Lagu anak-anak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Lagu anak)
Twinkle Twinkle Little Star, lagu pengantar tidur dari proyek pendidikan Lullabies of Europe.[1]

Lagu anak-anak dapat berupa sajak anak-anak yang disetel ke musik, lagu yang diciptakan dan dibagikan oleh anak-anak ataupun bayi di antara mereka sendiri atau ciptaan modern yang dimaksudkan untuk hiburan, digunakan di rumah atau pendidikan. Meskipun lagu anak-anak telah direkam dan dipelajari di beberapa budaya lebih dari yang lain, mereka tampak universal dalam masyarakat manusia.[2]

Kategori[sunting | sunting sumber]

Iona dan Peter Opie, pelopor studi akademis budaya anak-anak, membagi lagu anak-anak menjadi dua kelas: yang diajarkan kepada anak-anak oleh orang dewasa, yang ketika menjadi bagian dari budaya tradisional mereka lihat sebagai lagu anak-anak, dan yang diajarkan anak-anak satu sama lain, yang merupakan bagian dari budaya mandiri masa kanak-kanak.[3] Penggunaan lebih lanjut dari istilah lagu anak-anak adalah untuk lagu-lagu yang ditulis untuk hiburan atau pendidikan anak-anak, biasanya di era modern. Dalam praktiknya, tidak satu pun dari kategori ini yang sepenuhnya terpisah, karena, misalnya, anak-anak sering menggunakan kembali dan mengadaptasi lagu anak-anak, dan banyak lagu yang sekarang dianggap tradisional sengaja ditulis oleh orang dewasa untuk tujuan komersial.

The Opies selanjutnya membagi sajak anak-anak menjadi beberapa kelompok, termasuk:[4]

Taman bermain atau pantun anak jalanan mereka bagi lagi menjadi dua kelompok besar: yang terkait dengan permainan dan yang bersifat hiburan, dengan kategori kedua termasuk[5]

Selain itu, sejak munculnya publikasi musik populer di abad kesembilan belas, sejumlah besar lagu telah diproduksi untuk dan sering diadopsi oleh anak-anak. Banyak dari ini meniru bentuk sajak anak-anak, dan beberapa telah diterima seperti itu. Mereka dapat dilihat muncul dari sejumlah sumber, termasuk:

Karakteristik sajak anak-anak[sunting | sunting sumber]

Lagu anak-anak memiliki lirik yang sederhana, berirama dan sangat berulang, umumnya disertai dengan gerakan, gerak tubuh atau permainan motorik. Mereka mudah dimengerti, mudah dihafal, dan memiliki lirik yang lucu dan simpel. Lagu anak adalah kegiatan bermain dimana anak belajar sambil bermain sambil berpartisipasi dalam pelestarian dan penikmatan warisan budaya universal.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Languages from the Cradle - lullabies of Europe". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-09-07. Diakses tanggal 2008-10-21. 
  2. ^ Lew, Jackie Chooi-Theng; Campbell, Patricia Shehan (2005-05-01). "Children's Natural and Necessary Musical Play: Global Contexts, Local Applications". Music Educators Journal (dalam bahasa Inggris). 91 (5): 57–62. doi:10.2307/3400144. ISSN 0027-4321. JSTOR 3400144. 
  3. ^ Opie, I. & Opie, P. (1977). The Lore and Language of Schoolchildren. Granada. hlm. 21. 
  4. ^ Opie, I. & Opie, P. (1997). The Oxford Dictionary of Nursery Rhymes (edisi ke-2nd). Oxford University Press. hlm. 12–19. 
  5. ^ Opie, I. & Opie, P. (1977). The Lore and Language of Schoolchildren. Granada. hlm. 37.