Laguna Tomahawk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Laguna Tomahawk
Laguna bawah, dilihat dari Ocean Grove
Laguna bawah, dilihat dari Ocean Grove
LetakDunedin, Selandia Baru
Wilayah tangkapan air466 ha (4,66 km2)
Area permukaan30 ha (0,30 km2)
Peta
Pemukiman Ocean Grove terletak dekat dengan pantai selatan dari dua lobus Laguna - Laguna Bawah terlihat di kiri bawah, dan Laguna Atas dapat dilihat di belakangnya.

Laguna Tomahawk adalah sebuah laguna lobus kembar, yang terletak di ujung barat Semenanjung Otago di dalam batas kota Dunedin, Selandia Baru. Laguna ini terletak dekat dengan tepi tenggara daerah perkotaan utama, dekat pinggiran Ocean Grove, yang berada di dekat dengan pantai selatannya. Pinggiran kota ini juga kerap dijuluki Tomahawk sampai tahun 1930-an.[1]

Laguna ini dihubungkan dengan aliran pendek ke Samudra Pasifik, dan terkenal dengan habitat burungnya. Terlepas dari namanya, danau ini sebenarnya tidak pernah dibanjiri laut selayaknya laguna pada umumnya, tetapi lebih merupakan danau pantai yang dangkal, dengan kedalaman di bawah 1,5 meter (4,9 kaki). Laguna teratas (lobus dalam) adalah sebuah suaka margasatwa.[2] Laguna Tomahawk terpisah dari laut saat air surut oleh Pantai Tomahawk, yang membentang ke timur dari mulut Laguna hingga sejauh sekitar 1 kilometer (0,62 mi). Pantai yang lebih kecil, Pantai Smaills, terletak lebih jauh ke timur, di luarnya terdapat singkapan Maori Head, 2 kilometer (1,2 mi) dari mulut laguna. Sebuah dataran berbatu karang dan Pulau Burung kecil terletak di dekat tanjung ini. Di sebelah barat mulut laguna terdapat tanjung terkemuka yang disebut Lawyers Head, tengara utama di kota Dunedin.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hamel, A. (2007) Dunedin tracks and trails. Dunedin: Silver Peaks Press. ISBN 978-0-473-13772-4
  2. ^ Herd, J. and Griffiths, G.J. (1980) Discovering Dunedin. Dunedin: John McIndoe. ISBN 0-86868-030-3.