Kuldesak (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Artikel ini mengenai film tahun 1998. Untuk kegunaan lainnya, lihat Kuldesak.
Kuldesak
Kuldesak poster 1998.jpg
Sutradara Riri Riza
Nan Achnas
Mira Lesmana
Rizal Mantovani
Produser Rizal Mantovani
Penulis Adi Nugroho
Pemeran Oppie Andaresta
Bianca Adinegoro
Wong Aksan
Ryan Hidayat
Sophia Latjuba
Bucek Depp
Dik Doank
Unique Priscilla
Tio Pakusadewo
Musik Ahmad Dhani
Andra Ramadhan
Thoersi Argeswara
Sinematografi Yadi Sugandi
Penyunting Rizal Mantovani
Distributor Day For Night Films
Durasi
110 menit
Negara Bendera Indonesia Indonesia

Kuldesak adalah film ansambel drama komedi hitam Indonesia yang dirilis pada tahun 1998. Segmen-segmen dalam film ini disutradarai antara lain oleh Riri Riza, Nan Achnas, Mira Lesmana, dan Rizal Mantovani, yang merupakan debut awal mereka di karier sutradara. Film ini dibintangi antara lain oleh Oppie Andaresta, Bianca Adinegoro, Ryan Hidayat, Wong Aksan, dan dibantu banyak bintang tamu yang notabene adalah aktor dan aktris Indonesia yang terkenal pada masanya, antara lain Tio Pakusadewo, Sophia Latjuba, Bucek Depp, Unique Priscilla, dan Dik Doank.

Saat dirilis, film ini adalah hasil produksi kolektif dari para sineas muda, aktor, dan pemusik yang beroperasi di bawah nama Day For Night Films. Film yang diproduksi sejak tahun 1996 ini menggunakan unsur komedi hitam untuk menggambarkan kehidupan kota di Jakarta yang mencerminkan tragedi kesepian.

Film ini adalah film terakhir yang dibintangi Ryan Hidayat yang meninggal dunia setahun sebelum film ini dirilis. Film Kuldesak ditayangkan premier di lingkup internasional dalam International Film Festival di Rotterdam tahun 1999. Film ini mendapatkan nominasi untuk Silver Screen Award - Best Asian Feature Film (BI: Film Fitur Asia Terbaik) dalam Singapore International Film Festival tahun 1999.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Kuldesak berfokus pada empat penduduk muda Jakarta pada 1990-an. Mereka semua punya mimpi, tetapi kadang-kadang hidup memaksa mereka untuk membuat pilihan-pilihan radikal. Aksan (Wong Aksan) bermimpi untuk membuat sebuah film. Semua yang dia butuhkan adalah uang, namun ayahnya yang kaya tidak ingin anaknya menjadi seorang pembuat film. Aksan, yang tidak memiliki cukup dorongan untuk membuat impiannya menjadi kenyataan, memutuskan untuk mencuri dari ayahnya. Andre (Ryan Hidayat) adalah musisi tidak bahagia yang merasa teridentifikasi dengan idola rock Kurt Cobain, vokalis dan gitaris dari band Nirvana asal Amerika Serikat yang terkenal di dunia oleh bunuh dirinya. Dia mencari kenyamanan dari seorang peramal keliling. Dina (Oppie Andaresta) adalah seorang penjual tiket di bioskop yang terobsesi dengan pembawa acara TV yang populer. Dia tidak dapat lagi membedakan impian dari kenyataan. Lina (Bianca Adinegoro) bekerja untuk sebuah biro iklan di mana dia ditekan oleh bosnya untuk bekerja lembur. Suatu malam, dia diperkosa. Alih-alih melaporkan kejadian tersebut kepada polisi, dia memutuskan untuk mengambil hukum di tangannya sendiri.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]