Legenda & Cinta Pendekar Rajawali (seri televisi 2017)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Legenda & Cinta Pendekar Rajawali
GenreWuxia
BerdasarkanThe Legend of the Condor Heroes
oleh Louis Cha
SkenarioShen Yuchen
Wang Ziqi
Zhao Weina
Xu Tao
SutradaraJeffrey Chiang
PresenterGong Yu
Wang Jianjun
Zhao Yifang
Chi Yufeng
Yue Lina
PemeranYang Xuwen
Li Yitong
Chen Xingxu
Meng Ziyi
Lagu pembuka"我不歸去" (I Won't Return) oleh KaYee Tam
Penata musikJoseph Koo
Negara asalTiongkok
Bahasa asliMandarin
Jmlh. episode52
Produksi
ProduserWu Dun
Guo Jingyu
Ge Xufeng
Li Jiewen
Lokasi produksiKota Film dan Televisi Xiangshan
Durasi45 menit per episode
Rumah produksiiQiyi
Huace Media
Beijing Wanmei Jianxin Entertainment
Perfect Pictures
Rilis asli
JaringanDragon TV
Rilis9 Januari (2017-01-09) –
17 April 2017 (2017-4-17)

Legenda & Cinta Pendekar Rajawali adalah seri televisi Tiongkok tahun 2017 yang diadaptasi dari novel oleh Louis Cha dengan judul yang sama dan dibuat ulang dari seri televisi Hong Kong tahun 1983 berdasarkan novel yang sama. Seri ini disutradarai oleh Jeffrey Chiang dan diperankan oleh Yang Xuwen, Li Yitong, Chen Xingxu dan Meng Ziyi sebagai pemeran utama. Seri ini mulai ditayangkan di Dragon TV di Tiongkok daratan pada 9 Januari 2017, dan di TVB Jade di Hong Kong pada 8 Mei 2017.

Penayangan di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Musim Episode Awalnya Ditayangkan Keterangan
Pertama Ditayangkan Terakhir Ditayangkan
1 25 8 Mei 2023 (2023-05-08) 9 Juni 2023 (2023-6-9) Tayang Perdana

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Enam puluh tahun setelah insiden Jingkang pada tahun 1202, di desa Niujia (牛家村), turun salju lebat. Saudara angkat, Kwee Siao Thian dan Yo Tiat Sim, sedang minum dan makan ketika mereka melihat Qiu Chuji , seorang pendeta Tao dan salah satu dari Tujuh Taois Sejati dari sekte Quanzhen, mendekati dengan keterampilan "Ringan" yang mengesankan (berjalan melewati salju dan tidak meninggalkan jejak). Mereka segera mengundang Qiu Chuji untuk bergabung dengan mereka. Qiu Chuji memasuki rumah mereka dengan hati-hati, curiga bahwa mereka mungkin bekerja untuk pemerintah. Karena perilakunya yang berhati-hati, Yo Tiat Sim mulai mencurigai Qiu Chuji mungkin seorang pembunuh dan menyerangnya. Selama pertarungan, Yo menggunakan tombak gaya Keluarga Yo (杨家枪) yang dikenali Qiu dan dia segera berhenti menyerang Yo. Setelah pertarungan, mereka memberi tahu Qiu bahwa mereka adalah keturunan jenderal yang setia. Sementara itu pasukan Jin dalam jumlah besar menyerang desa Niujia dan mendekati rumah mereka. Qiu memberi tahu mereka bahwa tentara Jin mengejarnya karena dia baru saja memenggal kepala pengkhianat Wang Daoqian (王道乾), pengkhianat Song yang korup. Qiu akhirnya membunuh mereka semua. Saat makan malam, kedua pria itu meminta Qiu untuk menyebutkan nama anak mereka yang belum lahir. Dia mengeluarkan dua belati di mana dia mengukir nama anak-anak yang belum lahir, sebagai hadiah untuk mereka. Li Ping, istri Kwee Siao Thian, dan Xi Ruo, istri Yo Tiat Sim, bertukar belati sebagai kenang-kenangan. Malam itu, Xi Ruo menemukan salah satu penyerang bersembunyi di gudang kayu, terluka parah dan memutuskan untuk menyelamatkannya. Dia ternyata adalah Pangeran Keenam Kekaisaran Jin, Wanyen Honglie.

Tiga bulan kemudian, Wanyen Honglie memerintahkan Duan Tiande, seorang pejabat militer lokal dan pengkhianat Kerajaan Song, untuk menangkap Kwee Siao Thian dan Yo Tiat Sim. Kwee Siao Thian dibunuh oleh anak buah Duan Tiande, Li Ping ditangkap dan disandera sementara Yo Tiat Sim ditendang dari tebing oleh Duan Tiande. Xi Ruo diselamatkan oleh Wanyen Honglie.

Ketika Qiu Chuji kembali ke desa Niujia, dia melihat tubuh Kwee Siao Thian yang digantung di pusat desa. Qiu Chuji bersumpah untuk membalaskan dendamnya. Setelah mengetahui bahwa Qiu mengejarnya untuk balas dendam, Duan Tiande membawa Li Ping, mendandaninya sebagai tentara, untuk bersembunyi di Kuil Fahua (法华寺), setelah berbohong kepada kepala biara, Master Jiaomu . Qiu Chuji tiba di kuil dan menanyakan keberadaan Duan Tiande kepada Guru Jiaomu. Master Jiaomu berjanji untuk memberikan jawaban kepada Qiu Chuji dalam tiga hari di Paviliun Zuixian (醉仙楼).

Tiga hari kemudian di Paviliun Zuixian, Zhu Cong (nee "Sekolah Tangan Luar Biasa") mencuri uang Wanyan Honglie. Bao Xiruo menyaksikan Wanyan Honglie memanggil Gai Yuncong (盖运聪), pejabat lokal Prefektur Jiaxing, yang berlutut, menyerahkan dua piring emas kepada Wanyen. Di malam hari, Xi Ruo berniat untuk membunuh Wanyen Honglie tapi dia menyerah saat mendengar rayuan Wanyen. Sebaliknya dia mencoba bunuh diri, tapi Wanyen menghentikannya.

Tiga hari kemudian di Paviliun Zuixian, Qiu Chuji meminta Master Jiaomu untuk menyerahkan Duan Tiande, tapi dia menolak. Alih-alih membawa bala bantuan, Tujuh Orang Aneh dari Jiangnan, untuk membantu situasi. Mereka melawan dan mengalahkan Qiu Chuji. Qiu kemudian meninggalkan tempat kejadian untuk menuju ke Kuil Fahua untuk mencari Duan Tiande dan Li Ping. Seven Freaks mengikutinya dan melanjutkan pertarungan mereka. Ketika kedua belah pihak melemah, Duan Tiande muncul bersama Li Ping dan mencoba membunuh Qiu Chuji tetapi dihentikan oleh Li Ping yang kemudian diturunkan menjadi janda. Master Jiaomu menyadari dia dibohongi dan menyerang Duan Tiande tetapi akhirnya terbunuh. Duan Tiande kabur bersama Li Ping. Tidak puas dengan hasil pertarungan mereka, Qiu Chuji dan Tujuh Orang Aneh dari Jiangnan setuju untuk mencari para janda secara terpisah dan mengajari anak-anak seni bela diri, 18 tahun kemudian, kedua pemuda itu akan bertanding di Paviliun Zuixian.

Li Ping melahirkan seorang putra (Kwee Ceng) di medan perang pada hari bersalju. Mereka kemudian dibawa oleh beberapa pengembara dan menjadi bagian dari suku Temüjin. Beberapa tahun kemudian, Kwee Ceng muda menyelamatkan Jebe yang terluka , yang sedang diburu oleh pasukan Temüjin. Salah satu bawahan Temüjin mencoba memaksa Kwee Ceng untuk memberi tahu mereka di mana Jebe bersembunyi, tetapi bocah itu tetap diam. Melihat itu, Jebe muncul dan menantang Borokhula, pengikut Temüjin, dalam kontes memanah. Dia mengalahkannya dan diizinkan bergabung dengan pasukan Temujin. Temüjin memerintahkan Jebe untuk mengajari Kwee Ceng dan Tolui, putra keempat Temüjin, memanah dan berkuda.

Pangeran Keenam Wanyen Honglie dan kakak laki-lakinya, Pangeran Ketiga Wanyen Hongxi, tiba di perbatasan Mongolia. Pangeran Ketiga melempar koin emas ke kerumunan. Kwee Ceng mengambil beberapa koin emas di tanah dan melemparkannya kembali ke Pangeran Ketiga. Pangeran yang marah mengambil tombak dan membidik Kwee Ceng.

Jebe menembak jatuh tombak terbang itu. Wanyen Honglie menghentikan kakaknya saat hendak mencabut pedangnya. Di yurt Mongolia, Wanyen Honglie memberikan jabatan resmi kepada Temüjin, yang membuat iri Sangkun dan Jamukha. Kwee Ceng menjadi anda (saudara angkat) dengan Tolui. Tujuh Orang Aneh dari Jiangnan juga berada di area tersebut mencari Kwee Ceng dan ibunya. Mereka bertemu Kwee Ceng sementara Dushi menangkap kelinci Kwee Ceng dan Tolui dan mengalahkan mereka. Tujuh Orang Aneh dari Jiangnan juga menemukan tumpukan tulang di daerah tersebut, Ke Zhen'e (nee "Kelelawar Terbang") menyimpulkan bahwa "Sepasang Angin Gelap" adalah pembunuhnya. Mereka memutuskan untuk menyergap "Pembunuh Kembar di Angin Gelap" di malam hari. Guo Jing menikam Chen Xuanfeng sampai mati setelah majikan kelimanya, Zhang Asheng, dibunuh oleh Chen yang mencoba menyelamatkan Han Xiaoying, kekasih Zhang Asheng dan majikan ketujuh Kwee Ceng.

Huazheng, putri Temüjin dan sahabat Kwee Ceng, memberi tahu Kwee Ceng bahwa sekelompok elang hitam sedang mengepung sepasang elang putih. Untuk menyelamatkan elang putih, Kwee Ceng menembakkan dua elang hitam dengan satu anak panah. Temüjin memberi Kwee Ceng pedang emas setelah Kwee Ceng menawarkan mangsanya.

Kwee Ceng bertemu dengan Ma Yu, salah satu dari sekte Tujuh Dewa Quanzhen, ketika mereka berencana mengadopsi mata elang putih. Setelah Ma Yu membantu mereka mengambil sarang dari tebing, Kwee Ceng meminta Ma Yu menerimanya sebagai murid.

Kwee Ceng mempelajari pertarungan di bawah Tujuh Orang Aneh Jiangnan di siang hari dan mempelajari sekte Quanzhen di bawah Ma Yu di malam hari.

Seekor kuda akhal-teke berlari di haras, Han Baoju (nee "Dewa Kuda"), guru Kwee Ceng, mencoba menaklukkan kudanya, tetapi dia gagal dan muridnya Kwee Ceng berhasil. Mereka memberikannya kepada Kwee Ceng sebagai hadiah. Keterampilan Kwee Ceng telah berkembang pesat, yang membangkitkan kecurigaan Tujuh Orang Aneh dari Jiangnan. Mereka menyimpulkan bahwa Kwee Ceng mempelajari seni bela diri di bawah orang lain. Jadi mereka memutuskan untuk melacak Kwee Ceng. Saat senja, Kwee Ceng dan Ma Yu menemukan Mei Chaofeng yang sedang berlatih "Cakar Tengkorak Putih Sembilan Yin" (九阴白骨爪) dengan tengkorak manusia. Kwee Ceng dan Ma Yu mengejar Mei Chaofeng sampai ke yurt Mongolia di Sangkun. Tujuh Orang Aneh dari Jiangnan memutuskan untuk membunuh Kwee Ceng setelah mereka menemukan beberapa tengkorak manusia di atas bukit. Kwee Ceng berdiri di luar yurt Mongolia Sangkun dan mendengar Sangkun, Jamukha, dan Wanyan Honglie berencana membunuh Temüjin atas nama mendiskusikan pernikahan antara Dushi dan Huazheng. Kwee Ceng dan Ma Yu kembali ke rumah, mereka memberi tahu Tujuh Orang Aneh di Jiangnan bahwa Mei Chaofeng sedang mencari balas dendam untuk mereka. Kwee Ceng memberi tahu Huazheng bahwa Sangkun dan Wanyen Honglie berencana untuk membunuh ayahnya, Temüjin.

Pada malam hari, Ma Yu dan Tujuh Orang Aneh dari Jiangnan menyamar sebagai Tujuh Taois Sejati dari sekte Quanzhen di bukit, tempat Mei Chaofeng berlatih seni bela diri, dan merencanakan untuk membunuh Mei Chaofeng. Mei Chaofeng meninggalkan sandera Huazheng dan melarikan diri. Kwee Ceng memberi tahu Temüjin bahwa dia telah jatuh ke dalam perangkap Sangkun. Temüjin dikepung oleh Sangkun, dia harus mundur ke brae. Kwee Ceng menangkap Dushi dan mengalahkan Empat Hantu Sungai Kuning. Temüjin meletakkan pedang di leher Dushi dan meminta Sangkun mundur.

Pada malam hari, Jamukha pergi ke barak Temüjin untuk membujuk Temüjin agar menyerah. Temujin menolak dan berkata "Kamu bukan lagi temanku". Temüjin mengirim Tolui kembali untuk mendapatkan bala bantuan.

Jamukha menyerang Temüjin, setelah beberapa saat, Tolui datang dengan bala bantuan, dan Jamukha menarik pasukannya. Temüjin melepaskan Dushi dan memukul Tolui dua puluh tongkat tentara. Temüjin mengirim Kwee Ceng dan Jebe untuk mengawal Huazheng ke wilayah kekuasaan Sangkun.

Di tenda Dushi, Huazheng membuat pernyataan cinta kepada Kwee Ceng. Saat Dushi yang mabuk masuk, dia melihat Kwee Ceng menggendong Huazheng. Dushi yang cemburu menekan Kwee Ceng ke tanah. Untuk menyelamatkan Kwee Ceng, Huazheng membunuh Dushi dengan menusuk jantungnya. Jebe membakar perkemahan Sangkun, pada saat yang sama, Temujin memimpin pasukannya menyerbu ke barak Sangkun. Temüjin menyatukan suku-suku Mongolia melalui perang, dan dia diberi gelar Genghis Khan. Dalam pesta perayaan, Genghis Khan memberi Kwee Ceng pangkat cabai dan mempertunangkan putrinya Huazheng dengan Kwee Ceng, sebagai 'Menantu Pedang Emas'.

Kwee Ceng dan Tujuh Orang Aneh dari Jiangnan kembali ke Zhejiang. Kwee Ceng menyelamatkan seorang pengemis yang menyelinap pergi saat seorang pedagang mengejarnya. Kwee Ceng mentraktir pengemis yang lapar untuk makan besar.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

Pendukung[sunting | sunting sumber]

  • Shao Bing sebagai Kwee Siao Thian (Ayah Kwee Ceng)
  • Zeng Li sebagai Li Ping (Ibu Kwee Ceng)
  • Li Zonghan sebagai Yo Tiat Sim (Ayah Yo Kang)
  • Liu Qianhan sebagai Xi Ruo (Ibu Yo Kang)
  • Li Yixiao Sebagai Feng Heng (Ibu Oey Yong)
  • Fengyan Zong sebagai Wan Yen Hong Lie
  • Mi Lu sebagai Me Chao Feng (Pendekar Mayat Besi)
  • Wentong Ning sebagai Ciu Phek Tong (Bocah Tua Nakal)
  • Zhang Kaiyi Sebagai Yin Ku (Ahli Matematika)
  • Liu Zhi Yang sebagai Ou Yang Ke (Racun Muda)
  • Yu Ailei sebagai Duan Tian De
  • 7 Pendekar Aneh Dari Jiangnan
  • Lima Pendekar Hebat
  • 7 Pendekar Quanzhen
  • Pengikut Kaisar Selatan
    • Hu Bo Sebagai Chu Dongshan (Nelayan)/(Laksmana Angkatan Laut Tayli)
    • Zhang Lu Sebagai Zhang Shaoshou (Penebang Kayu)/(Jenderal Militer Tayli)
    • Yin Shuo Sebagai Wu Santong (Petani)/(Kepala Penjaga Istana)
    • Liang Jinshan Sebagai Zhu Ziliu (Cendikiawan)/(Perdana Menteri Tayli)
  • Tay Ping Hui sebagai Genghis Khan
  • Dai Wenwen sebagai Putri Hua Zheng
  • Fu Tian Jiao sebagai guru Jebe
  • Putra Genghis Khan
  • Sulide Sebagai Borokhula
  • Anqi'er Sebagai Muqali
  • Hongtong Batu Sebagai Jamukha (Saudara Angkat Genghis Khan)
  • Wurijitu Sebagai Wang Khan (Mantan Sekutu Genghis Khan)
  • 4 Hantu Sungai Kuning
    • Jia Jin Sebagai Ma Qingxiong (Cambuk Penangkap Jiwa)
    • Liu Taotao Sebagai Qian Qingjian (Kapak Maut)
    • Zhao Shuai Sebagai Wu Qinglie (Tombak Pengejar Kehidupan)
    • Fan Jianyun Sebagai Shen Qinggang (Saber Pemutus Jiwa)
  • Baisha Sebagai Sangkun
  • Gangde'er Sebagai Dushi
    • Gao Yuyang Sebagai Dushi (kecil)
  • Ji Chenmu Sebagai Zhu Cong
  • Wang Chunyuan Sebagai Han Baoju
  • Ma Jingjing Sebagai Nan Xiren
  • Xin Peng Sebagai Zhang Asheng
  • Long De Sebagai Quan Jinfa
  • Xiao Yin Sebagai Han Xiaoying
  • Jiang Yiming Sebagai Qiu Qianren / Qiu Qianzhang
  • Xia Zitong Sebagai Shagu
  • Gong Zhengnan Sebagai Lu Guanying
  • Sui Yumeng Sebagai Cheng Yaojia
  • Song Qing Sebagai Lu Youjiao
  • Chang Cheng Sebagai Lu Chengfeng
  • Zhang Jialai Sebagai Chen Xuanfeng
  • Wang Lin Sebagai Yin Zhiping
  • Ren Xihong Sebagai Lingzhi Shangren
  • Gao Yuqing Sebagai Liang Ziweng
  • Lin Yizheng Sebagai Sha Tongtian
  • Gu Dechao Sebagai Hou Tonghai
  • Sun Hao Sebagai Peng Lianhu
  • Hou Tongjiang Sebagai Reverend Kumu
  • Cao Yang Sebagai Wanyan Hongxi
  • Lu Senbao Sebagai Elder Peng
  • Fan Zhonghua Sebagai Elder Jian
  • Liu Yu Sebagai Elder Liang
  • Xu Qihang Sebagai Yu Zhaoxing
  • He Guoxuan Sebagai Li Sheng
  • Cheng Liuyi Sebagai Muhammad II of Khwarezm
  • Yang Yongwen Sebagai Lü Wende

Produksi[sunting | sunting sumber]

Serial ini difilmkan terutama di Kota Film dan Televisi Xiangshan di Xiangshan County, Zhejiang Province. Syuting selesai pada akhir Agustus 2016. Lokasi syuting lainnya termasuk Hengdian World Studios, Xiandu Scenic Area di Jinyun County dan Xianju County di Provinsi Zhejiang, Huanghe Shilin Scenic Area di Jingtai County dan Tianzhu Grasslands di Gansu Province, dan Tonghu Grasslands di Inner Mongolia. Meskipun seri ini adalah salah satu dari banyak serial televisi yang diadaptasi dari The Legend of the Condor Heroes, ini adalah yang pertama diproduksi sejak Louis Cha terakhir merevisi novel.[1][2]

Dalam wawancara Januari 2017, produser Guo Jingyu menjelaskan mengapa dia memproduksi serial televisi berdasarkan novel wuxia yang sudah memiliki lebih dari 10 adaptasi sebelumnya. Dia berkata bahwa dia tidak puas dengan banyak serial televisi wuxia yang diproduksi dalam beberapa tahun terakhir, dan ingin membuat ulang serial televisi Hong Kong tahun 1983 The Legend of the Condor Heroes, yang dia senang tonton, untuk pemirsa generasi muda. Dia juga menjelaskan tantangan yang dia hadapi dalam beroperasi dengan anggaran yang sangat ketat dan kendala waktu, seperti harus mengurangi penggunaan efek khusus dan harus memilih aktor dan aktris yang kurang terkenal sebagai pemeran utama.[3]

Siaran Internasional[sunting | sunting sumber]

Negara Saluran Tanggal Tayang
Mainland China Dragon TV 9 Januari – 17 April 2017
Hong Kong TVB Jade (Hong Kong) 8 Mei – 14 Juli 2017
Malaysia Astro On Demand
TVB Jade (Malaysia)
8 Mei 2017 – 14 Juli 2017
Singapore TVB First 8 Mei 2017 – 14 Juli 2017
VV Drama 21 Agustus 2017 – ?
Australia TVBJ 11 May 2017 – ?
Hong Kong
Singapore
Malaysia
Indonesia
Philippines
Oh!K Segera Hadir
Thailand Channel 3 5 Juni 2018 – 11 Oktober 2018
Indonesia ANTV 8 Mei 2023 - 9 Juni 2023

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

  • Tie Xue Dan Xin (铁血丹心, A Bulletproof Heart): Lagu tema pembuka dan penutup dari serial ini, disusun oleh Joseph Koo dan awalnya merupakan lagu tema pembuka dari serial televisi Hong Kong tahun 1983 The Legend of the Condor Heroes. Meskipun versi aslinya dinyanyikan dalam bahasa Kanton oleh Roman Tam dan Jenny Tseng, versi yang digunakan dalam The Legend of the Condor Heroes (2017) adalah versi instrumental tanpa lirik.
  • Ai Guo Shei (爱过谁, Loved Who): Sebuah lagu sisipan yang disusun oleh Silence Wong dan dinyanyikan oleh Shang Wenjie.
  • Jianghu Tianxia (江湖天下, The Pugilistic World): Lagu sisipan yang disusun oleh Tan Xiaocong dan dinyanyikan oleh Silence Wong.
  • Jian Hun (剑魂, Soul of the Sword): Lagu sisipan yang disusun oleh Silence Wong dan dinyanyikan oleh Well Lee.
  • Sei Diu Ying Hung (射鵰英雄, Legend of the Condor Heroes): Lagu tema pembuka rilisan TVB, dinyanyikan oleh Hubert Wu (belum dikonfirmasi).
  • Ngo Bat KWai Hei (我不歸去, I Won't Return): Lagu tema penutup rilis TVB, dinyanyikan oleh Kayee Tam.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "《射雕英雄传》顺利杀青 恩仇江湖共赴甲子之约 ["The Legend of the Condor Heroes" Completes Shooting]". 凤凰宁波 (ifeng.com) (dalam bahasa Tionghoa). 2 September 2016. Diakses tanggal 23 April 2017. 
  2. ^ "《射鵰英雄傳》殺青 楊旭文李一桐赴約 ["The Legend of the Condor Heroes" Completes Shooting: Yang Xuwen and Li Yitong Meet Up]". Sina.com (dalam bahasa Tionghoa). 29 August 2016. Diakses tanggal 23 April 2017. 
  3. ^ Yu, Yalian (11 January 2017). "新《射雕》监制:大明星请不起 档期不给够 还要抠像 [Interview with the producer of "The Legend of the Condor Heroes"]". Sohu.com (dalam bahasa Tionghoa). Diakses tanggal 23 April 2017.