Lee J. Cronbach

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Lee J. Cronbach dikenal sebagai salah satu ilmuwan psikologi yang mempelajari anak-anak dengan bakat istimewa, ia mengenyam pendidikannya di Fresno College dan berhasil menyandang gelar BA (1934). Pada tahun 1937 melanjutkan pendidikan magister di Universitas California, Berkeley dan tanpa perlu menunggu waktu yang cukup lama, pada tahun 1940 Cronbach memperoleh gelar Ph.D pada jurusan psikologi di Universitas Chicago.[1]

Karier[sunting | sunting sumber]

Karier Lee J. Cronbach dimulai di State College of Washington sebagai tenaga pendidik dan juga asisten profesor di jurusan psikologi hingga tahun 1946. Pada saat Perang Dunia II, ia kembali lagi ke almamaternya di Universitas California sebagai psikolog riset pada Divisi War Research. Pada tahun 1946 hingga tahun 1948,Cronbach mengabdi pula di almamater ketiganya yaitu Universitas Chicago sebagai asisten profesor. Karier berikutnya yang mengantar dia menjadi sosok psikolog yang handal adalah ketika ia mengajar di Universitas Illinois yang ditekuninya hingga tahun 1964.[1] Kariernya sebagai ilmuwan dan pengajar, menghantarkan Lee J. Cronbach sebagai Ketua Komite Standard Test dan Komite Psychological Test pada asosiasi American Psychological Association.

Penelitian[sunting | sunting sumber]

Beberapa hasil riset yang dihasilkan oleh Lee J. Cronbach mengenai anak-anak yang memiliki kemampuan tinggi juga dituangkan dalam bukunya yang berjudul Essentials of Psychological Testing dan dikategorikan dalam psikologi klasik. Salah satu riset yang dikerjakan oleh Cronbach yaitu proyek kolaborasi dengan ilmuwan bernama Terman pada tahun 1963 mengenai anak-anak berbakat. Riset yang dikategorikan dalam studi longitudinal ini banyak menunjukkan aspek-aspek kehidupan dan produktivitas manusia dengan bakat istimewa berlebih. Bahkan melalui riset tersebut juga terungkap hal-hal yang sifatnya stereotipe dan mengaburkan pemahaman mengenai orang yang memiliki bakat istimewa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Baihaqi, MIF; R. Reynolds, Cecil; Mann, Lester (2014). Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Luar Biasa. Bandung: Nuansa Cendekia. hlm. 130–131. ISBN 9786028395755.