Lambang Lampung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Lambang Provinsi Lampung)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lambang Lampung
Lambang Lampung.jpg
Penjelasan
MottoSang Bumi Ruwa Jurai
ElemenTerdiri dari lukisan padi dan lada, laduk dan payan berupa golok dan tombak, Gong Gajah Mekhu, Siger, dan Payung Agung.
Prangko Lambang Provinsi Lampung

Lambang Lampung terdiri dari lukisan padi dan lada yang merupakan simbol hasil bumi yang banyak terdapat di Lampung. Laduk dan payan berupa golok dan tombak adalah senjata tradisional masyarakat Lampung. Gong Gajah Mekhu merupakan simbol Demokrasi di Indonesia. Mahkota Siger sebagai lambang keagungan budaya. Payung Agung adalah tempat masyarakat berlindung.

Pada lambang, terdapat tulisan julukan Sang Bumi Ruwa Jurai[1] yang berarti rumah tangga yang agung bahagia dua komunitas golongan masyarakat Budaya dan Adat (ruwai dan jurai) yang terdapat pada masyarakat asli yang memiliki dua jurai atau dua Komunitas adat yaitu komunitas adat Saibatin dan komunitas budaya Pepadun (Penyimbang).[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://repositori.kemdikbud.go.id/13412/1/Sejarah%20sosial%20daerah%20lampung%20kotamadya%20bandar%20lampung.PDF
  2. ^ Arief Mudzakir, BA & Sulistiono, S.S, ed. (2003) [2003]. "35". Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap (RPUL) (dalam bahasa Bahasa Indonesia) (edisi ke-1). Semarang: Aneka Ilmu. hlm. viii + 296.