Lady Susan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Lady Susan adalah sebuah novel epistoler pendek oleh Jane Austen yang ditulis sekitar tahun 1794 tetapi tidak diterbitkan sampai sekitar tahun 1875 setelah kematiannya.[1] Naskah Lady Susan merupakan satu-satunya draf lengkap dan hampir bebas dari koreksi atau revisi yang masih ada karena Jane Austen maupun keluarga tidak menyimpan draf kasar dari empat novel yang diterbitkan selama masa hidupnya. Naskah ini akhirnya diterbitkan oleh keponakannya James Edward Austen-Leigh dalam bukunya A Memoir of Jane Austen.[2] Dalam novel ini pula terdapat Hari Krisis Besar Lady Susan yaitu hari Selasa.[3]

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

Lady Susan merupakan seorang janda cantik berusia 30 tahun. Ia telah ditinggalkan oleh suaminya dalam keadaan keuangan yang genting. Ia merayu pria lajang maupun telah menikah agar dapat mempertahankan gaya hidup yang mewah seperti sebelumnya, bahkan ia telah mencoba menggagalkan pernikahan saudaranya. Ia memiliki seorang putri berusia 16 tahun bernama Frederica yang memiliki sifat pemalu, baik hati, dan lembut tetapi tidak mendapat perhatian dari ibunya. Ia menghukum anaknya yang tidak ingin dinikahkan dengan pria kaya yang ia jodohkan.

Saat itu, ia mengunjungi saudaranya di sebuah pedesaan Churchill, Charles, dan Catherine Vernon. Catherine yang mendengar kabar tersebut jauh dari kata senang sebab Lady Susan telah mencoba untuk menggagalkan pernikahannya dengan Charles. Tamu undangan telah memberi sebutan Lady Susan sebagai penggoda yang handal di Inggris. Lady Susan mencoba merayu seseorang yang telah menikah yaitu Tuan Manwaring yang kaya raya . Namun, penaklukannya tidak berhasil.

Reginald tiba seminggu kemudian dan tertarik dengan Lady Susan. Lady Susan mempermaikan aksinya melalui kasih sayang yang diberikan kepada Reginald. Seorang yang bernama Johnson pun merekomendasikan agar Lady Susan menikahi Reginald, tetapi Lady Susan menganggap Reginald jauh lebih rendah dari pada Manwaring. Kasih sayang yang Lady Susan berikan kepada Reginald hanya untuk membuat saudaranya merasa gelisah.

Beberapa hari kemudian, ia merencakanan untuk menikahkan putrinya dengan seorang pria kaya raya bernama James Martin. Mendengar kabar tersebut anaknya, Frederica, kemudian melarikan diri. Namun, berhasil tertangkap. Lady Susan pun, kembali ke London untuk menikahkan anaknya dengan pria tersebut. Saat itu, Reginald bersamanya sebab masih tertarik oleh pesona Lady Susan. Akan tetapi, Reginald bertemu dengan Nyonya Menwaring di rumah Tuan Johnson dan menceritakan semua hal buruk mengenai Lady Susan yang telah mencoba merayu suaminya saat pesta pernikahan saudaranya tersebut. Reginald yang mendengar hal tersebut akhirnya mulai tidak menyukai lagi sosok Lady Susan.

Setelah beberapa lama, Reginald mulai mencintai Frederica anak dari Lady Susan. Seperti yang dirasakan oleh Catherine ada ketertarikan yang tidak di sadari oleh Frederica dan Reginald.

Pada akhirnya, Lady Susan pun menikah dengan Sir James sendiri dan mengizinkan untuk anaknya tinggal di Churcil bersama saudaranya. Frederica mendapatkan kasih sayang yang tidak pernah diberikan ibunya dari keluarga Vernon di Churcill.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

  • Lady Susan

Karakter utama yang berusia 30 tahun ia besikap dingin kepada anaknya dan menggoda banyak pria untuk mempertahankan gaya hidupnya yang mewah sebelum suaminya meninggal dunia.

  • Frederica Vernon

Anak perempuan dari Lady Susan yang berusia 16 tahun yang tidak pernah mendapatkan perhatian dari ibunya yang akhirnya mendapatkan kasih sayang dari keluarga Vernon di Churcill.

  • Catherine Vernon

Kakak ipar Lady Susan yang tinggal di Churchill yang pernah sempat digagalkan acara pernikahannya dengan Charles kala itu.

  • Charles Vernon

Kakak ipar Lady Susan yang tinggal di Churchill.

  • Reginald De Courcy

Saudara dari Nyonya Vernon yang memiliki paras tampan dan baik hati namun, mudah tertipu oleh kecantikan paras dari sosok Lady Susan yang akhirnya mencintai sosok Frederica anak dari Lady Susan.

  • Lady De Courcy

Ibu dari Nyonya Vernon yang memiliki kekhawatiran terhadap Reginald yang tidak diterima oleh Lady Susan karena mencintai sosok Frederica

  • Alicia Johnson

Merupakan teman dekat Lady Susan yang sering menceritakan semua rencana sebenarnya Lady Susan. Ia senang memberikan saran dan kritik untuk rencana manipulatif yang dilakukan oleh Lady Susan.[4][5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Popcornapple (2016-06-09). "Lady Susan by Jane Austen - review". the Guardian (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-01. 
  2. ^ "Jane Austen's Lady Susan". The Morgan Library & Museum (dalam bahasa Inggris). 2019-10-30. Diakses tanggal 2021-12-01. 
  3. ^ "Jane Austen's Books|Characters|Lizzy Bennet|Emma|Darcy | Lady Susan's Calendar". web.archive.org. 2011-07-26. Archived from the original on 2011-07-26. Diakses tanggal 2021-12-01. 
  4. ^ Todd, Janet (2013-07-15). Lady Susan Plays the Game (dalam bahasa Inggris). A&C Black. ISBN 978-1-4482-1345-0. 
  5. ^ Love & Friendship (2016) - IMDb, diakses tanggal 2021-12-01