Kusamakura (novel)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kusamakura (草枕)
PengarangNatsume Sōseki
Negara Jepang
BahasaJepang

Kusamakura (草枕, Grass Pillow) adalah novel Jepang karya dari Natsume Sōseki yang diterbitkan pada tahun 1906. Novel ini muncul pertama kali dalam bentuk bahasa Inggris pada tahun 1965 berjudul The three cornered of world. Dann dalam terjemahan lain pada tahun 2008 mengambil kata Grass Pillow, sebuah frasa yang memiliki konotasi perjalanan di Jepang.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Novel ini bercerita tentang seorang seniman yang mengasikan diri ke pegunungan, dimana ia tinggal di sebuah hotel terpencil yang hampir sepi. Di sana ia menjadi tertarik pada nyonya rumah yang misterius, O-Nami, yang mengingatkannya pada lukisan John Everett Millais berjudul Ophelia.

Seolah-olah mencari subjek untuk melukis, sang seniman hanya membuat beberapa sketsa, tetapi juga menulis puisi. Puisi ini dimasukkan ke dalam teks yang terdiri dari adegan-adegan dari kehidupan penyendiri dan meditasi seperti esai tentang seni dan posisi seniman dalam masyarakat. Dalam renungan ini, sang seniman mengutip dan menyebutkan berbagai pelukis, penyair dan novelis asal Jepang, Cina dan Eropa. Sebagai contoh, ia membahas perbedaan antara melukis dan puisi seperti yang diperdebatkan dalam Gotthold Ephraim Lessing Laocoon: An Essay on Limits of Painting and Poetry. Penulis dan penyair lain yang disebut termasuk Wang Wei, Tao Yuanming, Matsuo Bashō, Laurence Sterne (Tristram Shandy), Oscar Wilde (Kritikus sebagai Artis), dan Henrik Ibsen.

Bab 12 berisi permintaan maaf atas kematian murid Soseki bernama Misao Fujimura, yang bunuh diri dengan cara tenggelam di Air terjun Kegon, ia menyebut kematiannya heroik, narator menegaskan: "Pemuda itu memberikan hidupnya - kehidupan yang tidak boleh menyerah - untuk semua yang tersirat dalam satu kata 'puisi'."[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Three-Cornered World in Google Books

Pranala luar[sunting | sunting sumber]