[sunting | sunting sumber]

Clutch Powers telah muncul sebagai karakter berulang dalam serial animasi komputer Ninjago. Dia pertama kali muncul di musim kesebelas pada 2019-20 dan muncul kembali di musim keempat belas pada 2021.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Lego: The Adventures of Clutch Powers". Box Office Mojo. Diakses tanggal 13 Desember, 2020. 
  2. ^ Lego: The Adventures of Clutch Powers di Common Sense Media
  3. ^ Yates, Jack (2021-02-07). "Who is Clutch Powers and why is he in LEGO NINJAGO?". Brick Fanatics (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-04. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]