Laringospasme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Pita suara

Laringospasme adalah kejang singkat dari pita suara yang sementara membuat sulit untuk berbicara atau bernapas.[1] Seringkali penyebabnya tidak dapat diketahui.[1] Tapi laringospasme dapat dikaitkan dengan penyakit refluks gastroesofagus (GERD).[1] Laringospasme terjadi pada GERD karena ketika cairan perut yang mendorong tenggorokan dan membuat kontak dengan pita suara kemudian menyebabkan pita suara tersebut kejang.[1] Gejala spasme laring mirip dengan orang-orang dengan penyakit asma, yaitu suatu kondisi paru-paru yang mengakibatkan seseorang sulit bernapas.[1] Eksposur rutin dari asam lambung dapat merusak dan mengobarkan lapisan halus kerongkongan.[2] Kerusakan ini dapat menyebabkan kejang sesaat dari pita suara, yang menutup jalan napas dan mencegah udara dan oksigen dari masuk ke paru-paru.[2] Ketika asam lambung mencapai laring, kondisi ini disebut refluks laryngopharyngeal (LPR).[2] Jaringan laring bahkan lebih halus dan rentan terhadap cedera dari kerongkongan. Batuk karena pilek dapat mendorong lebih asam ke dalam laring.[2] Jadi infeksi pernafasan baru atau saat ini atas dapat meningkatkan kemungkinan mengembangkan laringospasme.[2]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e (Inggris) Edward C. Rosenow III, M.D. "What causes laryngospasm?". Diakses tanggal June 27 2014.  Periksa nilai tanggal di: |accessdate= (bantuan)
  2. ^ a b c d e (Inggris) "Laryngospasm: Causes, symptoms and treatments". Diakses tanggal June 27 2014.  Periksa nilai tanggal di: |accessdate= (bantuan)