Lampulung, Pammana, Wajo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lampulung
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiSulawesi Selatan
KabupatenWajo
KecamatanPammana
Kodepos90971
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Lampulung adalah salah satu desa di kecamatan Pammana, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Desa Lampulung terbagi atas tiga dusun, yaitu dusun Tosampa, dusun Padaelo, dan dusun Palattae. Desa Lampulung dibatasi oleh danau Lampulung dan sungai Walennae. Ibu kota desa Lampulung adalah dusun Padaelo yang berada di antara dusun Tosampa dan dusun Palattae.

Di desa ini, pemandangan alam yang hijau masih dapat dijumpai. Sawah-sawah terhampar luas; kebun-kebun warga yang ditanami berbagai macam tanaman seperti coklat, pisang, kelapa, mangga, dan lain-lain; aliran air sungai dan danau yang tenang menjadikan desa ini indah untuk dikunjungi. Selain itu, di desa ini dapat ditemukan dan dinikmati ikan-ikan segar yang berasal dari danau Lampulung yang sudah terkenal keenakannya.

Dengan demografi seperti itu, mata pencaharian sebagian besar penduduk desa ini adalah sebagai petani atau nelayan. Di mana komoditas utama yang dihasilkan adalah beras dan ikan hasil tangkapan dari danau Lampulung.

Hampir seluruh penduduk desa Lampulung merupakan suku Bugis sehingga bahasa sehari-hari yang dipergunakan adalah bahasa Bugis. Dari segi pendidikan, desa Lampulung memiliki 3 SD, yakni SDN 100 Tosampa, SDN 295 Lampulung, dan SDN 361 Palattae.