Lawe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Lawe adalah nama sebuah gunung yang merupakan bukit wisata dan bumi perkemahan yang terletak di desa Kendaga, Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara. Gunung Lawe memiliki bentuk unik seperti unta dan dapat terlihat ke arah utara dari kota Banjarnegara, dan dari atas puncak gunung Lawe orang dapat melihat pemandangan seluruh penjuru Banjarnegara yang indah.

Wisata pendakian[sunting | sunting sumber]

Gunung Lawe oleh masyarakat Banjarnegara sudah dikenal sebagai ajang wisata pendakian gunung, yang lumayan "enak" untuk didaki. Disamping akses yang mudah ke wilayah pendakian, tinggi gunung juga tidak terlalu melelahkan untuk didaki.

Jalur pendakian utama yang paling mudah adalah melalui desa Kendaga, jalur utama kendaraan jurusan Banjarnegara - Karangkobar. Dari pusat kota kurang lebih hanya memakan waktu 20 menit, pendaki bisa turun di pintu gerbang pendakian di desa Kendaga. Dan untuk mendaki gunung berbatu ini, hanya dibutuhkan waktu lebih kurang 1 jam dari bawah untuk sampai ke puncaknya, sebuah pendakian yang cukup dapat dinikmati oleh pendaki pemula, bahkan oleh sebuah keluarga secara bersama sama, baik laki laki maupun perempuan.

Di puncak pendakian, para pengunjung dapat melihat pemandangan wilayah kota Banjarnegara yang terhampar luas dari pusat kota hingga kecamatan-kecamatan di sebelah barat. Bendungan Jendral Sudirman atau lebih dikenal dengan sebutan "Waduk Mrican", terlihat jelas dari puncak gunung. Demikian pula aliran sungai Serayu, sungai Mrawu dan hamparan persawahan.

Koordinat: 7°19′52″LS 109°42′16″BT / 7,331083°LS 109,704494°BT / -7.331083; 109.704494

Pranala luar[sunting | sunting sumber]