Legenda Danau Laut Tador

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Legenda Danau Laut Tador merupakan salah satu cerita rakyat di Sumatra Utara yang mengisahkan asal - muasal munculnya Danau Laut Tador, danau yang terletak di Desa Laut Tador, Kecamatan Laut Tador, Kabupaten Batubara Setidaknya terdapat tiga versi Legenda Danau Laut Tador. Ketiganya dengan tema cerita yang sama, yakni kekecewaan dan kesedihan yang mendalam dari seorang anak terhadap orang tuanya.namanya belalang genjot


Versi pertama putri raja terhadap ayahnya (Raja Tador)[1], versi kedua mengisahkan kekecewaan dan kesedihan anak laki-laki semata wayang bernama Tador terhadap ayah dan ibunya[2]. Sedangkan versi terakhir, jalan ceritanya mirip dengan versi pertama dan kedua. Dalam versi ini tokoh bernama Tador digambarkan sebagai anak perempuan [3].

    #salam anak katak🐸
    #Tanjung kasau

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Umar, Jacob; Sidabutar, S; Siregar, Jasudin; Simanjuntak, Belan; Sukapiring, Peraturen; Lubis, Tiursani (1991). Ceritera Rakyat Daerah Sumatra Utara. Jakarta: Direktorat Jenderal Kebudayaan. hlm. 117–119. 
  2. ^ Mulia, Agus (2016). Danau Laut Tador. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ISBN 978-602-437056-5. 
  3. ^ Nursanti, Delita (2015). Michaelson, John; Juliana, ed. Antologi Cerita Rakyat Batu Bara. Medan: Balai Bahasa Provinsi Sumatra Utara Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. hlm. 74–78. ISBN 978-602-9172-10-2.