Kusambi, Muna Barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kusambi
Negara Indonesia
ProvinsiSulawesi Tenggara
KabupatenMuna Barat
Populasi
 • Total12,073 jiwa (2.015) jiwa
Kode Kemendagri74.13.10
Kode BPS7413100
Luas103,33 km²
Desa/kelurahan10

Kusambi adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Muna Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. [1]

Geografis[sunting | sunting sumber]

Secara astronomis, Kecamatan Kusambi terletak di bagian Utara Pulau Muna. Secara geografis, Kusambi terletak di bagian selatan garis khatulistiwa, memanjang dari utara ke selatan di antara 4.490 – 4.500 Lintang Selatan dan membentang dari barat ke timur diantara 122.420 - 122.430 Bujur Timur.

Batas wilayah administrasi Kecamatan Kusambi sebagai berikut:

  • Sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Napano Kusambi.
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Watopute.
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Sawerigadi.
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Selat Tiworo.

Secara administratif, Kecamatan Kusambi terdiri dari 8 kelurahan. Dari jumlah Desa/kelurahan yang ada, yang memiliki wilayah terluas adalah Desa Kusambi dengan luas 30,08 Km2 (29,11 %), sedangkan Desa/Kelurahan yang memiliki Wilayah terkecil adalah desa Lapokainse dengan luas 2,55 Km2 (2,47 %) dari luas Kecamatan Kusambi.

Kabupaten Muna Barat mempunyai iklim tropis seperti sebagian besar daerah di Indonesia, dengan suhu rata-rata sekitar 26oC–30oC. Demikian juga dengan musim, Kabupaten Muna Barat mengalami dua musim, yaitu musim hujan dan musim Pada umumnya musim hujan terjadi pada bulan Desember sampai Juni dimana angin yang mengandung banyak uap air bertiup dari Benua Asia dan Samudra Pasifik sehingga menyebabkan hujan. Sedangkan musim kemarau terjadi antara Juli sampai November, pada bulan ini angin bertiup dari Benua Australia yang sifatnya kering dan mengandung uap air.

Secara rata-rata, banyaknya hari hujan tiap bulan pada tahun 2018 adalah 14 hari dengan rata-rata curah hujan 214,8 mm. Curah hujan tertinggi terjadi pada bulan Juni sebesar 477,0 mm dengan jumlah hari hujan sebesar 16 hari hujan.

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Kusambi merupakan kecamatan yang berada di bawah administrasi pemerintahan Kabupaten Muna Barat. Ibukota Kecamatan Kusambi adalah Kusambi yang merupakan pusat pemerintahan kecamatan Kusambi.

Kecamatan Kusambi terdiri dari 10 desa dan kelurahan. Desa dan Kelurahan tersebut yaitu, Kusambi, Konawe, Guali, Lapokainse, Lemoambo, Kasakamu, Lakowaghe, Bakeramba, Tanjung Pinang, dan Sidamangura,

Dalam membantu menjalankan pemerintahan, apparat desa dibantu oleh kepala dusun dan kepala RT. Rerata 1 dusun terdiri dari dari 2 rt. Jumlah dusun di kecamatan Kusambi sebanyak 29 dusun. Sedangkan jumlah RT mencapai 72 RT.

Kependudukan[sunting | sunting sumber]

Penduduk Kecamatan Kusambi berdasarkan proyeksi penduduk tahun 2018 sebanyak 12.073 jiwa yang terdiri atas 5.841 jiwa penduduk laki-laki dan 6.232 jiwa penduduk perempuan dengan jumlah rumah tangga sebanyak 2.567 rumah tangga. Sementara itu besarnya angka rasio jenis kelamin tahun 2018 penduduk laki-laki terhadap penduduk perempuan sebesar 94.

Kepadatan penduduk di Kecamatan Kusambi tahun 2018 mencapai 117 jiwa/km2 dengan rata-rata jumlah penduduk per rumah tangga adalah 5 orang. Kepadatan Penduduk di kecamatan Kusambi cukup beragam. Kepadatan penduduk tertinggi adalah desa Lapokainse dengan kepadatan sebesar 321 jiwa/km2 dan terendah di desa Kusambi sebesar 26 jiwa/km2.

Sosial[sunting | sunting sumber]

Pelaksanaan pembangunan pendidikan di kecamatan Kusambi terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Salah satu indikator yang dapat mengukur tingkat perkembangan pembangunan pendidikan di kecamatan Kusambi adalah banyaknya sekolah, guru dan murid.

Jumlah fasilitas pendidikan di kecamatan Kusambi sebanyak 29 unit yang terdiri dari 6 unit TK sederajat, 11 unit SD sederajat, 7 unit SMS sederajat, dan 5 unit SMA sederajat.

Salah satu indicator untuk mengukur perkembangan kesehatan di kecamatan Kusambi adalah ketersediaan infrastruktur kesehatan hingga ke desa-desa.

Jumlah fasilitas kesehatan yang ada di Kecamatan Kusambi hingga tahun 2018 yaitu 16 unit, yang terdiri dari 2 unit puskesmas, 13 unit posyandu, 1 unit Apotek.

Tenaga medis yang ada di Kecamatan Kusambi yaitu 1 orang Dokter umum, 10 orang bidan, 23 orang perawat dan 24 tenaga kesehatan lainnya.

Perkembangan keagamaan di kecamatan Kusambi juga dapat dilihat dari ketersediaan saranan peribadatan. Pada tahun 2018 jumlah tempat peribadatan di kecamatan Kusambi berjumlah 19 unit, terdiri dari 15 unit mesjid, 3 unit mushola dan 1 unit gereja.

Pada tahun 2018, banyaknya lembaga kemasyarakatan di kecamatan kusambi berjumlah 58 buah. Diantaranya, 10 dari PKK, 10 dari karang taruna, 10 dari lembaga adat dan 28 kelompok tani.

Pertanian[sunting | sunting sumber]

Penggunaan lahan di kecamatan Kusambi digunakan untuk perumahan dan pekarangan. Tanaman pangan yang diusahakan di kecamatan Kusambi yang utama yaitu; jagung, kacang tanah, ubi kayu, dan ubi jalar.

Pada tahun 2018 produksi ternak di kecamatan kusambi terdiri dari sapi sebanyak 3.537 ekor, kambing 6 ekor, ayam petelur sebanyak 5.900 ekor, ayam buras 24.000 ekor dan ayam pedaging sebanyak 13.250 ekor.

Referensi[sunting | sunting sumber]