LOFAR

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

LOFAR adalah Low-Frequency Array for radio astronomy, dibangun oleh Astron, Netherlands Institute for Radio Astronomy dan dioperasikan oleh observatorium radio Astron. Astron adalah bagian dari Netherlands Organisation for Scientific Research.

LOFAR adalah teleskop radio terhubung terbesar yang pernah dibangun, Menggunakan konsep baru berdasarkan sejumlah antena omni-directional. Proyek ini didasarkan pada sebuah array teleskop radio interferometric menggunakan sekitar 25.000 antena kecil terkonsentrasi di setidaknya 48 stasiun yang lebih besar. 40 stasiun ini didistribusikan di Belanda, lima stasiun di Jerman, dan masing-masing di Inggris, Perancis dan Swedia. Stasiun lanjut juga akan dibangun di negara-negara Eropa lainnya. Luas total pengumpulan efektif adalah sampai kira-kira 300.000 meter persegi, tergantung pada konfigurasi frekuensi dan antena.

Pengolahan data dilakukan oleh superkomputer Blue Gene/P yang terletak di Belanda di Universitas Groningen. LOFAR juga pathfinder untuk Square Kilometer Array.

Referensi[sunting | sunting sumber]