Laguna Patok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Laguna Patoku
Panorama di Laguna Patok
LetakLezhë, Albania
Didirikan3 November 2011
Flora di Laguna Patoku
Pemandangan di sepanjang garis pantai laguna

Laguna Patok atau Laguna Patoku (bahasa Albania: Laguna e Patokut) adalah sebuah laguna di Laut Adriatik, Mediterania, yang terletak di pesisir tengah Albania. Laguna ini terbentuk selama era Holosen, dan memiliki struktur geomorfologi yang dinamis.

Proses pembentukan laguna ini mencakup empat fase, masing-masing membentuk empat laguna yang dipisahkan oleh garis pantai. Laguna keempat adalah laguna saat ini. Laguna kelima (laguna terluar saat ini) sedang dalam proses pembentukan aktif, juga dipengaruhi oleh perkembangan pesat littoral cordon di bagian barat. Seluruh wilayahnya datar dan dicirikan oleh proses tektonik intensif dan banyak terdapat badan air bawah tanah.

Selama paruh kedua abad kedua puluh, aktivitas manusia memainkan peran penting dalam perubahan ekosistem daerah ini melalui berbagai aktivitas seperti drainase, pembangunan bendungan, dan penggundulan hutan. Karakteristik fisik dan geografis kawasan menjadi dasar utama potensi pengembangannya.

Laguna ini memiliki musim dingin yang relatif ringan dan musim panas yang segar. Matahari bersinar rata-rata 2.479 jam per tahun. Suhu tahunan rata-rata adalah 15.5 °C, dan curah hujan tahunan rata-rata adalah 1.463 sentimeter (576 in).