Larungan Risalah Doa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Larungan Risalah Doa.

Larungan Risalah Doa adalah salah satu acara rangkaian Grebeg Suro yang dilaksanakan setiap tahun di Ponorogo. Pada dasarnya acara ini terdiri atas larung sesaji dan risalah doa yang dilaksanakan di Ngebel.[1]

Acara ini dilaksanakan sebagai rangkaian puncak perayaan Grebeg Suro Kabupaten Ponorogo. Biasanya dilaksanakan di Pendopo Telaga Ngebel Kabupaten Ponorogo. Acara ini yang biasa disebut dengan Larung Sesaji dan Risalah Doa tidak lain merupakan bentuk rasa syukur masyarakat Ponorogo atas keselamatan dan keberkahan atas satu tahun yang telah terlewati. Acara ini mampu menyedot perhatian wisatawan baik itu wisatawan lokal hingga mancanegara.

Tarian khusus sebelum mengarak tumpeng raksasa dan delapan buceng kecil mengelilingi Telaga Ngebel.

Tak lupa acara ini dibuka dengan hiburan tari-tarian dari masyarakat sekitar, yaitu dari Kecamatan Ngebel yang diikuti dengan prosesi penyerahan Tumpeng Agung dan Buceng Purak yang akan diarak mengelilingi telaga sebelum akhirnya dilarung ke dalam Telaga Ngebel. Acara ini tak lupa dihadiri oleh masyarakat sekitar yang memenuhi area acara. Tak ketinggalan Bupati, pejabat setempat juga hadir pada acara puncak ini.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Zaenuddin, Dundin; Indonesia, Lembaga Ilmu Pengetahuan (2008). Budaya kewargaan komunitas Islam di daerah aman dan rentan konflik. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. ISBN 9789797993597.