Lady Bird (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lady Bird
Poster film Lady Bird
SutradaraGreta Gerwig
ProduserScott Rudin
Eli Bush
Evelyn O'Neill
Ditulis olehGreta Gerwig
PemeranSaoirse Ronan
Laurie Metcalf
Tracy Letts
Lucas Hedges
Timothée Chalamet
Beanie Feldstein
Stephen McKinley Henderson
Lois Smith
Penata musikJon Brion
SinematograferSam Levy
PenyuntingNick Houy
Perusahaan
produksi
Scott Rudin Productions
Management 360
IAC Films
DistributorA24
(Amerika Serikat)
Universal Pictures
(internasional)
Tanggal rilis
  • 1 September 2017 (2017-09-01) (Festival Film Telluride)
  • 3 November 2017 (2017-11-03) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 24 November 2017 (2017-11-24) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi94 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaBahasa Inggris
Anggaran$10 juta[2]
Pendapatan
kotor
$78.606.307[3][4]

Lady Bird adalah film drama independen komedi Amerika Serikat tahun 2017 yang disutradarai oleh Greta Gerwig dan diproduseri oleh Scott Rudin, Eli Bush dan Evelyn O'Neill. Naskah film ini ditulis oleh Greta Gerwig. Film ini dibintangi oleh Saoirse Ronan, Laurie Metcalf, Tracy Letts, Lucas Hedges, Timothée Chalamet, Beanie Feldstein, Stephen McKinley Henderson dan Lois Smith.

Film Lady Bird ditayangkan secara perdana di Festival Film Telluride pada tanggal 1 September 2017[5] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 3 November 2017 secara terbatas dan 24 November 2017 secara luas.[6] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Christine "Lady Bird" McPherson (Saoirse Ronan) adalah seorang siswa senior di sebuah sekolah menengah atas Katolik di Sacramento pada tahun 2002. Ia memiliki hubungan yang tidak harmonis dengan orang tuanya (Laurie Metcalf dan Tracy Letts), dan berteman baik dengan Julianne "Julie" Steffans (Beanie Feldstein). Christine dan Julie mengikuti program teater di sekolah mereka, tempat Christine bertemu dengan seorang pemuda bernama Danny O'Neill (Lucas Hedges). Mereka berhubungan mesra, membuat Christine ingin bergabung dengan keluarga Danny untuk makan malam Thanksgiving daripada makan malam dengan keluarganya sendiri. Hubungan mereka tiba-tiba berakhir saat Christine melihat Danny berhubungan dengan seorang pemuda di kamar mandi di sebuah kios. Atas saran ibunya, Christine melakukan pekerjaan kasar di kedai kopi, di mana ia bertemu dengan seorang musisi bernama Kyle Scheible (Timothée Chalamet). Ia dan Christine berhubungan mesra dan Christine mulai menjauh dari Julie untuk bersahabat dengan seorang gadis populer bernama Jenna Walton (Odeya Rush).

Setelah Jenna ditegur oleh guru biarawati Suster Sarah Joan (Lois Smith) karena memakai rok pendek, Jenna, bersama dengan Christine, merusak mobil Suster Sarah. Christine memberitahu Jenna bahwa ia tinggal di alamat yang, kenyataannya, milik nenek Danny. Christine keluar dari program teater dan kemudian dipanggil oleh Danny di luar kedai kopi, di mana Christine menghibur Danny setelah Danny mengungkapkan usahanya untuk keluar. Christine kehilangan keperawanannya dengan Kyle setelah Christine salah menyebut sebagai perawan kepada Kyle, membuat Christine dihibur oleh ibunya. Jenna mengetahui bahwa Christine berbohong tentang alamatnya, yang akhirnya membuat persahabatan mereka berakhir. Christine diberitahu bahwa ayahnya baru saja kehilangan pekerjaannya dan mengetahui bahwa ia sedang berusaha melawan depresi.

Christine mulai mendaftar ke universitas dan berharap ia bisa diterima di salah satu universitas di luar kota. Christine menerima beberapa surat penolakan, tetapi ia gembira mengetahui bahwa ia telah ditempatkan di daftar tunggu untuk sebuah universitas di New York. Terlepas dari hubungannya yang tidak nyaman dengan mereka, ia memilih datang ke pesta sekolahnya bersama Kyle, Jenna dan kekasih Jenna, tetapi mereka memutuskan untuk pergi ke tempat lain. Christine meminta mereka mengantarnya ke apartemen Julie, di mana keduanya berdamai dan mereka pergi ke pesta bersama. Christine menjalani ujian mengemudi dan mengecat kembali kamarnya, membuang gambar, foto dan tulisan dari dindingnya. Ibunya mengetahui bahwa Christine telah mendaftar ke universitas di luar kota tanpa sepengetahuannya, menyebabkan ibunya tidak empati terhadap Christine.

Pada tahun 2003, pada hari ulang tahunnya yang ke-18, ayah Christine memberikan cupcake untuknya dan lelucon bahwa ia dan ibunya tidak bisa bercerai. Ketika Christine telah berusia 18 tahun, Christine membeli sebungkus rokok, tiket konser dan sebuah majalah Playgirl dari sebuah toko. Christine akhirnya pergi ke New York dan ibunya dengan ekspresi dingin mengantarnya ke bandara, ketika Christine menuju terminal bersama ayahnya. Saat mengemudi jauh, hati ibunya berubah dan berputar kembali untuk mengucapkan selamat tinggal kepada Christine, tetapi Christine telah berangkat. Di New York, Christine menemukan surat-surat dari ibunya yang diselamatkan oleh ayahnya. Christine dirawat sementara di rumah sakit setelah minum alkohol dalam jumlah banyak di sebuah pesta. Setelah meninggalkan rumah sakit, Christine melihat acara ibadah gereja hari Minggu. Di luar gereja, Christine menelepon ke rumah dengan telepon genggamnya dan meninggalkan pesan maaf kepada ibunya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Lady Bird mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 99%, berdasarkan 328 ulasan, dengan rating rata-rata 8,7/10.[7] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 94 dari 100, berdasarkan 50 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[8]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Lady Bird mendapatkan $48.958.273 di Amerika Utara dan $29.648.034 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $78.606.307, melebihi anggaran produksi film $10 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $364.437, menempati posisi ke-26 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $4.057.559, menempati posisi ke-11 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Lady Bird (15)". British Board of Film Classification. February 6, 2018. Diakses tanggal April 26, 2018. 
  2. ^ Galuppo, Mia (December 23, 2017). "'Lady Bird': How Greta Gerwig Re-created 2002 to Tell Her Coming-of-Age Story". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal December 23, 2017. 
  3. ^ a b c "Lady Bird (2017)". Box Office Mojo. Diakses tanggal December 23, 2017. 
  4. ^ "Lady Bird (2017)". The Numbers. Diakses tanggal December 23, 2017. 
  5. ^ Hammond, Pete (August 31, 2017). "'Darkest Hour', 'Battle of the Sexes', 'Lady Bird' Among World Premieres in 2017 Lineup – Telluride Film Festival". Deadline.com. Diakses tanggal August 31, 2017. 
  6. ^ D'Alessandro, Anthony (September 22, 2017). "Greta Gerwig's 'Lady Bird' Going A Week Earlier in November". Deadline.com. Diakses tanggal September 22, 2017. 
  7. ^ "Lady Bird (2017)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal December 23, 2017. 
  8. ^ "Lady Bird reviews". Metacritic. Diakses tanggal December 23, 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]