Layanan Meteorologi Selandia Baru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Metservice Logo 2018.svg

Meteorological Service of New Zealand Limited (MetService - Te Ratonga Tirorangi) didirikan sebagai badan usaha milik negara pada tahun 1992. Ia mempekerjakan sekitar 300 staf dan kantor pusatnya berada di Wellington, Selandia Baru. Sebelum menjadi BUMN, layanan meteorologi nasional Selandia Baru telah ada dalam berbagai bentuk sejak penunjukan Direktur Stasiun Meteorologi pertama di negara itu pada Agustus 1861.

Kantor pusat MetService terletak di Wellington Botanic Garden, di pinggiran Kelburn yang menghadap ke kawasan pusat bisnis kota.

Sebagai layanan meteorologi nasional Selandia Baru, MetService memproduksi dan mengeluarkan prakiraan cuaca dan peringatan cuaca resmi atas nama Kementerian Transportasi Selandia Baru dan disertifikasi oleh Otoritas Penerbangan Sipil Selandia Baru.

Bisnis media, penerbangan, dan energi internasional dilakukan di bawah merek MetraWeather.

MetService telah disertifikasi dengan standar ISO 9001 sejak November 1995


SEJARAH[sunting | sunting sumber]

Layanan prakiraan cuaca dimulai pada tahun 1861, ketika serentetan bangkai kapal mendorong Pemerintah untuk memulai layanan peringatan badai sebagai bagian dari Departemen Kelautan.

Perkiraan tetap menjadi layanan kelautan sampai 1926, ketika itu menjadi bagian dari Departemen Riset Ilmiah dan Industri yang baru dibentuk. Saat pecahnya Perang Dunia Kedua pada tahun 1939, peramalan menjadi bagian dari Royal New Zealand Air Force. Fokus pada penerbangan dilanjutkan dengan perpindahan pada tahun 1964 ke Departemen Penerbangan Sipil, yang pada tahun 1968 menjadi bagian dari "kementerian super" baru, Kementerian Transportasi.

Selama tahun 1980-an, ada tekanan yang meningkat pada pendanaan pemerintah untuk meteorologi di Selandia Baru, bersama dengan gerakan pemerintah secara luas ke "pembayaran pengguna" untuk layanan khusus, dan ke otonomi dan akuntabilitas yang lebih besar untuk departemen pemerintah. Kombinasi persaingan komersial di pasar deregulasi untuk layanan meteorologi dan reformasi sains yang didanai publik mengarah pada pembentukan MetService sebagai perusahaan milik negara pada 1 Juli 1992.

Pada tahun 2013, MetService berinvestasi pada 49% kepemilikan saham di MetOcean Solutions Limited, sebuah perusahaan layanan oseanografi Selandia Baru. MetOcean adalah perusahaan mapan yang mengkhususkan diri dalam analisis oseanografi untuk penelitian dan prakiraan untuk berbagai tujuan, termasuk pelabuhan, industri minyak & gas lepas pantai, dan peselancar

Pada awal September 2020, situs web Metservice berada di bawah gelombang serangan penolakan layanan terdistribusi yang juga menargetkan bank New Zealand Exchange, Stuff, Radio New Zealand dan Westpac.

Organisasi Meteorologi Dunia[sunting | sunting sumber]

Layanan meteorologi dan hidrologi nasional dunia bekerja sama dengan Organisasi Meteorologi Dunia (WMO), sebuah badan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa. Sebagai bagian dari WMO World Weather Watch, MetService mengirimkan data pengamatan yang dikumpulkan dari wilayah Selandia Baru ke negara anggota WMO lainnya di seluruh dunia. Ini digunakan sebagai input untuk model komputer cuaca di pusat prediksi cuaca numerik utama dunia.

MetService mengoperasikan jaringan pengumpulan data di Selandia Baru. Ini sesuai dengan standar internasional yang diakui sebagaimana ditentukan oleh WMO di seluruh Selandia Baru. Secara khusus, data dikumpulkan melalui:

Pengamatan permukaan di Selandia Baru Pengamatan udara atas menggunakan berbagai sarana peralatan darat, pesawat terbang, radar cuaca Kapal pengamat sukarela Jaringan pelampung apung di Laut Tasman. Norm Henry, Manajer Umum Sains dan Strategi, saat ini adalah perwakilan permanen Selandia Baru di WMO.