Kutawaringin, Bandung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kutawaringin adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Kecamatan Kutawaringin terbentuk dari hasil pemekaran kecamatan Soreang, berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Bandung Nomor 18 Tahun 2007 tanggal 12 Desember 2007.

Kutawaringin
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenBandung
Populasi
 • Total- jiwa
Kode Kemendagri32.04.46 Edit the value on Wikidata
Desa/kelurahan11

Koordinat: 6°59′43″S 107°31′9″E / 6.99528°S 107.51917°E / -6.99528; 107.51917 Kecamatan Kutawaringin terletak di perbatasan dengan Kabupaten Bandung Barat dengan luas wilayah hampir mencapai 3/4 dari luas wilayah Kecamatan Soreang sebelum terjadi pemekaran. Kecamatan ini dibentuk sebagai upaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat sekaligus penataan kawasan ibu kota Kabupaten Bandung agar dapat berjalan lebih efektif dikarenakan rentang kendali Kecamatan Soreang sebelumnya dianggap terlalu luas. Sebagai dampak dari pemekaran Kecamatan Kutawaringin, 3 desa yang semula bagian dari Kecamatan Katapang yaitu Cingcin, Sekarwangi dan Parungserab dimasukkan ke dalam Kecamatan Soreang sebagai upaya untuk memudahkan penataan kawasan ibu kota Kabupaten Bandung. Secara geografis kecamatan ini juga menjadi penyangga antara Soreang sebagai ibu kota Kabupaten Bandung, dengan wilayah Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi.

Topografi[sunting | sunting sumber]

Topografi Kecamatan Kutawaringin berbukit-bukit di sebelah barat yang termasuk dalam sistem rangkaian perbukitan Pematang Tengah yang membelah cekungan Bandung menjadi dua. Sementara kawasan timurnya adalah dataran pesawahan yang membentang sampai ke aliran sungai Ciwidey yang menjadi batas alam antara Kutawaringin dengan Kecamatan Soreang dan Katapang di timur. sedangkan Sungai Citarum di utara menjadi batas alam antara Kutawaringin dengan Margaasih. Gunung Lalakon yang beberapa tahun lalu sempat diisukan sebagai Piramida berada di kecamatan ini.

Fasilitas Publik[sunting | sunting sumber]

Di Kecamatan Kutawaringin terdapat stadion kebanggaan masyarakat Kabupaten Bandung, yaitu Stadion Si Jalak Harupat yang kini mempunyai akses langsung ke Jalan Tol Soreang-Pasirkoja melalui gerbang tol Kutawaringin Barat (dari arah selatan - Soreang Kota) dan gerbang tol Kutawaringin Timur (dari arah utara - Kota Bandung). Di Kutawaringin juga terdapat Markas Kodim 0264/Kabupaten Bandung yang baru diresmikan tanggal 11 Februari 2020.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

www.kutawaringinkec.tk[pranala nonaktif permanen]