Kuyang: The Portrait of Nightmare

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kuyang: The Portrait of Nightmare
Sutradara
Produser
Penulis
Pemeran
SinematograferGunnar Nimpuno
Perusahaan
produksi
DistributorGood Move Media
Tanggal rilis
TBA
Durasi... menit
Negara
Bahasa

Kuyang: The Portrait of Nightmare adalah film horor Indonesia yang disutradarai serta ditulis oleh Ismail Basbeth dan diproduksi oleh Matta Cinema bersama Umbara Brothers Film.[1] Film ini diperankan oleh Cornelio Sunny, Salvita Decorte, Karina Salim, dan Annisa Hertami.[2] Film ini rencananya akan didistribusikan oleh Good Move Media secara internasional.[3]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Film ini menyelesaikan proses pengambilan gambar utama pada 28 Agustus 2019. Film ini sendiri merupakan film horor pertama yang diproduksi oleh Matta Cinema, yakni rumah produksi yang didirikan oleh Cornelio Sunny bersama Ismail Basbeth pada tahun 2017.[4]

Film ini diangkat dari sosok mistis dari legenda Kuyang asal Kalimantan Selatan. Sosok Kuyang pernah menjadi perbincangan di media sosial Twitter pada akhir Agustus 2019, hingga menduduki posisi teratas kolom topik terhangat.[5] Hal tersebut dikarenakan beredarnya video yang diunggah oleh akun @sate_tirek. Rupanya, sosok tersebut merupakan video yang berasal dari lokasi syuting film ini.[6]

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Film Kuyang awalnya direncanakan tayang pada pertengahan tahun 2020.[6]

Pada 3 Maret 2021, Screen Daily mengabarkan bahwa distributor film asal Hong Kong, Good Move Media, akan mendistribusikan secara internasional dua film milik Matta Cinema, yakni Kuyang: The Portrait of Nightmare dan Tali Mati.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cicilia, Maria (30 Agustus 2019). Nurcahyani, Ida, ed. "Sempat viral, kisah legenda "Kuyang" diangkat ke layar lebar". ANTARA. Diakses tanggal 5 Maret 2021. 
  2. ^ Nugraha, Ricky (3 September 2019). "Kuyang, Legenda Mistis dari Kalimantan Siap Diangkat ke Layar Lebar". Grid. Diakses tanggal 5 Maret 2021. 
  3. ^ a b Shackleton, Liz (3 Maret 2021). "Hong Kong's Good Move picks up brace of Indonesian horrors (exclusive)". Screen International (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 5 Maret 2021. 
  4. ^ Septiyani, Kistin (29 Agustus 2019). "Cerita Sesungguhnya Soal KUYANG yang Sedang Viral di Twitter". KapanLagi. Diakses tanggal 5 Maret 2021. 
  5. ^ Yanuar, Elang Riki (30 Agustus 2019). "Kuyang, Legenda Mistis asal Kalimantan Diangkat ke Film". Medcom. Diakses tanggal 5 Maret 2021. 
  6. ^ a b Situmorang, Ria Theresia (31 Agustus 2019). Wening, Andhika Anggoro, ed. "Trending Topic di Twitter, Video Kuyang yang Tersebar Ternyata Properti Film". Bisnis Indonesia. Diakses tanggal 5 Maret 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]