Lanjaan Jonaha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Permainan Lanjaan Johana merupakan permainan yang berasal dari Langkat, Melayu. Permainan ini membutuhkan pemikiran yang serius, dapat menghibur, dan menyenangkan. Alat yang digunakan untuk permainan ini berupa lanja (alat pikul) yang terbuat dari papan. Papan ini berukuran panjang 60 cm, lebar 6 cm, dan tebal 1 cm. pada ujung-ujung papan terdapat ukiran ornamen yang dikenal dengan "Bohi-bohi" atau disebut wajah manusia yang mengandung arti persatuan dan kesatuan. [1]

Cara bermain[sunting | sunting sumber]

Permainan Lanjaan Johana ini dimainkan dengan cara memindahkan potongan bambu secara berganti ke kiri dan kekanan. Potongan bambu ini dapat dipindahkan dua atau tiga sekaligus. Pemain yang tercepat memindahkan potongan bambu tersebut akan mempunyai nilai satu. Pemain yang paling banyak mengumpulkan nilai, maka dialah pemenangnya. Bagi yang kalah, akan mendapatkan hukuman, misalnya menggendong yang menang, dan lain-lain.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hamzuri (1998). Permainan Tradisional Indonesia. Jakarta: Direktorat Permuseuman Direktorat Jenderal Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. hlm. 32.