Latinus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gambar Latinus oleh Guillaume Rouillé dalam Promptuarii Iconum Insigniorum.
Gambar Latinus, dicetak oleh Wenceslas Hollar, tahun 1607-1677.

Latinus (bahasa Latin: Latinus) atau Latinos (bahasa Yunani Kuno: Λατῖνος, translit. Latínos) adalah seorang tokoh dalam mitologi Romawi dan Yunani. Dia sering dikaitkan dengan pahlawan Perang Troya, yaitu Odisseus dan Aineias. Meskipun kemunculannya dalam Aeneis tidak dapat disesuaikan dengan perannya dalam mitologi Yunani, kedua gambar tersebut tidak begitu berbeda, tetapi tidak dapat dilihat sebagai satu karakter.

Mitologi[sunting | sunting sumber]

Yunani[sunting | sunting sumber]

Dalam puisi Hesiodos berjudul Theogonia,[1] Latinus merupakan putra dari Odisseus dan Kirke yang memerintah Tirenia, mungkin orang Etruria, dengan saudara-saudaranya Ardeias dan Telegonos. Latinus juga beberapa kali dicantumkan oleh banyak penulis selanjutnya, sebagai putra dari Pandora II dan saudara laki-laki dari Graikos,[2] meskipun menurut Hesiodos, Graikos memiliki tiga saudara laki-laki, Hellen, Magnetas, dan Makedon. Hellen adalah ayah dari Doros, Xouthos, and Aiolos. Kemungkinan saudara kandung Latinus adalah Melera dan Pandoros.[3]

Romawi[sunting | sunting sumber]

Dalam mitologi Romawi (terutama wiracarita Vergilius berjudul Aeneis), Latinus, atau Lavinius, adalah raja suku Latin. Dia kadang-kadang dijelaskan sebagai putra dari Faunus dan Marica, ayah dari Lavinia, dan suami dari Amata. Dia menjadi tuan rumah pasukan Aineias dari Troya yang diasingkan dan menawarkan mereka kesempatan untuk mengatur kembali kehidupan mereka di Latium. Amata berharap putrinya, Lavinia dijodohkan dengan Turnus, raja dari Rutuli, tetapi Latinus dan para dewa bersikeras bahwa dia memberikannya sebagai gantinya kepada Aineias.[4] Akibatnya, Turnus menyatakan perang terhadap Aineias dan terbunuh dua minggu dalam pertempuran. Ascanius, putra dari Aineias, kemudian mendirikan Alba Longa dan menjadi raja pertama.

Versi ini tidak cocok dengan versi Yunani: Perang Troya baru berakhir delapan tahun sebelumnya, dan Odisseus baru bertemu Kirke beberapa bulan kemudian, jadi setiap putra dari pasangan tersebut baru berusia tujuh tahun, sedangkan Latinus dalam versi Romawi memiliki putri dewasa saat itu. Latinus Romawi dalam Aeneis merupakan putra Faunus, adalah orang yang sama sekali berbeda dari Latinus dalam versi Yunani, putra dari Kirke dan Odisseus.

Silsilah keluarga[sunting | sunting sumber]

AnkhisesVenusLatinusAmata
CreusaAineiasLavinia
IulusAscanius
Silvius
Aeneas Silvius
Latinus Silvius
Alba (Silvius)
Atys
Capys
Capetus
Tiberinus
Agrippa
Romulus Silvius
Aventinus
Proca
NumitorAmulius
Rhea SilviaMars
HersiliaRomulusRemus
Prima

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lines 1011–1016.
  2. ^ Ioannes Lydus, De Mensibus 1.13
  3. ^ Pseudo-Clement, Recognitions 10.21
  4. ^ Robin Hard; H. J. Rose (2004). The Routledge Handbook of Greek Mythology: Based on H.J. Rose's "Handbook of Greek Mythology". Psychology Press. hlm. 590–. ISBN 978-0-415-18636-0. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Gelar kebangsawanan
Jabatan baru Raja Alba Longa
1217-1180 SM
Diteruskan oleh:
Aineias