Larry Page

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Larry page)

Larry Page
Page pada tahun 2009
Lahir26 Maret 1973 (umur 51)
Lansing, Michigan, Amerika Serikat
PekerjaanPendiri dan Chief Executive Officer/CEO Google LLC
Kekayaan bersihPenurunan$122 miliar (2021)[1]
Suami/istriLucinda Southworth

Lawrence Edward Page (lahir 26 Maret 1973) adalah salah satu pendiri dari mesin pencari internet Google bersama Sergey Brin. Sejak 4 April 2011, ia menjabat sebagai Chief Executive Officer/CEO di Google Inc. menggantikan Eric Schmidt.

Masa muda dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Larry Page dilahirkan di Lansing, Michigan, ayahnya Carl Page dan ibunya, Gloria, adalah seorang Yahudi dan profesor Ph.D. di bidang Komputer Sains di Universitas Negeri Michigan.

Page adalah seorang lulusan dari East Lansing High School. Page memperoleh gelar Bachelor of Science dalam teknik komputer dari Universitas Michigan dengan pujian dan seorang lulusan Master dari Universitas Stanford di Amerika Serikat.

Karier[sunting | sunting sumber]

Ketika menjadi seorang siswa di program Ph.D. ilmu komputer Universitas Stanford, Page bertemu Sergey Brin. Pada awalnya mereka merasa tidak cocok. Hal ini disebabkan karena perbedaan dari setiap topik yang mereka bicarakan. Namun, pada akhirnya mereka memiliki ketertarikan yang sama yaitu mengenai mesin pencari (search engine). Bersama mereka menjalankan mesin pencari Google, yang mulai beroperasi pada 1998. Google didasarkan pada teknologi PageRank yang telah dipatenkan, yang mendasarkan pada struktur link – link antar situs web untuk menentukan peringkat suatu situs tertentu. Page masih tetap on leave dari program Ph.D.

Ketika di universitas, dia membuat mesin cetak inkjet dari potongan-potongan balok Lego.

Page menjalankan Google sebagai presiden bersama dengan Brin sampai 2001, ketika mereka merekrut Eric Schmidt untuk menjadi ketua umum dan CEO Google. Page sekarang menjalankan Google sebagai tritunggal bersama dengan Brin dan Schmidt.

Menurut Forbes, Page mempunyai perkiraan kekayaan bersih sebesar AS$12,8 miliar, membuatnya orang nomor 27 terkaya di dunia (satu tempat di belakang pendiri lain Google, Sergey Brin). Pada September 2005 dia dan pendiri Google lainnya, Sergey Brin, membeli sebuah pesawat penumpang yang sangat besar, sebuah Boeing 767, untuk penggunaan pribadi mereka.

Di bulan April 2021, Bloomberg Billionaire Index menyebutkan bahwa Larry Page mempunyai kekayaan melebihi AS$100 milyar. Kekayaan Page meningkat pesat setelah terjadinya pandemi COVID-19. Perusahaan induk Google yaitu Alphabet, menjelaskan bahwa peningkatan performa perusahaan terjadi karena lebih banyaknya orang yang mengakses YouTube dan Google Search. Dan meningkatnya performa perusahaan ini telah menambah kekayaan Page sebesar $21 miliar dalam waktu empat bulan di awal tahun 2021.[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Larry Page". Bloomberg Billionaires Index (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 13 Oktober 2021. 
  2. ^ Dean, Grace. "Google founders Larry Page and Sergey Brin are now worth more than $100 billion, making them 2 of only 8 centibillionaires in the world". Business Insider (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 19 April 2021.