Léopoldine Hugo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Léopoldine Hugo
Portrait dari Léopoldine Hugo. Dilukis oleh Auguste de Châtillon pada tahun 1836, pada hari komuni pertamanya.
LahirLéopoldine Cécile Marie-Pierre Catherine Hugo
(1824-08-28)28 Agustus 1824
Paris, Kerajaan Prancis
Meninggal4 September 1843(1843-09-04) (umur 19)
Villequier, Kerajaan Prancis
KebangsaanPrancis
Suami/istri
(m. 1843)
Orang tuaVictor Hugo
Adèle Foucher

Léopoldine Cécile Marie-Pierre Catherine Hugo; (28 Agustus 1824 – 4 September 1843) adalah putri tertua dari Victor Hugo dan Adèle Foucher.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Léopoldine lahir di Paris, anak kedua dari lima bersaudara dan putri tertua dari Victor Hugo dan Adèle Foucher. Dia dinamai setelah kakek dari pihak ayah, Joseph Léopold Sigisbert Hugo,[1] seperti mendiang saudara laki-lakinya, Léopold, yang meninggal saat masih bayi.

Terlepas dari pandangan anti-klerus ayahnya yang berkembang, Léopoldine tumbuh sebagai seorang Katolik yang taat. Komuni pertama miliknya, yang berlangsung pada bulan September 1836, merupakan suatu peristiwa besar. Auguste de Châtillon melukis potret dirinya untuk hari itu, dan massa dihadiri oleh Théophile Gautier, Alexandre Dumas, dan anggota Hugo keluarga. Perjamuan diadakan di kediaman keluarganya di Paris sesudahnya.[2]

Léopoldine memiliki banyak pelamar untuk menikah termasuk calon suaminya, Charles Vacquerie, yang dia temui saat berlibur pada tahun 1839.[3]

Kehidupan dan kematian nanti[sunting | sunting sumber]

Dia menikah Charles Vacquerie di Saint-Paul-Saint-Louis pada 15 Februari 1843, tetapi mereka berdua tenggelam bersama hanya beberapa bulan kemudian, ketika perahu mereka terbalik di Seine di Villequier pada tanggal 4 September 1843. Dia berusia 19 tahun dan hamil dan dia meninggal ketika roknya yang basah dan berat menariknya ke bawah, dan suaminya meninggal saat mencoba menyelamatkannya. Peristiwa tragis ini berdampak besar pada pekerjaan dan kepribadian ayahnya, Victor Hugo. Dia mendedikasikan banyak puisi untuk mengenang putrinya, terutama Demain dès l'aube dan À Villequier di Pauca Meae, buku keempat Les Contemplations. Victor Hugo tidak menulis selama beberapa tahun setelah itu karena depresi klinis yang dideritanya setelah kematian Léopoldine.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Graham, Robb. Victor Hugo: A Biography. W.W. Norton, 1997, p. 682.
  2. ^ Harrison, Carol E. (11 March 2014). Romantic Catholics: France's Postrevolutionary Generation in Search of a Modern Faith. ISBN 9780801470592. 
  3. ^ http://www.hautevillehouse.com/leopoldine.html

Pranala luar[sunting | sunting sumber]