Landsknecht

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Landsknechte, sketsa yang dibuat oleh Daniel Hopfer, sekitar tahun 1530

Landsknechte (atau Landsknecht), yang berarti "abdi daratan", merupakan pasukan sewaan berseragam warna-warni dengan reputasi tinggi yang mengambil alih peninggalan pasukan Swiss; Dan menjadi sebuah kekuatan militer yang penting di akhir abad ke-15 dan sampai abad ke-16 di Eropa. Pasukan ini sebagian besar merupakan gabungan tentara bayaran bersenjatakan tembiang dari Jerman dan Swiss, dan membantu pasukan bawahan. Mereka berhasil mendapatkan reputasi untuk menjadi pasukan sewaan universal di Eropa modern awal.[1][2]

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Istilah tersebut berasal dari bahasa Jerman Land (tanah atau negara) dan Knecht (abdi, berasal dari 'knight'), direkam dari sekitar 1480. Kati tesbt awalnya dibalikkan oleh Peter von Hagenbach dan dimaksudkan untuk menyebut pasukan Swabia yang merupakan bagian dari Kekaisaran Romawi Suci yang berlawanan dengan tentara bayaran Swiss. Pada awal 1500, kesalahan pengejaan Lanzknecht menjadi lumrah karena asosiasi dengan kata Lanze takni "lance" (ganjur).

Istilah Landser secara langsung berasal dari kata Landsknecht, seperti nama kartu permainan Perancis Lansquenet.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Landsknechts, Author: Douglas Miller, Publisher: Osprey Publishing, Great Britain, 1976, ISBN 0850452589.
  2. ^ Landsknecht Soldier 1486-1560, Author: John Richards, Publisher Osprey Publishing, Great Britain, 2002, ISBN 1841762431.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]