Lalan, Musi Banyuasin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lalan
Negara Indonesia
ProvinsiSumatra Selatan
KabupatenMusi Banyuasin
Pemerintahan
 • CamatAndi Suharto, S.STP., M.Si[1]
Populasi
 • Total39.298 jiwa
Kode pos
-
Kode Kemendagri16.06.11 Edit the value on Wikidata
Luas1.031 km²
Desa/kelurahan27 Desa

Lalan adalah Sebuah Kecamatan di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, Indonesia. Kecamatan Lalan beribu kota di Desa Bandar Agung yang mempuyai wiayah seluas 1.031 km² terletak an tara 103°26'44"sampai dengan 104°41'35" BT dan 1°45'50" sampai dengan 2°28'55" LS dengan batas wilayah : Sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Bayung Lencir, sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Banyuasin, sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Banyuasin, dan sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Banyuasin.

Topografi[sunting | sunting sumber]

Keadaan Topografi wilayah Kecamatan Lalan sebagian besar terdiri dari dataran rendah dengan ketinggian kurang dari 15 meter di atas permukaan laut. Jenis tanah di wilayah Kecamatan Lalan sebagian besar merupakan satuan jenis Organosol dan tanah Gley Humus terutama di dataran rendah atau rawa yang tidak jauh dari pengaruh aliran sungai. Sedangkan daerah yang jauh dari pengaruh sungai terdiri dari pengaruh sungai terdiri dari air jenis tanah Podzolik Merah Kuning.

Secara Administratif, Kecamatan Lalan dibagi dalam 27 wilayah desa yang mencakup 111 dusun dengan rata-rata jumlah penduduk per dusun sebesar 387orang. Jumlah penduduk Kecamatan Lalan Tahun 2019 berjumlah 42.973 orang dengan kepadatan penduduk sebesar 41 penduduk per kilometer persegi. Adapun terbesar jumlah penduduknya adalah Desa Karang Agung dengan jumlah penduduk sebesar 3.633 jiwa.

Sementara itu desa yang paling sedikit jumlah penduduknya adalah Desa Jaya Agung dengan jumlah penduduk sebesar 419 jiwa. Sedangkan desa terdapat adalah Desa Suka Jadi dengan kepadatan penduduk 153 penduduk per kilometer persegi sedangkan desa yang memiliki kepadatan paling rendah adalah Desa Karang Agung dengan kepadatan 10 penduduk per kilometer persegi. Adapun desa terjauh dari ibu kota kecamatan adalah Desa Karang Rejo dan Karang Makmur dengan jarak yang harus ditempuh melalui darat yaitu kurang lebih sejauh 36,00 km.

Rasio jenis kelamin Kecamatan Lalan pada tahun 2020 sebesar 110,72 yang artinya daerah ini mempunyai jumlah penduduk Laki-laki lebih banyak dibidang dengan jumlah penduduk perempuan.

Sementara itu jumlah kelahiran di Kecamatan Lalan pada tahun 2020 sebanyak 342 orang dengan rincian laki-laki sebnyak 172 orang perempuan 170 orang, sedangkan jumlah kematian pada tahun yang sama berjumlah 155 orang dimana laki- laki 72 orang dan perempuan 83 orang. Ibukota Kecamatan Lalan Di Desa Bandar Agung P16 B.Camat Pertama Drs. Muhammad Jafran, lalu Bahrum SSTP., M.Si, Tri Setyo, S.Pd., M.Si, Samsuri,S.Pd., M.Si, Aswin, STTP., M.Si, Samsuri, SSTP., M.Si, Oktarizal, SE., Andi Suharto, SSTP., M.Si

Templat:Kecamatan-lalan

  1. ^ Camat Lalan
  2. ^ Penduduk Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2020