Landnámabók

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Salah satu lembar manuskrip yang disimpan di Reykjavík, Islandia.

Landnámabók (pengucapan bahasa Islandia: [ˈlantnaumaˌpouk], “Buku Pemukiman”), seringkali disingkat Landnáma, adalah karya tertulis Islandia dari abad pertengahan yang mendeskripsikan proses pemukiman (landnám) Islandia oleh orang-orang Nordik pada abad ke-9 dan 10.

Landnámabók terbagi menjadi lima bagian dan lebih dari 100 bab. Bagian pertama berkisah tentang pendirian koloni di pulau ini. Bagian-bagian akhir menceritakan kisah para pemukim, peristiwa-peristiwa penting yang pernah terjadi dan sejarah keluarga hingga abad ke-12. Buku ini mendeskripsikan lebih dari 3.000 orang dan 1.400 permukiman. Kadang-kadang terdapat pula cerita pendek yang seperti anekdot. Landnámabók mendaftarkan 435 orang sebagai pemukim pertama dan sebagian besar di antara mereka menetap di bagian utara dan barat daya pulau.

Buku ini merupakan sumber sejarah dan genealogi penting dalam sejarah bangsa Islandia. Beberapa ahli meyakini bahwa buku ini ditulis oleh satu oran saja, sementara yang lain merasa bahwa isi buku ini dikumpulkan selama pertemuan di Thing (majelis).

Terdapat lima versi Landnámabók yang masih bertahan:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]