Lafayette G. Pool

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lafayette Green Pool
Lafayette G. Pool, 1949.jpg
Lafayette G. Pool tahun 1949
Nama lahirLafayette Green Pool
JulukanWar Daddy
Lahir(1919-07-23)23 Juli 1919
Odem, Texas, Amerika Serikat
Meninggal30 Mei 1991(1991-05-30) (umur 71)
Killeen, Texas, Amerika Serikat
DikebumikanFort Sam Houston National Cemetery, San Antonio, Texas, Amerika Serikat
PengabdianUnited States
Dinas/cabang Angkatan Darat Amerika Serikat
Lama dinas1941-1946
1948-1960
PangkatChief Warrant Officer 2
Nomor dinas38032791[1]
KesatuanPeleton ke-3, Kompeni I, Batalyon ke-3, Resimen Lapis Baja ke-32, Divisi Lapis Baja ke-3
Perang/pertempuran
  • Perang Dunia II
Penghargaan
PasanganEvelyn (née Wright) Pool (1942-1991)
RelasiJohn K. Pool (ayah)
Mary Lee (née Laycock) Pool (ibu)

Lafayette Gabriell Pool adalah seorang komando tank dari Angkatan Darat Amerika Serikat dalam Perang Dunia 2. Ia dinobatkan sebagai Tank Ace dengan skor 12 Tank Kill dan 258 meriam anti tank, kendaraan lapis baja, dan meriam gerak sendiri. Ia lahir di Odem, Texas dan merupakan orang Amerika keturunan Prancis.

Pra perang[sunting | sunting sumber]

Pada 1938 dia mencoba mendaftar sebagai kadet di Angkatan Laut Amerika Serikat namun gagal meskipun sudah 3 kali mencoba. Akhirnya dia banting setir mendaftar ke Angkatan Darat Amerika Serikat pada 13 Juni 1941 dan dilatih di Fort Sam Houston di San Antonio, Texas.[2] Pool tertarik pada Tank, dan mengajukan permohonan pindah ke teknik perawatan mesin. Lalu pada Januari 1942 dia dipindahkan ke Batalyon Lapis Baja ke-3, bagian dari Resimen Lapis Baja ke-32, Divisi Lapis Baja ke-3. Pool pertama kali mengenal tank Sherman saat dilatih menjadi komandan tank di Camp Beauregard, Lousiana. Saat Perang Dunia kedua pecah, Pool dipromosikan sebagai Sersan Staf dan dia ikut ditugaskan ke Eropa pada September 1943. Pool bertugas di Prancis tepatnya di Saint Lo bersama Divisi Lapis Baja ke-3 pada 1944.

Perang Dunia[sunting | sunting sumber]

Pool mengomandani tank M-4A1 Sherman (76) W, sebuah tank Sherman varian bermeriam 76 mm dan berukuran besar. Dia menamakan tanknya dengan "In The Mood".[3] Dalam Pertempuran Saint Lo, Pool berduel dengan sebuah Panther. Ketika Pool memimpin peleton yang terdiri dari 3 tank Sherman berpatroli, tiba-tiba sebuah unit Infantry meminta bantuan setelah mendapat serangan tiba-tiba dari 5 tank Jerman terdiri dari 3 Panzer IV dan 2 Panther. Pool memerintahkan kedua tank Sherman lainnya untuk bergerak frontal sementara dia bergerak melambung. Ketiga Panzer IV tadi berhadapan dengan dua Sherman pimpinan Pool. Sebuah tembakan tepat dari Sherman tepat menghantam sebuah Panzer IV dan langsung meledak. Pool lalu datang dari arah kiri dan menghantam Panzer IV ke-dua dari samping dan berhasil menghancurkannya. Panzer IV ke-tiga dikeroyok oleh tiga Sherman. Tak disangka, sebuah Panther menerobos belakang 2 Sherman dan meledakkan salah satunya. Pool lalu mengarahkan meriam kaliber 76 mm nya ke arah Panther tersebut dan menembak. Tembakan Pool mengenai turet Panther tersebut, tapi Panther masih mampu balas menembak. Sherman ke-dua bergerak mundur dan berada pas disamping Panther. Pool melepas tembakan lagi, namun meleset. Tembakan dari Sherman lain nya akhirnya mengakhiri riwayat Panther tersebut. Pool pun heran, dimanakah Panther yang satunya lagi. Tiba tiba tembakan meletus dari arah reruntuhan dan telak menghantam Sherman ke-tiga. Panther yang terakhir ternyata bersembunyi di balik reruntuhan sebuah gedung dan Panther itu melarikan diri ke dalam kota. Pool mengejar Panther tersebut di jalanan kota yang sempit. Pool melihat Panther yang tadi di sudut jalanan, Panther melepaskan tembakan, mengenai pelindung depan Sherman milik Pool, tapi ternyata pelindungnya cukup tebal, tetapi Pool memerintahkan untuk tetap menembak. Tembakan Pool telak mengenai turet Panther, lalu Pool menembak lagi dan lagi hingga Panther tersebut benar-benar hancur. Pool keluar dari palka untuk melihat Panther yang hancur tersebut. Namun kemenangan itu berakhir buruk. Tanpa disadari, Pool berada di jangkauan Flak 88. Pool melihat meriam tersebut di reruntuhan gedung dan terkamuflase dengan baik. Pool hanya berteriak "Holy Shit! Back up Baby!" dan Sherman berjalan mundur tapi Flak 88-nya menembak dan mengenai turet Sherman milik Pool, membuat Pool terlempar ke tanah, dia hanya melihat kakinya yang terlipat seperti akordion dan kemudian tak sadarkan diri. Tak berapa lama kemudian, unit unit infanteri sampai di lokasi dan paramedis segera menolong Pool. Dia hanya berkata "Take Care of my tank!" kepada kru penembaknya.

Paska perang[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[4][sunting | sunting sumber]

Bronze star
Bronze star
Bronze Order of Saint George Medallion Belgian fourragere
Distinguished Service Cross Silver Star Medal Legion of Merit
Purple Heart Army Good Conduct Medal American Campaign Medal
European-African-Middle Eastern Campaign Medal with two 316" bronze stars World War II Victory Medal National Defense Service Medal
French Légion d'Honneur, grade of chevalier French Croix de Guerre with a bronze star United Nations Korea Medal

Kehidupan setelah perang[sunting | sunting sumber]

Pool selamat hingga perang usai. Setelah 22 bulan menjalani rehabilitasi dan dipasangi sebuah prostesis. Pool membuka sebuah stasiun pengisian dan garasi di rumahnya, di Sinton, Texas, dan beberapa bisnis lainnya, sebelum ia dikirim ke Korps Transportasi. Dengan bantuan Jenderal Roderick R. Allen, Pool dapat berkunjung ke "rumah ke-duanya" di Divisi Lapis Baja ke-3 pada tahun 1948, dimana ia menjadi instruktur mekanik otomotif.[5]Lafayette G. Pool pensiun dari militer pada 19 September 1960 dengan pangkat terakhir Chief Warrant Officer Second Class di Ft. Sam Houston, Texas. Setelahnya, ia kuliah bisnis dan kemudian menjadi pengkhotbah. Dia juga menjadi pelatih Little League Baseball.[6] Pool meninggal saat tertidur pada 30 Mei 1991, di Killeen, Texas, pada usia 71. Pool disemayamkan di Fort Sam Houston National Cemetery di San Antonio, Texas.

Dalam kultur pop[sunting | sunting sumber]

  • Juukan yang diberikan kru tank Pool, "War Daddy",[7] digunakan kepada komandan tank fiksi dalam film Fury.
  • Dalam permainan daring World of Tanks, Pool's Medal diberikan kepada pemain yang menghancurkan 10-13 tank musuh dalam sebuah pertempuran.[8]
  • Dalam permainan daring World of Tanks Blitz, Pool's Medal diberikan kepada pemain yang menghancurkan 6 tank musuh dalam sebuah pertempuran.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]