Layne Staley

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Layne Staley
Staley Tampil dengan Alice in Chains pada tahun 1992
Staley Tampil dengan Alice in Chains pada tahun 1992
Informasi latar belakang
Nama lahirLayne Rutherford Staley
Nama lainLayne Elmer
Lahir(1967-08-22)22 Agustus 1967
Kirkland, Washington, U.S.
Meninggal5 April 2002(2002-04-05) (umur 34)
Seattle, Washington, AS
Genre
Pekerjaan
  • Musisi
  • penyanyi
  • pencipta lagu
Instrumen
  • Vokal
  • gitar
  • drum
Tahun aktif1984–1998
LabelColumbia
Artis terkait
Situs weblayne-staley.com

Layne Thomas Staley (22 Agustus 1967 – 5 April 2002)[4] adalah seorang musisi Amerika Serikat yang paling dikenal sebagai penyanyi utama dan penulis lagu bersama dari band rock Alice in Chains, yang menjadi terkenal di dunia internasional pada awal 1990-an sebagai bagian dari gerakan grunge Seattle. Staley dikenal dengan gaya vokal dan suara tenornya yang khas, serta harmonisasi dengan gitaris / vokalis Jerry Cantrell. Staley juga merupakan anggota dari band glam metal Sleze dan Alice N 'Chains, dan supergrup Mad Season dan Class of '99.

"Man in the Box", single kedua dari album debut Alice in Chains, Facelift (1990), mendapatkan pengakuan kritis Staley untuk gaya vokalnya. EP Jar of Flies (1994) dari Alice in Chains, memulai debutnya di nomor satu di Billboard 200, menjadikannya rekaman pertama Alice in Chains dan EP pertama untuk menduduki puncak tangga lagu. Namun, kondisi Staley yang memburuk karena penyalahgunaan heroin membuatnya masuk ke klinik rehabilitasi. Dia mulai mengerjakan proyek sampingan dengan beberapa musisi Seattle, Mike McCready dari Pearl Jam, Barrett Martin dari Screaming Trees dan John Baker Saunders dari The Walkabouts, yang kemudian menjadi Mad Season, sementara Alice in Chains pergi ke masa jeda.

Selama masa jeda Alice in Chains, laporan tentang kecanduan narkoba Staley mulai tersebar luas di komunitas penggemar dan media, sebagian karena perubahan kondisi fisiknya yang disebabkan oleh penyalahgunaan heroin yang berkepanjangan. Pada 10 April 1996, band ini kembali dengan penampilan di pertunjukan MTV Unplugged di New York itu adalah konser pertama mereka dalam dua setengah tahun.

Sejak pertengahan 1996 dan seterusnya, Staley tidak lagi menjadi sorotan publik, tidak pernah tampil live lagi. Staley berjuang melawan depresi dan kecanduan selama sebagian besar masa dewasanya dan kemudian meninggal karena overdosis speedball pada tanggal 5 April 2002, pada usia 34. Staley menduduki peringkat No. 27 di daftar Hit Parader dari "Heavy Metal's All-Time Top 100 Vokalis "pada tahun 2006, dan di No. 42 pada daftar majalah Kompleks" 50 Penyanyi Utama Terbaik Sepanjang Masa "pada tahun 2012. Seattle secara resmi menyatakan 22 Agustus 2019 sebagai " Hari Layne Staley"

Kehidupan Dan Karier[sunting | sunting sumber]

Staley lahir di Kirkland, Washington pada tanggal 22 Agustus 1967.[5] Orang tuanya adalah Phillip Blair "Phil" Staley dan Nancy Elizabeth Staley (née Layne). Staley tidak menyukai nama tengahnya "Rutherford" dan akan marah setiap kali seseorang memanggilnya dengan nama ini. Dia secara resmi mengubah nama tengahnya menjadi "Thomas" selama masa remajanya karena dia adalah penggemar drummer Tommey Lee Mötley Crüe.[5][6]

Staley bergabung dengan sebuah band ritme di Bellevue ketika dia berusia 2 atau 3 tahun, dan merupakan yang termuda di grup. Pada usia 9 tahun, dia menulis dalam bukunya Dr. Seuss, "All About Me" bahwa dia ingin menjadi seorang penyanyi

Staley berusia tujuh tahun ketika orang tuanya bercerai, setelah itu ia dibesarkan oleh ibu dan ayah tirinya, Jim Elmer. Dia mengambil nama belakang ayah tirinya saat mendaftar di Meadowdale High School di Lynnwood, dan selama beberapa waktu dikenal sebagai Layne Elmer.[7]

Staley dibesarkan sebagai seorang Ilmuwan Kristen,[8] tetapi kritis terhadap agama di masa dewasanya, menyatakan dalam sebuah wawancara tahun 1991: "Saya memiliki ketertarikan dengan bagaimana orang-orang yang dicuci otaknya dengan agama dan bagaimana mereka akan menyerah. uang, waktu dan seluruh hidup mereka untuk tujuan yang mereka yakini benar, tetapi saya yakin salah. Saya pikir ada banyak orang yang takut hidup dan hidup dan mereka ingin memastikan bahwa mereka melakukannya Surga atau apa pun. Saya mencoba untuk menjauh darinya sebanyak yang saya bisa. Saya dibesarkan di gereja sampai saya berusia 16 tahun dan saya tidak setuju dengan kepercayaan mereka selama saya ingat, jadi ketika saya memiliki pilihan, saya memilih untuk tidak percaya pada apapun selain dari diriku".[9] "Staley juga menyatakan dalam sebuah wawancara tahun 1999 bahwa lagu "Get Born Again" adalah tentang kemunafikan agama".[10]

Dia mendekati musik melalui koleksi orang tuanya, mendengarkan Black Sabbath (dianggap olehnya sebagai pengaruh pertamanya) dan Deep Purple.[11] Band favorit lainnya termasuk band hard rock dan metal seperti The Stooges,[12] Anthrax, Judas Priest, Saxon, Rainbow, Mercyful Fate,[13] Twisted Sister, Van Halen, dan industri aksi gelombang baru seperti Ministry, the Lords of the New Church and Skinny Puppy Dan Dia juga menyebut Prince dan David Bowie sebagai dua idola terbesarnya

Staley mulai bermain drum pada usia 12 tahun ia bermain di beberapa band glam di awal masa remajanya, tetapi pada titik ini, Staley memiliki aspirasi untuk menjadi seorang penyanyi.[14] Pada tahun 1984, Staley bergabung dengan sekelompok siswa Shorewood High di sebuah band bernama Sleze, yang juga menampilkan anggota masa depan The Dehumanizers dan Second Coming.

1985, Staley dan bandnya Sleze membuat cameo di Father Rock,[15] sebuah film anggaran rendah dari Public Access Channel Seattle. Pada tahun 1986, Sleze berubah menjadi Alice N 'Chains,[16] sebuah band yang dikatakan Staley "berpakaian drag dan memainkan speed metal." Band baru ini tampil di sekitar area Seattle memainkan cover Slayer dan Armored Saint.[17]

Karier[sunting | sunting sumber]

Alice In Chains Dan Mad Season[sunting | sunting sumber]

Staley bertemu gitaris Jerry Cantrell di sebuah pesta di Seattle saat bekerja di studio latihan Music Bank pada tahun 1987. Beberapa bulan sebelumnya, Cantrell telah menyaksikan Staley tampil dengan bandnya saat itu, Alice N 'Chains, di kampung halamannya di Tacoma Little Theater, dan terkesan dengan suaranya. Cantrell tunawisma setelah diusir dari rumah keluarganya, jadi Staley mengundang Cantrell untuk tinggal bersamanya di Music Bank. Kedua teman cepat itu hidup sebagai teman sekamar selama lebih dari setahun di ruang latihan bobrok yang mereka bagi.

Alice N 'Chains segera dibubarkan dan Staley bergabung dengan sebuah band funk, yang pada saat itu juga membutuhkan seorang gitaris. Dia meminta Cantrell untuk bergabung sebagai sideman. Cantrell setuju dengan syarat bahwa Staley bergabung dengan bandnya, yang pada saat itu tidak memiliki nama dan termasuk drummer Sean Kinney dan bassis Mike Starr. Mereka mulai mengaudisi penyanyi utama yang buruk di depan Staley untuk mengirim petunjuk, yang membuatnya marah. Jerami terakhir untuk Staley adalah ketika mereka mengaudisi penari telanjang pria di depannya - dia memutuskan untuk bergabung dengan band setelah itu. Cantrell mengatakan ini tentang suara Staley: "Saya tahu bahwa suara itu adalah orang yang saya inginkan untuk bermain dengannya. Kedengarannya seperti berasal dari seorang pengendara sepeda seberat 350 pon daripada Layne kecil yang kurus. Saya menganggap suaranya adalah suara saya." Akhirnya proyek funk bubar, dan pada tahun 1987, Staley bergabung dengan band Cantrell secara penuh waktu. Band ini memiliki nama seperti "Fuck" dan "Diamond Lie", yang terakhir menjadi nama band Cantrell sebelumnya.

Dua minggu setelah pembentukan band, mereka memainkan pertunjukan di University of Washington, mencoba untuk mengisi 40 menit dengan beberapa lagu asli bersama dengan Hanoi Rocks dan cover David Bowie. Diamond Lie mendapat perhatian di wilayah Seattle dan akhirnya mengambil nama band Staley sebelumnya, Alice N 'Chains, kemudian berganti nama menjadi Alice in Chains. Staley mendapat izin dari mantan rekan bandnya untuk menggunakan nama tersebut.

Promotor lokal Randy Hauser mengetahui Alice in Chains di sebuah konser dan menawarkan untuk membayar rekaman demo. Namun, satu hari sebelum band ini dijadwalkan untuk rekaman di studio Music Bank di Washington, polisi menutup studio selama penggerebekan ganja terbesar dalam sejarah negara bagian. Demo terakhir, selesai pada tahun 1988, diberi nama The Treehouse Tapes dan ditemukan oleh manajer musik Kelly Curtis dan Susan Silver, yang juga mengelola band Soundgarden yang berbasis di Seattle. Curtis dan Silver meneruskan demo ke perwakilan A&R Columbia Records, Nick Terzo, yang membuat janji dengan presiden label Don Ienner. Berdasarkan The Treehouse Tapes, Terzo menandatangani Alice in Chains to Columbia pada tahun 1989. Band ini juga merekam demo tanpa judul lainnya selama periode tiga bulan pada tahun 1989. Rekaman ini dapat ditemukan pada rilis bajakan Sweet Alice.

Alice in Chains merilis album debut mereka Facelift pada 21 Agustus 1990, membentuk gaya khas band. Single kedua, "Man in the Box", dengan lirik yang ditulis oleh Staley, menjadi hit besar. "Man in the Box" dikenal luas karena "melodi pembuka tanpa kata yang khas, di mana vokal Staley yang khas dan menegangkan dicocokkan serempak dengan gitar yang sarat efek" diikuti oleh "baris-baris menarik seperti: 'Jesus Christ / Deny your maker 'and' He who tries / will be Wasted' dengan suara Cantrell yang lebih kering, dan tidak terlalu mendesak."

"Facelift" telah mendapatkan sertifikasi double platinum oleh RIAA untuk penjualan dua juta kopi di Amerika Serikat Band melakukan tur untuk mendukung album tersebut selama dua tahun sebelum merilis EP akustik Sap pada awal tahun 1992 Alice in Chains membuat cameo dalam film Cameron Crowe tahun 1992, Singles, membawakan lagu "It Ain't Like That" dan "Would?"

Pada bulan September 1992, Alice in Chains merilis "Dirt". Album yang mendapat pujian kritis, juga band paling sukses, debut di nomor enam di Billboard 200, dan disertifikasi quadruple platinum. Staley mendesain logo matahari pada tatahan album. Selama tur "Dirt" di Brazil pada tahun 1993, Staley menyelamatkan nyawa Starr setelah dia overdosis.

Cantrell menulis hampir semua musik dan lirik untuk Alice in Chains, tetapi seiring berjalannya waktu, Staley menyumbangkan lebih banyak lirik. Akhirnya, Staley akan menerima kredit untuk sekitar setengah lirik dari seluruh katalog Alice in Chains sebelum rilis "Black Gives Way to Blue" pada tahun 2009. Dia juga menulis musik dan lirik untuk "Hate to Feel", "Angry Chair" dan "Head Creeps", dan melodi untuk lagu lainnya. Lirik Staley sebagian besar dianggap berurusan dengan masalah pribadinya, seperti penggunaan narkoba dan depresi.

Pada tahun 1994, Alice in Chains merilis EP kedua mereka, Jar of Flies. Ini debut di nomor satu, menjadikannya rilis Alice in Chains pertama — dan EP pertama — yang melakukannya. Anggota lain dari Alice in Chains, melihat kondisi Staley yang memburuk, memilih untuk tidak melakukan tur untuk mendukung Jar of Flies. Setelah rilis album, Staley memasuki klinik rehabilitasi dan mulai mengerjakan proyek sampingan dengan beberapa musisi Seattle, Mike McCready dari Pearl Jam, Barrett Martin dari Screaming Trees dan John Baker Saunders dari The Walkabouts. Band ini mengerjakan materi selama beberapa bulan dan memainkan pertunjukan pertama mereka di Crocodile Cafe di Seattle dengan nama "The Gacy Bunch" pada 12 Oktober 1994. Dalam beberapa minggu, band ini berganti nama menjadi "Mad Season" Pada Januari 1995, Mad Season membawakan dua lagu di siaran Pada Januari 1995, Mad Season membawakan dua lagu di siaran radio Self-Pollution satellite radio Pearl Jam, "Lifeless Dead" dan "I Don't Know Anything". Band menyelesaikan album, berjudul Above, yang dirilis pada Maret 1995. Single pertama, "River of Deceit", menjadi sukses sederhana di radio alternatif. Pertunjukan langsung yang difilmkan di Teater Moore di Seattle dirilis pada Agustus 1995 sebagai video rumahan, Live at the Moore.

Selama masa jeda Alice in Chains, laporan tentang kecanduan Staley mulai tersebar luas di komunitas penggemar dan media, sebagian karena perubahan kondisi fisiknya yang disebabkan oleh penyalahgunaan heroin yang berkepanjangan.

Alice in Chains berkumpul kembali untuk merekam Alice in Chains, kadang-kadang disebut sebagai "Tripod", yang dirilis pada November 1995. Album debutnya di puncak tangga lagu AS,dan sejak itu dianugerahi — bersama dengan Facelift dan Jar of Flies — status double platinum. Dengan pengecualian "Grind", "Heaven Beside You", dan "Over Now", semua liriknya ditulis oleh Staley,menjadikan album ini kontribusi laris terbesarnya pada katalog band. Untuk mengiringi album tersebut, band ini merilis video rumahan, The Nona Tapes, tetapi band itu mundur lagi, gagal menyelesaikan tur yang direncanakan untuk mendukung album tersebut. Ketika ditanya tentang rasa frustrasi karena tidak melakukan tur untuk mendukung rekaman tersebut, Cantrell memberikan beberapa wawasan tentang bagaimana kecanduan Staley menyebabkan ketegangan di dalam band: "Sangat membuat frustrasi, tapi kami bertahan. Kami melewati saat-saat indah bersama, dan kami tetap bersama melalui masa-masa sulit. Kami tidak pernah saling menikam dari belakang dan menumpahkan isi hati kami dan melakukan omong kosong semacam itu yang Anda lihat sering terjadi. Narkoba bekerja untuk saya selama bertahun-tahun ", kata Staley kepada Rolling Stone pada Februari 1996, "dan sekarang mereka berbalik melawan saya, sekarang saya berjalan melalui neraka dan ini menyebalkan. Saya tidak ingin penggemar saya berpikir bahwa heroin itu keren. Tapi kemudian saya memiliki penggemar yang mendatangi saya dan memberi saya mengacungkan jempol, mengatakan bahwa mereka tinggi. Itulah yang sebenarnya tidak saya inginkan terjadi".

Salah satu pertunjukan terakhir Staley dengan Alice in Chains adalah penampilan MTV Unplugged di New York pada tanggal 10 April 1996. Rekaman Unplugged muncul setelah band tidak aktif dalam waktu lama itu adalah konser pertama mereka dalam dua setengah tahun. Staley membuat penampilan terakhirnya pada 3 Juli 1996, di Kansas City, Missouri, sementara Alice in Chains melakukan tur dengan Kiss.

Project lainnya[sunting | sunting sumber]

Staley berbagi vokal utama dengan Ann Wilson untuk cover "Ring Them Bells" milik Bob Dylan, yang ditampilkan di album Heart 1993 Desire Walks On.

Lagu "It's Coming After" dari album debut Second Coming tahun 1994 L.O.V.Evil menampilkan Staley sebagai vokalis utama. Second Coming menampilkan rekan band Staley dari Alice N' Chains, mantan bandnya.

Salah satu lagu terakhir yang direkam Staley adalah cover lagu Pink Floyd "Another Brick in the Wall" dengan supergrup Class of '99, menampilkan gitaris Tom Morello dari Rage Against the Machine, bassis Martyn LeNoble, drummer Stephen Perkins, keduanya dari Jane's Addiction and Porno for Pyros, dan keyboardist Matt Serletic. Pada November 1998, grup tersebut merekam lagu untuk soundtrack film horor / sci-fi Robert Rodriguez 1998 The Faculty. video musik juga dirilis. Sementara anggota lain dari band difilmkan khusus untuk video tersebut, penampilan Staley terdiri dari cuplikan yang diambil dari 1995 Live at the Moore video Mad Season.

Sebuah lagu berjudul "Things You Do" yang menampilkan Staley pada vokal adalah bagian dari soundtrack untuk film Grassroots tahun 2012. Dalam film tersebut, lagu tersebut dikreditkan ke "The Bondage Boys menampilkan Layne Staley", tetapi lagu tersebut telah dikreditkan ke "Layne Staley dan The Aftervibes" dan "Layne Staley dan Second Coming" ketika bocor di tahun-tahun internet sebelum.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Pada awal 1990-an, Staley mendaftar di beberapa program rehabilitasi, tetapi dia gagal bertahan lama. Pada satu titik, anggota lain dari Alice in Chains terbang ke Los Angeles untuk terapi mingguan di rehabilitasi Staley. Selama tur Dirt, manajer Alice in Chains, Susan Silver, menyewa pengawal untuk menjaga Staley menjauh dari orang-orang yang mungkin mencoba memberinya obat, tetapi dia akhirnya kambuh pada alkohol dan obat-obatan selama tur. Kematian Kurt Cobain pada April 1994 membuat Staley ketakutan sementara, tapi tak lama kemudian dia kembali ke kecanduannya. Manajer Alice in Chains menolak kemungkinan tur yang menguntungkan dan menjauhkan band dari jalan, berharap itu akan membantu Staley. Gitaris Pearl Jam, Mike McCready, juga mencoba membantu Staley dengan mengundangnya ke proyek sampingannya, Mad Season. McCready berharap bahwa bermain dengan musisi yang sadar akan mendorong Staley. Pada tanggal 29 Oktober 1996, mantan tunangan Staley, Demri Lara Parrott, meninggal karena overdosis obat. Staley ditempatkan pada jam bunuh diri 24 jam, menurut NME, yang mengutip seorang teman yang mengatakan Staley mengambil kematian Parrott "sangat buruk" dan telah jatuh ke dalam depresi berat. Mark Lanegan dari Screaming Trees mengatakan kepada Rolling Stone pada tahun 2002, "Dia tidak pernah pulih dari kematian Demri. Setelah itu, saya tidak berpikir dia ingin melanjutkan."

Tahun terakhir: 1997–2002[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 26 Februari 1997, Staley dan anggota Alice in Chains lainnya menghadiri Grammy Awards setelah lagu "Again" dinominasikan untuk Best Hard Rock Performance. Pada bulan April di tahun yang sama, Staley membeli kondominium tiga kamar tidur seluas 1.500 kaki persegi (140 m2) di Distrik Universitas Seattle melalui sebuah perwalian. Toby Wright, produser album ketiga Alice in Chains, menyiapkan sistem rekaman rumahan untuknya di sana. Pada tahun 1998, di tengah desas-desus bahwa Staley jarang meninggalkan apartemennya, mengidap gangren, dan telah kehilangan kemampuan untuk menelan makanan dan menjalani diet Ensure, Jerry Cantrell memberi tahu Kerrang! bahwa anggota Alice in Chains secara teratur berkumpul di rumah Staley.Pada 22 Juni 1998, Staley melakukan panggilan telepon ke program radio Rockline dan memberikan wawancara langka saat Cantrell mempromosikan album solo pertamanya, Boggy Depot. Staley menelepon acara itu untuk berbicara dengan Cantrell dan menyatakan bahwa dia menyukai album itu.

Pada bulan Oktober 1998, Staley muncul kembali untuk merekam dua lagu dengan Alice in Chains, "Get Born Again" dan "Died", yang dirilis di box set Music Bank pada tahun 1999. Laporan tambahan tentang kondisi Staley yang memburuk bertahan di tengah sesi. Produser film Dave Jerden — awalnya dipilih oleh band untuk produksi — berkata, "Staley memiliki berat 80 pon… dan berkulit putih seperti hantu." Cantrell menolak untuk mengomentari penampilan penyanyi itu, dan manajer band Susan Silver mengatakan dia tidak melihat penyanyi itu sejak "tahun lalu".

Staley membuat penampilan publik terakhirnya pada 31 Oktober 1998, ketika dia menghadiri konser solo Jerry Cantrell di Seattle. Dia menolak permintaan Cantrell untuk bernyanyi bersamanya di atas panggung. Foto Staley di belakang panggung di acara ini adalah foto terbaru dirinya yang telah dirilis ke publik.

Setelah itu, Staley dianggap telah meninggalkan "pengasingan rock & roll yang dipaksakan sendiri", ketika pada November 1998 ia membuat trek vokal tambahan sebagai bagian dari supergrup bernama Class of '99, menampilkan anggota Rage Against the Machine, Jane Addiction, dan Porno for Pyros.

Pada 19 Juli 1999, program radio Rockline menjadi pembawa acara Cantrell, Inez, dan Kinney untuk diskusi tentang peluncuran Nothing Safe: Best of the Box, ketika, secara tak terduga, Staley dipanggil untuk berpartisipasi. Ini adalah wawancara terakhir Staley.

Dari 1999 hingga 2002, Staley menjadi lebih tertutup dan tertekan,jarang meninggalkan kondominium Seattle-nya; sedikit yang diketahui tentang detail hidupnya selama periode ini. Staley dikabarkan menghabiskan sebagian besar hari-harinya menciptakan seni, bermain video game, atau terkantuk-kantuk pada obat-obatan. Teman sekamar Staley dan teman Morgen Gallagher kemudian mengatakan bahwa sekitar 2001 Staley akan mengikuti audisi untuk Audioslave; Klaim ini kemudian dibantah oleh gitaris Audioslave Tom Morello Melalui.

Ibu Staley, Nancy McCallum, mengatakan kepada The Seattle Times pada tahun 2007 bahwa meskipun diasingkan, dia tidak pernah jauh dari cinta keluarga dan teman-temannya, yang mengisi mesin penjawab dan kotak suratnya dengan pesan dan surat. "Hanya karena dia diisolasi bukan berarti kita tidak memiliki momen manis bersamanya." McCallum juga mengklaim bahwa dia melihat Staley pada Thanksgiving tahun 2001, dan lagi sekitar Hari Valentine 2002, ketika dia mengunjungi bayi saudara perempuannya. Ini terakhir kali McCallum melihat putranya. Sean Kinney mengomentari tahun-tahun terakhir Staley dan masa isolasi:

Itu sampai pada titik di mana dia membuat dirinya begitu terkunci, baik secara fisik maupun emosional. Aku terus berusaha menghubungi ... Tiga kali seminggu, seperti jarum jam, aku akan meneleponnya, tapi dia tidak pernah menjawab. Setiap kali saya berada di daerah itu, saya berada di depan tempatnya berteriak untuknya ... Bahkan jika Anda bisa masuk ke gedungnya, dia tidak akan membuka pintu. Anda akan menelepon dan dia tidak akan menjawab. Anda tidak bisa begitu saja mendobrak pintu dan menangkapnya, meskipun sering kali saya berpikir untuk melakukan itu. Tetapi jika seseorang tidak mau membantu diri mereka sendiri, apa, sungguh, yang dapat dilakukan orang lain?

Penampilan fisik Staley menjadi lebih buruk dari sebelumnya: dia kehilangan beberapa gigi, kulitnya pucat seperti sakit-sakitan, dan dia sangat kurus. Teman dekat seperti Matt Fox berkata, "Jika tidak ada yang mendengar kabar darinya selama berminggu-minggu, itu tidak biasa". Staley semakin terputus dari teman-teman dan rekan bandnya yang berulang kali mencoba memasukkannya ke rehabilitasi, permohonan yang ditolak Staley. Teman dekat Staley, Mark Lanegan berkata, "Dia tidak berbicara dengan siapa pun akhir-akhir ini… Sudah beberapa bulan sejak saya berbicara dengannya. Tetapi bagi kita untuk tidak berbicara selama beberapa bulan adalah setara untuk kursus."

Kematian[sunting | sunting sumber]

Pada 19 April 2002, akuntan Staley menghubungi mantan manajernya, Susan Silver, dan memberitahunya bahwa tidak ada uang yang ditarik dari rekening bank penyanyi itu dalam dua minggu. Silver kemudian menghubungi ibu Staley, Nancy McCallum, yang menelepon 911 untuk mengatakan bahwa dia belum mendengar kabar darinya "dalam waktu sekitar dua minggu". Polisi pergi bersama McCallum dan mantan suaminya, Jim Elmer ke rumah Staley. Dilaporkan bahwa Staley setinggi 1,8 m hanya memiliki berat 86 pon (39 kg) ketika tubuhnya ditemukan. Tubuh Staley sebagian membusuk saat ditemukan. Pemeriksa medis harus mengidentifikasi tubuh dengan membandingkan catatan gigi. Bertahun-tahun kemudian, McCallum mengungkapkan bahwa dua hari sebelum mayat Staley ditemukan, dia pergi ke apartemennya untuk memberi tahu dia tentang kematian saudara laki-laki Demri Parrott, tetapi tidak ada jawaban. Ketika dia mendapat telepon untuk memeriksa putranya dua hari kemudian, dia tidak terkejut karena tidak ada jawaban. Ada beberapa surat di dekat pintu Staley, tetapi kucingnya mengeong dan menurut McCallum, kucing itu belum pernah melakukan itu sebelumnya, yang mengingatkannya. Ketika Staley tidak menjawab, McCallum menelepon 911.Laporan otopsi dan toksikologi pada tubuh Staley mengungkapkan bahwa ia meninggal karena campuran heroin dan kokain, yang dikenal sebagai speedball. Otopsi menyimpulkan bahwa Staley meninggal dua minggu sebelum tubuhnya ditemukan, pada tanggal 5 April — hari yang sama sesama ikon grunge Kurt Cobain meninggal delapan tahun sebelumnya. Kematian Staley diklasifikasikan sebagai "tidak disengaja." Rekan band Alice in Chains dari Staley mengeluarkan pernyataan berikut:

Senang rasanya bisa bersama teman dan keluarga saat kita berjuang untuk menghadapi kehilangan yang sangat besar ini… dan mencoba merayakan kehidupan yang luar biasa ini. Kami mencari semua hal yang biasa: kenyamanan, tujuan, jawaban, sesuatu untuk dipegang, cara untuk membiarkannya pergi dengan damai. Sebagian besar, kami merasa patah hati atas kematian teman cantik kami. Dia adalah pria yang manis dengan selera humor yang tinggi dan rasa kemanusiaan yang dalam. Dia adalah seorang musisi yang luar biasa, inspirasi, dan penghibur bagi banyak orang. Dia membuat musik yang bagus dan menghadiahkannya kepada dunia. Kami bangga telah mengenalnya, menjadi temannya, dan menciptakan musik bersamanya. Selama dekade terakhir, Layne berjuang keras — kami hanya bisa berharap bahwa dia akhirnya menemukan kedamaian. Kami mencintaimu, Layne. Ya ampun. Dan kami akan merindukanmu… tanpa henti.

Pada tahun 2010, dalam sebuah wawancara di Rehab Selebriti VH1 dengan ibu Staley, Nancy McCallum, mantan pemain bas Alice in Chains Mike Starr mengatakan bahwa dia adalah orang terakhir yang melihat Staley hidup dan telah menghabiskan waktu bersamanya sehari sebelum dia meninggal, karena ulang tahun Starr pada tanggal 4 April 2002. Starr menyatakan bahwa Staley sangat sakit tetapi tidak mau menelepon 911. Mereka bertengkar sebentar, yang berakhir dengan serbuan Starr. Starr menyatakan bahwa Staley memanggilnya saat dia pergi dan berkata: "Tidak seperti ini, jangan pergi seperti ini." Sejak Staley diyakini meninggal sehari kemudian, pada 5 April, Starr menyatakan penyesalan karena tidak menelepon 911 untuk menyelamatkan hidupnya. Starr melaporkan bahwa Staley telah mengancam untuk memutuskan persahabatan mereka jika dia melakukannya, dan juga menyatakan bahwa dia berharap dia tidak mabuk benzodiazepin malam itu dan tidak akan keluar begitu saja. Wawancara berakhir dengan Starr meminta maaf kepada McCallum karena tidak menelepon 911, tetapi dia bersikeras bahwa baik dia maupun siapa pun di keluarganya tidak menyalahkan Starr atas kematian Staley. Dia juga memberi tahu Starr: "Layne akan memaafkanmu. Dia akan berkata, 'Hei, aku yang melakukan ini. Bukan kamu.'" Starr masih menyalahkan dirinya sendiri atas kematian Staley. Starr merahasiakan cerita ini sampai penampilannya di Celebrity Rehab pada Februari 2010. Selama wawancara yang sama, McCallum juga mengatakan bahwa Staley telah mencoba rehabilitasi sebanyak 13 kali, meskipun tidak jelas apakah upaya ini dilakukan selama tahun-tahun tertutupnya. Starr Juga ditemukan tewas pada 8 Maret 2011, akibat overdosis obat resep.

Akibat[sunting | sunting sumber]

Sebuah peringatan informal diadakan untuk Staley pada malam 20 April 2002, di Seattle Center, yang dihadiri oleh setidaknya 100 penggemar dan teman, termasuk rekan seband Alice in Chains Cantrell, Starr, Inez dan Kinney, dan vokalis Soundgarden Chris Cornell. Tubuh Staley dikremasi dan upacara peringatan pribadi diadakan untuknya pada tanggal 28 April 2002, di Pulau Bainbridge di Puget Sound Washington. Selama penampilannya di Celebrity Rehab pada 2010, ibu Staley mengatakan dia menyimpan abu putranya di dalam kotak Peringatan pribadi Staley dihadiri oleh keluarga dan teman-temannya, bersama dengan rekan seband Alice in Chains, manajer band Susan Silver dan suaminya Chris Cornell, serta tokoh musik lainnya. Chris Cornell, bergabung dengan Ann dari Heart dan Nancy Wilson, menyanyikan lagu "Wild Horses" dari The Rolling Stones di pemakaman. Mereka juga membawakan lagu The Lovemongers "Sand".

Jerry Cantrell mendedikasikan album solonya, Degradation Trip, dirilis dua bulan setelah kematian Staley, untuk mengenangnya.

Tak lama setelah kematian Staley, orang tuanya Nancy McCallum dan Phil Staley mulai menerima sumbangan dari penggemar di seluruh dunia. Nancy dan Phil bekerja dengan klinik Layanan Kesehatan Terapeutik Seattle untuk menciptakan Layne Staley Memorial Fund untuk membantu pecandu heroin lainnya dan keluarga mereka di komunitas musik Seattle.

Alice in Chains tetap tidak aktif setelah kematian Staley. Selama beberapa tahun berikutnya, band ini menolak untuk tampil bersama untuk menghormati dia. Pada tahun 2005, Cantrell, Kinney, dan Inez bersatu kembali untuk konser amal bagi korban tsunami Samudra Hindia 2004, dengan beberapa vokalis mengisi untuk Staley. Menyusul respon positif, band memutuskan untuk bersatu kembali secara resmi pada tahun 2006. Datang dengan vokalis Fall William DuVall, anggota band tur solo Cantrell yang sering menyanyikan bagian Staley pada lagu Alice in Chains yang dibawakan Cantrell, diumumkan untuk menyanyikan bagian Staley untuk acara reuni. Dalam sebuah wawancara dengan MTV News, Kinney mencatat bahwa band ini akan menggunakan konser reuni untuk memberi penghormatan pada lagu dan Staley. Band ini dulu memiliki jeda untuk memasukkan penghormatan yang difilmkan selama lima menit untuk Staley di antara set. DuVall sejak itu menjadi pengganti penuh waktu Staley di band, berkontribusi pada tiga rilisan full-length.

Tribute dan pengaruh[sunting | sunting sumber]

Billy Corgan dari The Smashing Pumpkins menyatakan bahwa Staley "memiliki suara yang luar biasa yang memiliki kualitas yang begitu indah, sedih, dan menghantui. Dia berbeda karena suaranya yang berat." Lagu "Bleeding The Orchid" dari Album The Smashing Pumpkins 2007 Zeitgeist secara tidak langsung terinspirasi oleh kematian Staley.

Lagu Cold "The Day Seattle Died" dari album tahun 2003 mereka, "Years of the spider" adalah sebuah ode untuk Staley, serta sesama tokoh grunge Kurt Cobain. Pada tahun yang sama Staind menampilkan lagu berjudul "Layne" untuk mengenang penyanyi di album mereka 14 Shades of Grey. Dalam album 2004 mereka Hangover Music Vol. VI, Black Label Society juga memasukkan tribute untuk Staley, berjudul "Layne".

Eddie Vedder, penyanyi utama Pearl Jam, menulis lagu yang memuji Staley, berjudul "4/20/02" (hari ketika Vedder mendengar berita itu).Lagu ini hanya menampilkan nyanyian dan permainan gitar Vedder dengan penyeteman yang terinspirasi ukulele, dan dirilis sebagai track tersembunyi di album sisi-B dan langka Pearl Jam tahun 2003, Lost Dogs, kira-kira empat menit dan dua puluh detik setelah final final. terdaftar lagu, "Bee Girl". Vedder juga memberikan penghormatan kepada Staley selama konser Pearl Jam di Chicago pada 22 Agustus 2016, yang merupakan ulang tahun ke-49 Staley, dan mendedikasikan lagu Man of the Hour untuk mendiang temannya.

Jerry Cantrell mengatakan Staley memberinya kepercayaan diri untuk bernyanyi."Layne benar-benar bertanggung jawab untuk memberiku kepercayaan diri untuk menjadi lebih dari seorang penyanyi. Dia akan berkata, 'Kamu menulis lagu ini, ini berarti bagimu, nyanyikanlah.' Dia menendang pantat saya keluar dari sarang. Selama bertahun-tahun saya terus tumbuh, dan Layne mulai bermain gitar, dan kami saling menginspirasi ".

Sejak 2002, Seattle telah menyelenggarakan konser penghormatan tahunan untuk Staley pada hari ulang tahunnya. Tempat-tempat seperti Teater Moore, The Showbox The Fenix, dan The Crocodile telah menjadi tuan rumah acara tersebut. Hasil pertunjukan menguntungkan Layne Staley Memorial Fund.

Staley berada di peringkat 27 pada daftar majalah Hit Parader dari "100 Vokalis Teratas Sepanjang Masa Heavy Metal" yang diterbitkan pada edisi November 2006, dan di No. 42 pada daftar majalah Kompleks dari "50 Penyanyi Utama Terbaik dari Semua Waktu "pada tahun 2012.

Staley adalah inspirasi untuk judul album 2008 Metallica, Death Magnetic. Band ini merekam lagu sebagai penghormatan kepadanya, berjudul "Rebel of Babylon".

Pada tahun 2009, Alice in Chains merilis album studio pertama mereka dalam 14 tahun, Black Gives Way to Blue, dengan Cantrell dan vokalis baru dan gitaris ritem William DuVall berbagi vokal utama. Judul lagu adalah penghargaan untuk Staley. Cantrell mengundang Elton John untuk bergabung dengan Alice in Chains dan memberi penghormatan kepada Staley yang memainkan piano di "Black Gives Way to Blue", lagu penutup di album. Lagu itu ditulis dan dinyanyikan oleh Cantrell, yang menggambarkannya sebagai perpisahan band dengan Staley. Konser pertama yang dihadiri Staley adalah Elton John dan dia terpesona olehnya. Menurut Cantrell, seni sampul album yang menampilkan hati dikelilingi oleh latar belakang hitam terinspirasi oleh fakta bahwa anggota band patah hati karena kehilangan Staley. Mantan rekan band Staley juga berterima kasih padanya di catatan liner album

Pada 6 September 2011, Hank Williams III merilis album Attention Deficit Domination dan mendedikasikannya untuk Staley.

Rekan seband Alice in Chains dari Staley telah menyatakan bahwa salah satu aspek paling menyedihkan dari warisannya adalah mendengar dia diingat terutama karena penggunaan narkoba daripada aspek lain dari kepribadiannya. Kinney dan Cantrell juga mengungkapkan rasa frustrasi mereka atas Grammy yang mengabaikan Staley selama penghormatan tahunan mereka kepada musisi yang telah meninggal dalam setahun terakhir.

Pada tahun 2013, drummer Alice in Chains, Sean Kinney, menambahkan inisial "LSMS" pada drum kitnya, sebuah penghormatan kepada Staley dan mantan bassis band, Mike Starr, yang meninggal pada tahun 2011. Video musik untuk single 2013 Alice in Chains, "Voices", menampilkan gambar Staley di samping foto vokalis Nirvana, Kurt Cobain, pada Menit 2:20.

Sejak Alice in Chains bersatu kembali, Jerry Cantrell mulai memberikan penghormatan kepada Staley sebelum membawakan lagu "Nutshell". Sejak 2011, Cantrell memberikan penghormatan kepada Staley dan Mike Starr sebelum membawakan lagu tersebut di konser

Pada April 2017, Nancy Wilson mengungkapkan bahwa dia mulai menulis lagu "The Dragon" untuk Staley di tahun 90-an. Lagu tersebut direkam pada tahun 2016 dan merupakan bagian dari EP band baru Wilson, Roadcase Royale, yang dirilis pada tahun 2017.

William DuVall mengungkapkan bahwa dia sedang memikirkan Staley, neneknya dan almarhum vokalis Soundgarden Chris Cornell saat menulis lagu Alice in Chains "Never Fade", dari album 2018 mereka, Rainier Fog. Judul lagu album, yang ditulis oleh Cantrell, sebagian merupakan penghormatan kepada Staley dan Mike Starr.

Hari Layne Staley di Seattle[sunting | sunting sumber]

Pada 22 Agustus 2019, yang merupakan ulang tahun ke-52 Staley, walikota Seattle Jenny Durkan secara resmi menyatakan hari itu sebagai "Layne Staley Day" di kota itu untuk menghormati kontribusi Staley pada dunia musik. Hari itu juga merupakan seruan untuk memperhatikan Layne Staley Memorial Fund, yang didirikan oleh orang tuanya pada tahun 2002.[18]

Buku[sunting | sunting sumber]

Dua biografi tentang Staley telah ditulis, keduanya ditulis oleh Adriana Rubio — Layne Staley: Angry Chair yang dirilis pada tahun 2003, yang berisi dugaan wawancara terakhir tentang Staley yang diklaim Rubio dilakukan kurang dari tiga bulan sebelum kematiannya.dan Layne Staley: Get Born Again , dirilis pada 2009, versi revisi dan pembaruan dari buku sebelumnya.[19]

Keluarga Staley telah mempermasalahkan pekerjaan Rubio, menyatakan mereka tidak percaya dia mewawancarainya pada tahun 2002. Wawancara terakhir Staley adalah untuk radio Rockline pada 19 Juli 1999, mempromosikan rilis album kompilasi Nothing Safe: Best of the Box dengan anggota lain dari Alice in Chains. Isi buku Rubio, termasuk yang dia sebut sebagai wawancara terakhir Staley, dipertanyakan dalam buku jurnalis David De Sola 2015 Alice in Chains: The Untold Story.[20] De Sola tidak hanya mempertanyakan isi wawancara, yang menggambarkan Staley menggunakan liriknya dalam percakapan biasa, tetapi juga menunjukkan bahwa Rubio tidak pernah berbicara dengannya, dengan alasan penolakannya untuk merilis rekaman wawancara tersebut dan fakta bahwa penerbitnya pun tidak. memiliki akses ke rekaman itu. Salah satu saudara perempuan Staley, Liz Coats, juga meragukan kebenaran buku itu.

Staley ditampilkan di buku Grunge Is Dead: The Oral History of Seattle Rock Music (2009) oleh Greg Prato.[21] dan Everybody Loves Our Town: An Oral History of Grunge. oleh Mark Yarm. Kedua buku tersebut mengeksplorasi sejarah grunge secara rinci dan menyentuh kehidupan dan kematian Alice in Chains dan Staley melalui wawancara dengan ibu Staley, teman dan rekan band, termasuk Cantrell, Kinney, Starr dan Inez.[22][23]

Pada Agustus 2015, jurnalis David de Sola merilis biografi Alice in Chains: The Untold Story, yang sebagian besar berfokus pada Staley dan menampilkan wawancara dengan teman dan kerabatnya; anggota Alice in Chains yang masih hidup tidak ikut serta dalam wawancara untuk buku ini.[24][25]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Alice in Chains[sunting | sunting sumber]

Staley muncul di semua rilisan Alice in Chains dari We Die Young hingga lagu "Died", kemudian mengambil bagian dalam penerbitan ulang dan kompilasi yang berisi materi dari masanya di band.

Title Album details Band Notes
Desire Walks On
  • Rilis: November 16, 1993
  • Label: Capitol
Heart Vokal tamu di lagu "Ring Them Bells".
Above Mad Season U.S. #24, Gold
Working Class Hero: A Tribute to John Lennon Vokal di "I Don't Wanna Be a Soldier".
L.O.V.Evil
  • Rilis: Desember 15, 1995
  • Label: Red Rocket
Second Coming Vokal tamu di lagu "It's Coming After".
The Faculty: Music from the Dimension Motion Picture
  • Rilis: Desember 8, 1998
  • Label: Sony
Class of '99 Vokal di Another Brick in the Wall Part 1, Part 2"

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Alice in Chains". Musicmight. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 10, 2009. Diakses tanggal April 5, 2018. 
  2. ^ Goodman, William (April 4, 2013). "Pearl Jam's Mike McCready on "Powerful" Mad Season Reissue: "I Started Crying"". Fuse.tv. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 17, 2013. Diakses tanggal February 24, 2019. 
  3. ^ "Newly Unearthed Alice In Chains Footage Shows Band In Its Glam Metal Days". Metal Injection. February 25, 2015. Diakses tanggal February 27, 2016. 
  4. ^ de Sola, David (August 4, 2015). Alice in Chains: The Untold Story. Thomas Dunne Books. hlm. 7. ISBN 978-1250048073. 
  5. ^ a b de Sola, David (July 22, 2017). "The Origin of Layne Staley's Middle Name". DavidDeSola.com. Diakses tanggal August 17, 2017. 
  6. ^ "Layne Staley's legacy, through his mother's eyes". Northwest Music Scene. July 20, 2017. Diakses tanggal April 5, 2018. 
  7. ^ Scanlon, Tom (August 24, 2007). "Alice in Chains singer's legacy lives on through music". The Seattle Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 10, 2015. Diakses tanggal April 5, 2018. 
  8. ^ "Interview: Layne Staley's Mom Nancy Mccallum Talks Layne's Childhood, Unreleased Music & Final Days". Alternative Nation. August 3, 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-05-10. Diakses tanggal August 4, 2017. 
  9. ^ McFarlane, Ian (1991). "Alice in Chains: Love, Sex, Pain And Suffering...". 
  10. ^ "Alice in Chains – "Nothing Safe" Rockline Interview, Jul 19. 1999". Diakses tanggal August 22, 2017. 
  11. ^ Jake Brown, Alice in Chains, SCB Distributors, 2010
  12. ^ "Alice In Chains - 10-28-93 Layne Staley Guest Programming Rage". Diakses tanggal May 4, 2018. 
  13. ^ Diamond, King. "King Diamond pictures". Chips & Beer Magazine #2. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 13, 2013. Diakses tanggal 2013-11-13. 
  14. ^ Cross, Charles R. (June 6, 2002). "The Last Days of Layne Staley". Rolling Stone (897). hlm. 21. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 19, 2018. 
  15. ^ "Layne Staley's 80s Glam Metal Hair Band "Sleze"". Feel Numb. March 4, 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-02-08. Diakses tanggal July 22, 2017. 
  16. ^ Music Bank. Alice in Chainz. Columbia Records. 1999. 69580. 
  17. ^ de Sola, David (August 4, 2015). Alice in Chains: The Untold Story. Thomas Dunne Books. hlm. 22. ISBN 978-1250048073. 
  18. ^ Headley, Janice (August 22, 2019). "Seattle Mayor Jenny Durkan Proclaims August 22, 2019 as Layne Staley Day". KEXP. 
  19. ^ "Alice in Chains: 'Layne Staley' Biography Used By Social Workers And Drug Counselors". Roadrunnerrecords.com. September 3, 2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 28, 2007. Diakses tanggal July 28, 2014. 
  20. ^ David de Sola (December 16, 2011). "Setting the Alice in Chains Record Straight". Diakses tanggal July 18, 2017. 
  21. ^ "'Grunge Is Dead' - An Interview with Greg Prato". UGO Entertainment. April 29, 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 1, 2011. Diakses tanggal August 23, 2019. 
  22. ^ Prato, Greg (December 15, 2010). Grunge Is Dead: The Oral History of Seattle Rock Music. ISBN 9781554903474. Diakses tanggal April 5, 2018. 
  23. ^ "Everybody Loves Our Town". Pitchfork. January 25, 2012. Diakses tanggal August 23, 2019. 
  24. ^ "Alice in Chains – The Untold Story". daviddesola.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 22, 2018. Diakses tanggal August 23, 2018. 
  25. ^ "'Alice in Chains: The Untold Story': Entire First Chapter Posted Online". Blabbermouth. August 2, 2015. Diakses tanggal August 23, 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]