Lacak kurva transisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Spiral Euler berwarna merah adalah contoh kurva easement antara garis lurus biru dan busur melingkar, ditunjukkan dengan warna hijau.
Animasi yang menggambarkan evolusi Spiral Cornu dengan lingkaran tangensial dengan radius kelengkungan yang sama seperti di ujungnya, juga dikenal sebagai lingkaran berosulasi (klik pada thumbnail untuk mengamati).

Lacak kurva transisi adalah kurva matematis yang dihitung pada bagian jalan raya, atau rel kereta api di mana bagian lurus berubah menjadi kurva. Hal tersebut dirancang untuk mencegah perubahan mendadak pada percepatan lateral atau sentripetal. Pada bidang tersebut awal transisi kurva horizontal berada pada radius tak hingga dan pada akhir transisi memiliki radius yang sama dengan kurva itu sendiri sehingga membentuk spiral yang sangat lebar. Pada saat yang sama bidang vertikal bagian luar kurva dinaikkan secara bertahap hingga tingkat tepian yang benar.

Ketika untuk memudahkan hal seperti itu tidak bisa diterapkan akselerasi lateral kendaraan rel akan berubah secara tiba-tiba pada satu titik (titik singgung di mana lintasan lurus bertemu dengan kurva). Saat kendaraan jalan raya para pengemudi secara alami menerapkan perubahan kemudi secara bertahap dan kurva dirancang untuk memungkinkan hal itu dengan menggunakan prinsip yang sama.

Sumber[sunting | sunting sumber]