Kunstmuseum Liechtenstein

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Kunstmuseum Liechtenstein
Peta
Didirikan12 November 2000
LokasiVaduz, Liechtenstein
Situs webhttp://www.kunstmuseum.li

Kunstmuseum Liechtenstein (bahasa Inggris: Liechtenstein Museum of Fine Arts) adalah sebuah museum kesenian modern dan kontemporer yang terletak di Vaduz, Liechtenstein. Museum ini dirancang oleh arsitek asal Swiss Meinrad Morger, Heinrich Degelo dan Kristen Kerez, rampung pada bulan November 2000. Koleksi museum seni modern dan kontemporer internasional juga menjadi koleksi seni nasional dari Kerajaan Liechtenstein.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kunstmuseum Liechtenstein

Pada tahun 1967, Negara Liechtenstein menerima hadiah sepuluh lukisan yang menjadi dasar pembentukan Koleksi Kesenian Nega Liechtenstein pada tahun berikutnya. Kurator koleksi pertama adalah Dr. Georg Malin, seorang seniman dan sejarawan seni Liechtenstein. Dia segera memperluas hingga mencakup seni modern dan kontemporer internasional.

Bangunan Kunstmuseum Liechtenstein merupakan hadiah yang diwujudkan dengan dukungan dari sekelompok donor swasta. Bersama-sama dengan pemerintah Liechtenstein dan Kota Vaduz, mereka merencanakan dan melakanakan pembangunan museum ini.

Pada bulan Agustus 2000, bangunan ini secara resmi disumbangkan ke Kerajaan Liechtenstein sebagai hadiah. Pemerintah mendirikan sebuah yayasan umum untuk mengoperasikan museum ini. Kunstmuseum Liechtenstein resmi dibuka pada 12 November 2000.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Kunstmuseum Liechtenstein

Kunstmuseum Liechtenstein dibangun oleh arsitek Swiss Meinrad Morger dan Heinrich Degelo, bersama dengan Kristen Kerez. Bentuk tertutup adalah sebuah "kotak hitam" yang beton berwarna batu basal hitam. Di dalam kotak hitam adalah sebuah kubus putih. Bangunan ini terstruktur jelas dengan ruangan maksimum yang ditujukan untuk seni. Terdapat enam ruang pameran diatur di sekitar dua buah tangga.

Koleksi[sunting | sunting sumber]

Koleksi Kunstmuseum Liechtenstein adalah salah satu dari seni modern dan kontemporer internasional. Koleksi ini mencakup dari periode abad kesembilan belas hingga saat ini dengan fokus pada seni patung dan instalasi. Dalam koleksi Kunstmuseum Liechtenstein, salah satu yang terkenal adalah karya-karya seniman dari Arte Povera.

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2008, Kunstmuseum Liechtenstein terpilih sebagai salah satu dari Top 10 Bangunan dan Monumen Terjelek, sebuah daftar yang disusun oleh situs web VirtualTourist.[1]

Museum ini sempat tampil di acara televisi Top Gear, sebagai tempat istirahat bagi para presenter dalam pencarian mereka untuk "Pengemudi Jalanan Terhebat di Dunia." Segmen ini ditampilkan dalam Seri 10, Episode 1.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The World's Top 10 Ugliest Buildings". VirtualTourist.com. Diakses tanggal 4 June 2012. [pranala nonaktif permanen]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 47°08′22″N 9°31′21″E / 47.13944°N 9.52250°E / 47.13944; 9.52250