Lapis Satricanus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lapis Satricanus
Isi Lapis Satricanus

Lapis Satricanus (berarti "Batu Satricum" dalam bahasa Latin), adalah sebuah prasasti berbentuk batu berwarna kuning yang ditemukan di reruntuhan kota kuno Satricum, dekat Borgo Montello (41°31′N 12°47′E / 41.517°N 12.783°E / 41.517; 12.783), sebuah desa di Lazio selatan. Prasasti ini kira-kira dibuat pada akhir abad ke-6 hingga 5 SM.[1] Prasasti ini ditemukan pada tahun 1977 selama penggalian oleh C.M. Stibbe.[1][2] Prasasti ini tertulis:

(?)IEI STETERAI POPLIOSIO VALESIOSIO
SVODALES MAMARTEI[3]

(berarti: "(?) mempersembahkan ini, sebagai sahabat Publius Valerius, untuk Mars")

Prasasti Lapis Satricanus menarik perhatian banyak para ahli bahasa karena beberapa alasan. Bahasa yang ditulis pada prasasti tersebut telah diidentifikasi sebagai Latin Kuno atau bahasa serumpun terdekatnya.[4] Isi prasasti tersebut sangat penting untuk perbandingan antar tata bahasa Indo-Eropa, karena merupakan satu-satunya prasasti berbahasa Latin yang menunjukkan akhiran -osio untuk kasus genitivus tunggal dari deklinasi kata benda tematik. Bentuk bahasa Latin setelahnya kemudian memiliki sebagai akhiran untuk kasus tata bahasa ini, tetapi jika dibandingkan dengan bahasa Sanskerta, Yunani Mikenai, Yunani Homeros, dan kebanyakan bahasa Indo-Eropa Kuno lainnya, sangat jelas bahwa -osio merupakan akhiran yang sangat arkais.[5]

Hal lain yang sangat berbeda dalam bahasa Latin umumnya yaitu terdapat kata suodales (bandingkan dengan sodales dalam bahasa Latin Klasik). Dalam sejarah, kata ini merujuk pada anggota sodalitas, persaudaraan atau perkumpulan agama yang bertemu untuk perjamuan atau sebagai upacara pemakaman. "Karena elemen suod- dalam suodales berkerabat dengan kata 'swear' dalam bahasa Inggris", kutipan oleh Gary Forsythe, "istilah tersebut menunjukkan bahwa beberapa jenis sumpah diambil, mengikat anggota kelompok bersama-sama dalam tujuan yang sama." Forsythe menggunakan ini dan bahwa ini adalah persembahan ke Mars untuk menunjukkan bahwa ini menunjukkan keberadaan kelompok bersenjata pengikut tersumpah, mirip dengan "kelompok perang yang dipimpin oleh pahlawan Homeros, sahabat aristokrat yang suka berperang dari raja-raja Makedonia selama Zaman Klasik, dan kelompok perang yang mengelilingi kepala suku Kelt dan Jermanik yang digambarkan oleh Caesar dan Tacitus".[6] Forsythe mencatat bahwa ini memberi penerangan baru pada kisah Pertempuran Cremera, sebuah peristiwa di mana seluruh gens Fabia bertempur sebagai kelompok orang-orang bersenjata dari kota saingan Veii hanya untuk dikalahkan secara tragis.[7]

Hal ketiga yang menarik bagi sejarawan dan arkeolog dari Latium awal adalah nama yang disimpan pada prasasti tersebut.[8] Nama kuno Poplios Valesios diterjemahkan ke dalam bahasa Latin Klasik sebagai "Publius Valerius". Hal itu tak terhindarkan menimbulkan spekulasi bahwa prasasti tersebut tidak lain mengacu pada Publius Valerius Publicola, seorang patricius (bangsawan) yang bersekutu dengan Lucius Junius Brutus yang mendominasi daftar konsul awal yang dicatat oleh Fasti Capitolini, dan ditulis dalam catatan tradisional sebagai salah satu pendiri utama Republik Romawi. Identifikasi positif setidaknya agak bermasalah karena kota Satricum bukan bagian dari wilayah Romawi ketika Publius Valerius menjadi konsul. Namun, "Lapis" itu sendiri mungkin tidak dipersembahkan di Satricum sejak pertama kali ditemukan sebagai bagian dari kumpulan bahan daur ulang yang digunakan dalam pembangunan kuil di kota, dan mungkin saja dibeli dari tempat lain.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b C. M. Stibbe (1980). Lapis Satricanus. Ministerie van Cultuur, Recreatie en Maatschappelijk Werk. ISBN 978-90-12-02951-3. 
  2. ^ lihat artikel dalam Wikipedia Belanda.
  3. ^ CIL I2 2832a
  4. ^ Philip Baldi (January 2002). The Foundations of Latin. Walter de Gruyter. hlm. 204–. ISBN 978-3-11-017208-9. 
  5. ^ Robert Stephen Paul Beekes (2011). Comparative Indo-European Linguistics: An Introduction. John Benjamins Publishing. ISBN 90-272-1185-X. 
  6. ^ Forsythe, A Critical History of Early Rome (Berkeley: University of California, 2005), p. 199
  7. ^ Forsythe, A Critical History, p. 198
  8. ^ Jeremy Armstrong (8 April 2016). War and Society in Early Rome. Cambridge University Press. hlm. 144–. ISBN 978-1-107-09357-7. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]