Kuil Kitab

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pemandangan luar Kuil Kitab
Pintu masuk Kuil Kitab
Kuil Kitab dibangun untuk melambangkan gulungan Perang antara Anak-anak Terang melawan Anak-anak Kegelapan - berbentuk kubah putih melambangkan Anak-anak Terang, dan dinding basalt hitam - melambangkan Anak-anak Kegelapan.

Kuil Kitab (Ibrani: היכל הספר, translit. Heikhal Ha-Sefer; Arab: مزار الكتاب, translit: Mazar al-Kitab), adalah bangunan sayap Museum Israel di lingkungan Givat Ram, Yerusalem, Israel, tempat penyimpanan Naskah Laut Mati, yang ditemukan pada tahun 1947–56 dalam 11 gua di sekitar Wadi Qumran.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Awalnya, itu dimaksudkan untuk membangun rumah bagi gulungan di kampus Givat Ram Universitas Ibrani Yerusalem, berdampingan dengan Perpustakaan Nasional Israel. Kuil ini dibangun pada tahun 1965, dibiayai oleh keluarga David Samuel Gottesman, seorang filantropi Yahudi berkebangsaan Hungaria.[1] Bangunan ini didesain oleh Armand Phillip Bartos, Frederick John Kiesler, dan Gezer Heller lebih dari tujuh tahun.[2]

Kuil dibangun dengan kubah berwarna putih, menutupi struktur yang ditempatkan dua pertiga di bawah tanah, yang tercermin dalam genangan air yang mengelilinginya. Di seberang kubah putih adalah dinding basal hitam. Menurut salah satu interpretasi, warna dan bentuk bangunan didasarkan pada citra Gulungan Perang antara Anak-anak Terang melawan Anak-anak Kegelapan; kubah putih melambangkan Putra Cahaya dan dinding hitam melambangkan Putra Kegelapan.

Karena kerapuhan gulungan tidak memungkinkan untuk menampilkan semua secara terus menerus, sistem rotasi digunakan. Setelah sebuah gulungan dipamerkan selama 3-6 bulan, gulungan itu dipindahkan dari etalase dan ditempatkan sementara di gudang khusus yang tidak dapat dikunjungi oleh kalangan umum.

Tempat ini menyimpan Gulungan besar kitab Yesaya, yang berasal dari abad ke-2 SM, gulungan Laut Mati yang paling lengkap, dan Aleppo Codex yang berasal dari abad ke-10 M, Alkitab Ibrani tertua yang terlestarikan.[3]

Pada tahun 2013, Bank Israel merilis koin bulion Israel yang didedikasikan untuk "Kuil Kitab".[4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pustaka tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Meir Ronen, "Keepers of the Scrolls," The Jerusalem Post (July 24, 1997).
  • Lelke, Roland, "Der endlose Raum in Frederick Kieslers Schrein des Buches," ("The endless space in Frederick Kiesler's Shrine of the Book") (book, 187 p.) Shaker Verlag, Aachen, (1999) (German)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 31°46′24″N 35°12′10″E / 31.77333°N 35.20278°E / 31.77333; 35.20278