Kumārajīva

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kumārajīva
Lahir334 M
Kerajaan Kucha (kini Kuqa, Tiongkok)
Meninggal413 M
Chang'an, Tiongkok
Pekerjaanbiarawan Buddhis, cendekiawan, dan penerjemah
Dikenal atasPenerjemahan kitab Buddhis yang tertulis dalam bahasa Sanskerta ke dalam bahasa Tionghoa.

Kumārajīva (bahasa Sanskerta: कुमारजीव, Hanzi sederhana: 鸠摩罗什; Hanzi tradisional: 鳩摩羅什; Pinyin: Jiūmóluóshí; Wade–Giles: Chiu1 mo2 lo2 shih2, 344–413 M)[1] adalah seorang biarawan Buddhis, cendekiawan, dan penerjemah dari Kerajaan Kucha. Dia pertama kali mempelajari ajaran aliran-aliran Sarvastivada, kemudian belajar di bawah Buddhasvāmin, dan akhirnya menjadi penganut Buddhisme Mahayana, mempelajari doktrin Mādhyamaka dari Nāgārjuna.

Kumārajīva menetap di Chang'an selama zaman Enam Belas Kerajaan. Dia pada umumnya dikenang karena terjemahan ilmiah kitab-kitab Buddhis yang ditulis dalam bahasa bahasa Sanskerta ke dalam bahasa Tionghoa yang dia lakukan selama masa hidupnya kemudian.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Keluarga dan latar belakang[sunting | sunting sumber]

Ayah Kumārajīva, Kumārāyana berasal dari Kashmir saat ini[2][3][4] dan ibunya adalah seorang putri Kucha yang secara signifikan mempengaruhi studi-studi awalnya. Kakeknya Ta-to diduga memiliki reputasi besar. Ayahnya, yang merupakan seorang Brahmin[5][6] menjadi seorang biarawan, meninggalkan Kashmir, melintasi Pegunungan Pamir dan sampai di Kucha, di mana dia menjadi pendeta kerajaan. Saudara perempuan raja, Jīva, juga dikenal sebagai Jīvaka, menikahinya dan melahirkan anak mereka, Kumārajīva. Jīvaka bergabung dengan biara perempuan Tsio-li, sebelah utara Kucha, saat Kumārajīva baru berusia tujuh tahun.

Masa anak-anak dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Ketika ibunya, Jīvaka bergabung dengan biara perempuan Tsio-li, Kumārajīva baru berumur tujuh tahun namun dikatakan telah menghafal banyak kitab dan sutra. Dia melanjutkan untuk belajar Abhidharma, dan setelah dua tahun, pada usia sembilan tahun, dia dibawa ke Kashmir oleh ibunya untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik di bawah Bandhudatta. Di sana dia mempelajari Dīrgha Āgama, Madhyama Āgama, dan Kṣudraka, sebelum kembali dengan ibunya tiga tahun kemudian. Dalam perjalanan kembalinya melalui Tokharestan dan Kashgar, seorang arahat meramalkan bahwa dia memiliki masa depan yang cerah dan akan mengenalkan banyak orang kepada Buddhisme. Kumārajīva tinggal di Kashgar selama setahun, menahbiskan dua putra bangsawan dari Tsan-kiun (diri sendiri merupakan putra Raja Yarkand) dan mempelajari Abhidharma Piṭaka dari Sarvastivada di bawah orang Kashmir Buddhayaśa, serta empat Weda, lima ilmu pengetahuan, kitab-kitab suci Brahmanisme, astronomi. Dia belajar terutama Āgama dan doktrin-doktrin Sarvastivada pada masa ini.

Kumārajīva meninggalkan Kashgar bersama ibunya Jīvaka pada usia 12 tahun, dan berkelana ke Turpan, batas timur laut Kerajaan Kucha, yang merupakan rumah bagi lebih dari 10.000 biarawan. Di suatu tempat sekitar masa ini, dia bertemu dengan Suhu Suryasoma, yang mengajarinya kitab-kitab Mahayana awal. Kumārajīva segera beralih keyakinan, dan mulai mempelajari kitab-kitab Madhyamaka seperti karya-karya Nagarjuna.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pollard, Elizabeth (2015). Worlds Together Worlds Apart. 500 Fifth Ave New York, NY: W.W. Norton Company Inc. hlm. 287. ISBN 978-0-393-91847-2. 
  2. ^ Upinder Singh, A History of Ancient and Early Medieval India: From the Stone Age to the 12th Century, Pearson Education India (2008), p. 523
  3. ^ Moti Chandra, Trade and Trade Routes in Ancient India, Abhinav Publications (1977), p. 180
  4. ^ David Howard Smith, Chinese Religions From 1000 B.C. to the Present Day, Weidenfeld & Nicolson (1971), p. 115
  5. ^ http://www.pib.nic.in/newsite/feacontent.aspx?relid=69558
  6. ^ http://old.longquanzs.org/eng/articlecontent.php?id=1342

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]