Kutambaru, Langkat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kutambaru
Negara Indonesia
ProvinsiSumatera Utara
KabupatenLangkat
Pemerintahan
 • CamatDavid Helgod Pardede, S.IP, M.SP
Populasi
 • Total15,700 jiwa
Kode Kemendagri12.05.22 Edit nilai pada Wikidata
Kode BPS1213021 Edit nilai pada Wikidata
Luas... km²
Desa/kelurahan8 desa

Kutambaru adalah kecamatan di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Indonesia.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Mayoritas suku penduduk di kecamatan Kutambaru adalah suku Karo sebanyak 40% dari populasi, tetapi ada banyak juga suku yang lain seperti Melayu sebanyak 30%, Jawa 10%, Mandailing 7% dan lainnya.

Penduduk dari suku Jawa mayoritas bekerja di Perkebunan Maryke, hal ini membuat kecamatan Kutambaru dikenal orang luar kecamatan dengan sebutan Maryke. Selain bekerja di perusahaan perkebunan, mata pencaharian sebagian penduduk adalah berkebun karet.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Potensi sumber daya alam[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Kutambaru memiliki potensi alam seperti batu bara dan semen. Di kecamatan ini juga terdapat arung jeram yang bermuara di Pantai Pamah Durian. Pada saat ini, sedang direncanakan mega proyek untuk sumber daya mineral yang terkandung di daerah perbukitan di Desa Kaperas dan pembangunan PLTA di Desa Kuta Gajah.[1] Kecamatan Kutambaru juga terkenal dengan buah durian.[2]

Potensi wisata[sunting | sunting sumber]

Potensi wisata di kecamatan ini salah satunya adalah pemandian air panas Simolap,[3] kita bisa menikmati pemandangan yang indah dan juga mandi di Danau Cih, melihat air terjun dan memasuki 9 gua yang masih alami. Selain itu juga ada wisata arung jeram yang di mulai dari sungai Lau Ketuken yang tereletak di dusun Cangkulan dan berakhir di pantai Pamah Durian, namun juga ada rute arung jeram yang berakhir di pantai Bukit Lawang dengan waktu tempuh tujuh jam.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kurniawan, Dedy (2018-10-18). "Pembangkit Listrik Tenaga Minihydro Ditargetkan Beroperasi Awal Januari 2019". Tribunnews.com. Diakses tanggal 2022-05-20. 
  2. ^ Rahayu, Winda; Nasution, Jamilah; Kardhinata, Emmy (2020). "KERAGAMAN JENIS BUAH DURIAN DI DESA NAMOTONGAN KECAMATAN KUTAMBARU KABUPATEN LANGKAT". Jurnal Ilmiah Biologi UMA. 2 (2). 
  3. ^ Satia (2021-07-28). "Pemandian Air Panas Simolap Marike, Lokasi Wisata di Langkat yang Cocok bagi Keluarga". Tribun-medan.com. Diakses tanggal 2023-01-17.