Kuncoro Wibowo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kuncoro Wibowo
Informasi pribadi
Lahir21 April 1956 (umur 65)
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
PasanganMeutia Kumala
AnakTeresa Wibowo
PekerjaanPemilik Kawan Lama Sejahtera
Kekayaan bersihKenaikan US$1,75 miliar (Desember 2020)[1]

Kuncoro Wibowo adalah adalah seorang pengusaha yang berasal dari Indonesia. Ia adalah putra pertama pendiri Grup Kawan Lama Sejahtera. Pada 2014, Forbes merilis daftar orang terkaya di Indonesia, ia menduduki peringkat ke-20.[2]

Riwayat Hidup[sunting | sunting sumber]

Kuncoro Wibowo dilahirkan pada tahun 1956. Ia adalah anak keempat dari sembilan bersaudara. Ayahnya bernama Wong Jin membuka toko perkakas berukuran 3x3 meter di kawasan Glodok, sedangkan ibunya adalah ibu rumah tangga. Mereka menikah pada saat Won Jin berumur 45 tahun, sedangkan ibunya masih berusia 20 tahunan.

Masa kecilnya sering dihabiskan di toko ayahnya, sepulang sekolah ia sudah dilatih untuk membantu ayahnya berjualan di toko. Kegiatannya ini sering diselingi dengan les bahasa Inggris dan Mandarin. Ia baru pulang ke rumah setelah toko tutup pada pukul 5 sore.[3] Ketika remaja, ia sudah sering berkeliling ke luar negeri, berinteraksi dengan para pemasok barang-barang perkakas tokonya dari luar negeri. Ia juga sering berkunjung ke berbagai pameran perkakas.

Meskipun tidak sempat melanjutkan pendidikan formal karena peristiwa Gestapu 1966, ia tetap mendapatkan pendidikan dengan menggundang guru dan belajar di rumahnya. Berbeda dengan adik-adiknya yang setelah peristiwa Gestapu, mereka melanjutkan sekolah di luar negeri sedangkan ia tetap di Indonesia dan meneruskan bisnis ayahnya. Hal ini berlanjut hingga ayahnya meninggal dunia pada tahun 1981.

Grup Kawan Lama[sunting | sunting sumber]

Bisnis perkakas ini berlanjut dengan didirikan PT Kawan Lama Sejahtera pada tahun 1980. Dalam kurun waktu yang tidak lama, mereka membuka kantor pusat di gedung baru, empat lantai di kawasan Glodok Jaya.

Dibantu oleh lima saudaranya, ia mulai berekspansi dengan mendirikan PT. Ace Hardware Indonesia, Tbk pada tahun 1995. PT. Ace Hardware Indonesia, Tbk. adalah pemegang lisensi tunggal ACE Hardware, sebuah perusahaan retail perabot rumah tangga dan perkakas dari Amerika Serikat. Di Indonesia perusahaan ini menjual berbagai produk perkakas rumah tangga dan industri, perkakas kantor, mainan, furnitur, dan barang-barang lainnya.[4] Ace Hardware Indonesia, pertama kali membuka tokonya di Supermal Karawaci, Tangerang, pada tahun 1995.

Tahun 1997, dengan pesatnya perkembangan perusahaan dan kebutuhan, PT Kawan Lama Sejahtera akhirnya berpindah kantor pusat ke gedung baru berlantai 9 di kawasan Meruya-Kembangan, Jakarta Barat. Di tempat tersebut, mereka juga membuka showroom untuk displai produk seluas 2.000 m2. Showroom tersebut dilengkapi dengan sistem katalog yang terkomputerisasi sehingga sangat memudahkan visualisasi produk ke calon pembeli dan memungkinkan simulasi dan testing produk bagi calon pembeli yang ingin menjajal produknya.

Ekspansi bisnis Grup Kawan Lama berlanjut, pada tahun 2011, melalui PT Retail Estate Solution, mereka membangun Living World, Alam Sutera dengan luas ACE Hardware: 15.000 m2. Living World, Alam Sutera ini mendapat tiga rekor MURI yaitu sebagai Pusat Perlengkapan Rumah Tangga dan Gaya Hidup Modern Terbesar di Indonesia, seluas 15.000 m2 dengan 75.000 jenis barang; Informa Furnishings sebagai Pusat Furniture dan Aksesoris Pelengkap Hunian dan Bisnis Terbesar di Indonesia, seluas 25.000 m2 dengan 25.000 jenis barang; dan Toys Kingdom sebagai Toko Mainan Terbesar di Indonesia, seluas 3.000 m2 dengan 15.000 jenis barang. Selain itu, ACE Hardware Living World dianugerahi juga sebagai store ACE Hardware terbesar di dunia.

Melalui Kawan lama Sejahtera ini, Kuncoro Wibowo dengan total kekayaan 1.6 miliar US$ dinobatkan sebagai orang terkaya no. 20 oleh Majalah Forbes tahun 2014.[5][6]

Aktivitas[sunting | sunting sumber]

  • Pendiri dan pengurus Perhimpunan Indonesia-Tionghoa

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Dari pernikahannya, Kuncoro Wibowo memiliki anak, diantaranya Teresa Wibowo, yang saat ini menjadi General Manager of Marketing & Communication PT ACE Hardware Indonesia, Tbk.[7] Selain itu ia juga memiliki 9 saudara, diantaranya Ijek Widyakrisnadi dan Krisnadi Wibowo, yang singkatan namanya digunakan sebagai merk dagang perkakas Krisbow. Keponakannya Ryan Putra Widyakrisnadi (anak dari Ijek Widyakrisnadi) memegang jabatan Deputy general Manager Living World Alam Sutera.[8]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]