Kurva kesintasan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sebuah ilustrasi dari tiga jenis kurva ideal

Kurva kesintasan adalah grafik yang menunjukkan jumlah atau proporsi individu yang masih hidup pada setiap usia untuk spesies atau kelompok (misalnya laki-laki/jantan atau perempuan/betina) yang diberikan. Kurva kesintasan dapat dibangun untuk kohort yang diberikan (sekelompok individu dari sekitar umur yang sama) berdasarkan tabel kehidupan.

Ada tiga jenis umum dari kurva ketahanan hidup:

  • Kurva tipe I yang ditandai dengan kelangsungan hidup tinggi pada awal kehidupan dan menengah, diikuti oleh penurunan cepat dalam ketahanan hidup di kemudian hari. Spesies kurva ini khas yang menghasilkan beberapa keturunan tetapi merawat mereka dengan baik, termasuk manusia dan banyak mamalia besar lainnya.
  • Kurva tipe II adalah perantara antara tipe I dan tipe III, di mana angka kematian rata-rata konstan dialami tanpa memandang usia. Beberapa burung dan beberapa kadal mengikuti pola ini.
  • Kurva tipe III, kematian terbesar dialami sejak awal kehidupan, dengan tingkat kematian yang relatif rendah bagi mereka yang masih hidup dalam efek leher botol. Jenis kurva ini adalah karakteristik dari spesies yang menghasilkan sejumlah besar keturunan (lihat teori seleksi r/K). Kurva ini termasuk sebagian besar invertebrata laut. Sebagai contoh, tiram menghasilkan jutaan telur, tetapi kebanyakan larva mati karena predasi atau penyebab lainnya; larva yang bertahan hidup cukup lama untuk menghasilkan cangkang keras hidup relatif lama.

Jumlah atau proporsi organisme hidup diplot pada sumbu y, umumnya dengan skala logaritma dimulai dengan 1.000 individu, sementara umur mereka, sering sebagai proporsi umur maksimum, diplot pada sumbu x.

Dalam statistik matematika, fungsi sintasan adalah salah satu bentuk khusus dari kurva kesintasan dan memainkan bagian dasar dalam analisis sintasan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Reece, Jane B.; Meyers, Noel; Urry, Lisa A.; Cain, Michael L.; Wasserman, Steven A.; Minorsky, Peter V.; Jackson, Robert B.; Cooke, Bernard N. (2012). Campbell Biology. Australian Version (edisi ke-9th). Pearson. hlm. 1204. ISBN 978-1-4425-3176-5.