Kynane

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kynane (bahasa Yunani: Kυνάνη, Cynane atau Κύνα, Kyna; terbunuh 323 SM) merupakan saudari tiri Aleksander Agung, dan putri Filipus II oleh Audata, putri Iliria.

Audata melatih putrinya di dalam berkuda, berburu, dan bertempur di dalam tradisi Iliria. Ayahandanya menjodohkannya dengan sepupunya Amyntas, yang membuatnya menjadi janda pada tahun 336 SM. Pada tahun berikutnya, Aleksander berjanji menikahinya, sebagai hadiah atas jasanya, dengan Langarus, raja Agrianes, namun mempelai pria yang dimaksud sakit dan meninggal.

Kynane tetap tidak menikah, dan mempekerjakan dirinya sendiri dalam pendidikan putrinya, Adea atau Eurydike, yang menurutnya telah dilatih, sesuai dengan cara pendidikannya sendiri, dalam latihan bela diri. Ketika saudara tirinya Filipus Arrhidaeus terpilih sebagai raja pada tahun 323 SM, Kynane memutuskan untuk menikahkan Eurydike kepadanya, dan menyeberang ke Asia sesuai dengan itu.

Pengaruhnya mungkin besar, dan proyeknya membuat khawatir Perdikkas dan Antipatros, mantan yang mengirim saudaranya Alketas untuk menemuinya di dalam perjalanan dan membunuhnya. Alketas melakukannya untuk melawan perasaan tentaranya, dan Kynane menemui malapetaka dengan semangat yang tak gentar. Pernikahan Eurydike berlangsung, namun kedua putri dan menantunya akhirnya dibunuh oleh Olimpias. Pada tahun 317 SM, Kassandros, setelah mengalahkan Olympias, memakamkan Kynane dengan Eurydike dan Arrhidaeus di Aegae, pemakaman kerajaan.[1]

Polyenus menulis, "Kynane, putri Filipus terkenal dengan pengetahuan militernya/ ia berperan sebagai tentara, dan di lapangan menjadi kepala mereka. Di dalam pertempuran dengan Iliria, ia dengan tangannya sendiri membunuh Kaeria ratu mereka; dan dengan pembantai besar mengalahkan tentara Iliria."[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]