Kutau (permainan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Permainan Kutau adalah nama permainan rakyat di dusun Taba Pingin, Kecamatan Lakitan, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan.[1] Permainan ini menyerupai pencak silat yang dilain daerah disebut Kuntau.

Cara bermain[sunting | sunting sumber]

Permainan ini dimainkan oleh dua orang atau lebih, biasanya dimainkan pada saat perayaan adat oleh remaja laki-laki berumur 13-16 tahun. Permainan ini dimainkan tanpa menggunakan peralatan, dan biasanya permainan ini diiringi musik gamelan, gendang, kentongan atau lainnya.

Persiapan bermain disiapkan tempat duduk tamu terhormat dan penonton umum. setelah siap semuanya dengan penonnton dan tamu, dipanggil pemain dua orang dan diperkenalkan kepada hadirin baik nama maupun dari asalnya. setelah itu pemain saling bersalaman dan segera pasang aksi masing-masing mencari kelengahan lawan. Permainan ini dipimpin oleh seorang wasit. Keduanya berusaha saling bisa memukul. Unsur seni bermain adalah sangat diutamakan. Kalah dan menang tidak penting. Permainan ini sangat penting untuk latihan bela diri dari mara bahaya baik kepada penjahat maupun serangan binatang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Permainan Tradisional Indonesia. Jakarta: Proyek Pembinaan Permuseuman. 1998. hlm. 113.